Tempat Wisata

Lembang Wonderland, destinasi wisata negeri dongeng di Bandung

harga tiket: Rp35.000, Waktu aktif: 10.00 – 20.00 WIB, Alamat: J L. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Saat liburan tiba, Lembang Wonderland menjadi salah satu daftar tempat wisata wajib yang wajib dikunjungi. Tempat ini terletak di Lembang, Bandung yang dibangun dengan konsep yang unik dan menarik baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Anda dapat menemukan banyak bangunan unik dengan tema berbeda. Ada kerucut es krim raksasa, jembatan permen, rumah pohon, dan banyak lagi. Semua menggunakan konsep dongeng, anak-anak pasti sudah familiar dengannya.

Keunikan konsep tersebut menjadi salah satu alasan banyak traveler dari berbagai daerah menyempatkan diri untuk berkunjung. Apalagi jika Anda datang pada malam hari dimana lampu hias menghiasi setiap bangunan dengan indah. Alasan lainnya terletak pada suasana dan pemandangan alam yang hadir di sekitar lokasi.

Daya Tarik Lembang Wonderland

Daya Tarik Lembang WonderlandKredit Foto: Google Maps Edgi Evans Setiawan

Seperti dalam dongeng, daya tarik utama tentu saja bangunan dan fasilitas bermain di dalamnya. Sebagai orang tua, Anda tentu akan sangat senang dengan konsep yang ada. Begitu juga anak-anak, yang pastinya tidak ingin meninggalkan tempat wisata.

1. Hutan Ajaib

Sesaat setelah memasuki lokasi, Anda akan menemukan konsep bangunan hutan buatan yang disebut Magic Forest. Di sana Anda bisa menemukan berbagai hal unik mulai dari rumah pohon, sangkar burung hingga jembatan dengan konsep alam liar di dalam hutan.

Selain menjadi penonton, Anda juga bisa menaiki jembatan ke atas dan menikmati pemandangan dari sana. Menariknya, setelah melalui jalur yang telah ditentukan, Anda akan menemukan lorong yang berwarna-warni. Di lorong Anda akan ditemani awan kapas yang menghiasi setiap dinding lorong. Bunga berwarna-warni yang indah menanti Anda dan kelompok Anda di luar atau di akhir perjalanan.

2. Taman Es

Ice Cream Park atau Taman Es Krim adalah atraksi kedua yang menjadi pusat perhatian. Areanya cukup luas dengan bangunan utama berbentuk es, jembatannya hanya untuk hiasan saja. Uniknya, jembatan tersebut juga berbentuk miniatur es krim raksasa yang diakhiri dengan air terjun buatan.

Seperti biasa di taman, ada ayunan dan tempat duduk di mana Anda bisa berhenti dan menikmati pemandangan. Jika Anda beruntung, Anda mungkin melihat pertunjukan musik dadakan oleh manajemen.

3. Kue dan Permen

Di sebelah taman es Anda akan menemukan wahana lain, yaitu Cookies And Candy. Akan lebih tepat jika es krim didekatkan dengan makanan manis, serta makanan yang disukai anak-anak. Berbeda dengan yang sebelumnya, di sini Anda akan menemukan permainan anak-anak untuk menguji kemampuan Anda.

Untuk menggunakan fasilitas game tersebut Anda harus membayar biaya tambahan sebesar 25.000 rupiah. Jenis permainan termasuk Shooters, Buzzers dan Christmas Candy Works. Anak-anak pasti akan menyukai permainan ini. Anda juga dapat membantu mereka ketika mereka mengalami kesulitan.

Daya Tarik Lembang WonderlandKredit foto: Google Maps Lembang Wonderland

4. Taman Bermain Wonderland

Selanjutnya ada Wonderland Playground sebagai daya tarik lain dari Lembang Wonderland. Kali ini khusus untuk anak-anak, orang dewasa hanya bisa menunggu dan menonton. Permainan di Wonderland Playground termasuk lubang bola, ayunan, perosotan, dan beberapa lainnya yang umum di taman bermain.

Fasilitas permainan ini masih termasuk dalam paket tiket, jadi Anda tidak perlu membayar ekstra. Namun, Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku yang mewajibkan penggunaan kaos kaki. Bagaimana jika Anda tidak menggunakannya saat ini? Tenang, kamu bisa berbelanja di dekat taman seharga 15.000 rupiah.

5. Desa Salju Lembang Wonderland

Sebagian besar wisatawan menjadikan Snow Village sebagai daya tarik utama saat mengunjungi Lembang Wonderland. Bagaimana tidak, Anda akan mendapatkan sensasi yang tidak ada di Indonesia, yaitu dinginnya salju.

Konsep bangunannya diadopsi seperti di Kutub Utara. Anda bisa melihat rumah khas suku Eskimo yaitu igloo. Ada pohon cemara yang menghiasi area tapak, membuatnya lebih dari area perumahan. Ada juga bangku dengan berbagai ukuran untuk spot foto, yang bisa Anda gunakan sebagai sudut pengambilan gambar utama.

Sesekali turun salju yang tiba-tiba membuat suasana semakin dingin, tapi seru banget. Wahana yang satu ini cocok untuk segala usia, baik orang dewasa maupun anak-anak pasti menyukainya.

6. Area ladang manis

Atraksi selanjutnya disebut Sweet Field, di mana Anda bisa melihat balon udara panas raksasa yang tergantung di atas awan. Bukan awan aslinya, tentu saja, hanya hiasan bangunan ruangan itu.

Selain balon-balon besar, ada juga sungai yang cukup lebar dengan bola-bola kecil di dalamnya, bisa disebut arena mandi bola. Desain yang digunakan juga cukup unik, mirip dengan film Alice in Wonderland dengan bangunan kecil seperti jamur yang biasanya dihuni oleh para gnome.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lembang WonderlandKredit foto: Google Maps Sitowwwlaarrr

Dengan mengetahui tempat-tempat wisata utama yang disebutkan di atas, bisa dipastikan Anda tertarik dan ingin segera mengunjunginya. Jadi pastikan Anda memiliki alamat lengkap di Jl. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Jika ingin ke sana, pastikan dulu posisi Anda saat ini berada di kota Bandung. Ambil jalur menuju Jalan Setiabudi, lurus terus sampai menemukan Universitas Pendidikan Indonesia dan berakhir di terminal Ledeng. Lanjut ke Jalan Raya Lembang. Setelah sekitar 16 km Anda akan menemukan toko Tahu Susu Lembang di sisi kiri jalan. Tidak jauh dari tempat ini Anda dapat melihat tanda yang mengarahkan Anda ke tempat wisata Lembang Wonderland.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Lembang WonderlandSumber gambar: Google Maps Wanja Aretha

Tentu Anda berpikir bahwa tempat wisata yang menawarkan banyak daya tarik itu harus mahal. Ternyata tidak demikian karena hanya dengan 35.000 rupiah per orang Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas di dalamnya. Khusus untuk permainan tertentu Anda harus membayar biaya tambahan. Misalnya, menunggang kuda dikenakan biaya tambahan 30.000 rupiah.

Tidak ada biaya masuk untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 80 cm, yaitu gratis. Ada dua kategori waktu operasional yaitu Senin – Jumat mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB buka. Berbeda pada hari Sabtu dan Minggu dengan waktu operasional dari pukul 09.00 – 20.00 WIB.

Aktivitas menarik di Lembang Wonderland

Kegiatan Wonderland LembangKredit foto: Google Maps Cie Bungsu

Begitu Anda tiba di tempat wisata dan membayar tiket masuk, banyak kegiatan menanti Anda. Pastinya kegiatan ini akan menarik dan menyenangkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk memuaskan rasa penasaran Anda, kami telah mengumpulkan beberapa aktivitas menarik di Lembang Wonderland Tour!

1. Jelajahi negeri peri

Tentu saja, aktivitas menarik pertama adalah menjelajahi tempat-tempat wisata. Lebih menarik lagi jika konsep yang diusung adalah negeri dongeng yang tidak akan Anda temukan di negeri nyata. Susana bisa langsung dirasakan begitu memasuki lokasi. Magic Forest adalah bangunan pertama yang menyambut Anda dan rombongan.

Sedikit lebih jauh Anda akan menemukan lebih banyak bangunan seperti Ice Garden, Cookies and Candy dan banyak lainnya. Perasaan itu akan terasa jika Anda datang pada malam hari atau larut malam. Karena jam buka akhir pekan sampai jam 8 malam, Anda bisa merasakan keindahan yang berbeda.

2. Aktivitas Foto

Kegiatan rekreasi di Lembang WonderlandSumber gambar: Google Maps Dwi Santi

Adanya bangunan unik yang menarik perhatian membuat aktivitas foto menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa menggunakan spot-spot yang disediakan di sana atau mengambil spot-spot liar sesuka Anda. Misalnya, di Ice Cream Park, Anda dan keluarga bisa menggunakannya sebagai background foto. Lorong juga cocok untuk penggunaan di dalam ruangan, karena menghiasi dinding.

Spot foto menarik lainnya adalah Snow Village, yang daya tarik utamanya adalah salju. Anda juga dapat menggunakan igloo atau pohon cemara sebagai latar belakang. Foto-foto menjadi lebih menarik ketika rasa dingin menembus tubuh bagian dalam.

Area Sweet Field tak kalah menarik sebagai spot foto Instage. Anda dapat membuat rumah kurcaci yang unik sebagai latar belakang utama. Karena ukurannya yang mini, Anda perlu mengambil sudut gambar dengan baik agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Misalnya, Anda dapat mengambil sudut dari atas, dengan objek utama duduk di sebelah rumah kurcaci.

3. Wisata kuliner

Selain dua aktivitas di atas, Anda juga bisa menikmati kuliner di food court. Sebagian besar makanannya berupa tahu, sesuai dengan makanan khas Lembang. Ada tahu susu, bola susu dan makanan tradisional lainnya.

Tempat yang satu ini khusus untuk oleh-oleh, jadi bawalah uang lebih jika sedang berada di tempat wisata Lembang Wonderland. Jika Anda ingin mengisi perut yang kosong, Anda juga bisa menikmati makanan di area tersebut, namun lokasinya sedikit berbeda.

Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, bisa dibilang harga standar untuk tempat wisata populer ini. Namun, ada baiknya jika seseorang bertanya terlebih dahulu apakah harganya tidak ada di menu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Lembang WonderlandKredit foto: Google Maps Yudan Yatnika

Manajemen telah menyediakan sejumlah fasilitas khusus untuk membantu kenyamanan pengunjung. Selain food court, Anda bisa menikmati fasilitas seperti kamar mandi yang nyaman dan bersih serta mushola yang merupakan fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata.

Selain itu, tempat parkir mobil yang luas juga termasuk fasilitas unggulan dari taman bermain wisata di Lembang ini. Dengan biaya yang telah ditentukan, petugas akan segera mengantar Anda keluar jika ingin meninggalkan lokasi wisata.

Ada juga fasilitas terpisah bagi mereka yang ingin menarik uang tunai dari ATM. Itu dekat pintu masuk. Jangan khawatir jika tidak membawa uang tunai, cukup mengantri sebentar saja, bisa menggunakan ATM.

Berkunjung ke tempat wisata memang mengasyikkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata Lembang Wonderland. Sebaiknya Anda datang pada hari aktif atau weekday saat pengunjung tidak terlalu banyak. Tujuannya agar Anda puas dalam aktivitas foto.

Kemudian cobalah datang pada sore hari hingga menjelang tutup karena Anda akan mendapatkan perasaan yang berbeda. Lampu warna-warni yang menyelimuti semakin memperindah bangunan dengan konsep unik ini. Apalagi saat akan tutup, banyak pengunjung yang pergi secara sukarela, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan lebih leluasa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button