Tempat Wisata

LEMBAH KARMEL Wisata Religi di Kedamaian Alam Maret 2023

LEMBAH KARMEL Wisata Religi di Kedamaian Alam Maret 2023

Harga Tiket Masuk Carmel Valley: Gratis. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat / Tempat : Jl. Carmel Valley, Cikanyere, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43254.

Lembah Karmel adalah tempat retret dan doa umat Katolik di Desa Cikanyere, Cianjur. Sudah lebih dari 20 tahun tempat ini menjadi tujuan ibadah umat Katolik dari seluruh dunia. Kawasan ikonik ini berada di Dataran Tinggi Cianjur yang terkenal sejuk dan asri. Suasana damai dan tenteram yang dihadirkan oleh alam membuat pengunjung merasakan kekhidmatan beribadah yang begitu dalam.

tiket masuk

Seperti tempat ibadah, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini selalu terbuka untuk orang yang ingin beribadah atau pensiun.






tiket masuk
Biaya masuk Bebas

Baca: Tiket Masuk TAMAN BUNGA NUSANTARA Cianjur & 9 Zona Taman

jam buka

Carmel Valley selalu buka setiap hari. Waktu tersibuk tentu saja pada hari Minggu saat diadakan misa pagi. Sedangkan Toko Rohani hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional dari pagi hingga siang hari.






jam operasi
Sehari-hari 08.00 – 16.00

Wisata Religi di Carmel Valley

Patung Yesus Memberkati di Lembah Karmelmencari ketenangan dan kedamaian hati di Carmel Valley, Cianjur – Foto: Google Maps/Christina Eveline

Umat ​​Katolik mengenal istilah ordo atau jemaat. Salah satu ordo keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah Ordo Karmelit. Di Jawa Barat sendiri terdapat sebuah rumah ordo Karmelit yang sangat terkenal yaitu Lembah Karmel.

Carmel Valley adalah kawasan religi Katolik di Cianjur. Tepatnya di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi. Tempat ibadah ini juga populer sebagai pertapaan bagi umat Katolik karena ketenangan alamnya.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Cianjur

suara alam

Dataran tinggi Cianjur yang indahKondisi alam yang asri dan terjaga menjadi daya tarik Carmel Valley sebagai tempat peristirahatan umat Katolik – Foto: Google Maps/frits mulder

Carmel Valley merupakan tempat pemujaan dan pertapaan yang didirikan oleh seorang pendeta Karmelit bernama Romo Yohanes Indrakusuma. Pembangunan tempat ini berlangsung pada tahun 1988. Berjalan mengelilingi perbukitan indah Cianjur utara dengan ketinggian hampir 900 meter di atas permukaan laut.

Karena berada di ketinggian, tempat ibadah ini menawarkan suasana yang lebih sepi dari yang lain. Suhu udara lebih sejuk dan dingin. Terhubung dengan kawasan hutan yang mengelilingi kawasan tersebut.

Tak heran pengunjung datang dan pergi retret di sini. Daerah ini menawarkan perasaan damai yang lebih dalam. Semua itu berkat kondisi alam Dataran Tinggi Kabupaten Cianjur yang mengelilingi kawasan tersebut.

Pepohonan dan tumbuhan lain yang menghiasi kawasan ini sangat menambah suasana damai. Di pagi hari, kawasan ini sering diselimuti kabut tipis yang menambah ketenangan suasana. Di balik pepohonan di depan St. Teresa yang agung.

mundur

Di kapel utamaPengunjung dari seluruh wilayah datang ke retret Carmel Valley – Foto: Google Maps/Ina Wati

Selain sebagai tempat ibadah umat Katolik, Lembah Karmel juga dikenal sebagai tempat peristirahatan. Retret adalah kegiatan menyendiri atau mengasingkan diri dengan tujuan spiritual. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh umat Katolik.

Tujuan retret bermacam-macam, tetapi terutama untuk menghilangkan stres dengan memulihkan komunikasi dengan Tuhan. Oleh karena itu, retret sering dilakukan di tempat-tempat sepi dan jauh dari hiruk pikuk kota. Itu sebabnya tempat-tempat religi yang jauh dari keramaian selalu dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mengadakan retret.

Di sini pengunjung dapat beristirahat di beberapa fasilitas yang tersedia. Kapel utama adalah pilihan retret yang populer. Namun ada juga yang justru mencari kesunyian dengan mengamalkannya di kapel hutan. Kapel kecil ini terletak di belakang kapel utama.

Dengan berjalan dalam suasana alam yang asri, kegiatan retret dapat berjalan dengan damai. Pengunjung bisa berdoa dalam hening, merenung, meratap, dan mengungkapkan harapan. Setelah retret, pengunjung akan menemukan ketenangan dan kesegaran untuk kembali ke rutinitas sehari-hari.

Gua Maria

Pengunjung berdoa di Goa Maria di Carmel ValleyDi sebelah Goa Maria ada mata air suci yang bisa langsung diminum – Foto: Google Maps/Anton Wahjudi

Selain kapel, kawasan ini juga memiliki Goa Maria. Sekilas, tempat ini mungkin mengingatkan Anda pada Gua Maria di Kuningan. Goa Maria tidak jauh dari kapel utama.

Tempat ini merupakan pilihan situs lain bagi pengunjung untuk menyepi dan berdoa. Gua ini dihiasi dengan semak-semak dan terletak di atas tangga. Ada juga air suci yang bisa langsung diminum. Perlu diingat bahwa pengunjung harus melepas alas kaki sebelum berdoa di depan Gua Perawan Maria.

Seperti suasana kapel, Goa Maria menyuguhkan ketenangan yang sama. Juga, tempat ini berada di luar ruangan dan alam terbuka. Saat berdoa pengunjung ditemani suara alam seperti burung dan angin. Suara-suara ini akan menambah kekhidmatan dan kekhidmatan.

toko rohani

Kapel kecil di hutanKapel kecil di dalam hutan bagi pengunjung yang sangat mendambakan kesunyian dan kesunyian untuk berdoa – Foto: Google Maps/Billy Tantri

Ada toko kebutuhan spiritual di daerah Carmel Valley. Toko ini terletak di lantai dasar St. Paul. Lokasinya persis di sebelah kantin. Kedua lokasi tersebut hanya dipisahkan oleh jendela kaca yang dapat dilihat pengunjung.

Toko Rohani ini menawarkan berbagai kebutuhan ibadah dan barang-barang rohani kepada umat Katolik. Pengunjung bisa mendapatkan berbagai buku dan CD berisi lagu-lagu rohani. Barang-barang lain seperti patung, salib dan rosario juga tersedia lengkap di sini.

Setelah membeli berbagai perlengkapan ibadah yang dibutuhkan, luangkan waktu untuk mengunjungi kantin. Kantin buka secara teratur dan menyajikan berbagai menu. Pengunjung bisa mengisi perut di sini sebelum pulang.

Fasilitas Lembah Carmel

Fasilitas pendukung di Karmel Valley adalah tempat parkir yang luas dan Wisma Philipus. Fasilitas utama sekarang terdiri dari kapel, aula utama, toko spiritual, dan biara. Misa juga diadakan di sini secara teratur dan terbuka untuk retret.

Lokasi Lembah Karmel

Kawasan wisata religi ini terletak di Jalan Lembah Carmel, Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Jika Anda datang dari Bogor, arahkan kendaraan ke Taman Bunga Nusantara. Ikuti Jalan Mariwati lurus ke pertigaan SMAIT Insan Mandiri Arrahman dan bergabung ke jalan. Ikuti jalan ini sampai Anda melihat pertigaan di Carmel Valley Road.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button