Berita Wisata

Lestarikan Budaya Kampung Tajur Ala Mahasiswa Universitas Telkom

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka menghadirkan berbagai kampung khas Jawa Barat (Jawa Barat), Telkom University melalui Program Studi Komunikasi dan Bisnis Fakultas Ilmu Komunikasi (Prodi) menyelenggarakan acara tahunan yaitu “Urban Village”. Urban Village dibuat untuk memperkenalkan berbagai desa khas Jawa Barat yang memiliki berbagai potensi budaya.

Berangkat dari hal tersebut, salah satu kelompok kelas program studi Ilmu Komunikasi yaitu “Nusaena Tajur” memperkenalkan kampung khas Jawa Barat “Desa Pasargrahan Desa Tajur” kepada mahasiswa Kota Bandung melalui kampanye bertajuk “Semarak Tajur”.

Tajur Semarak adalah salah satu cara yang dilakukan tim Nusaena Tajur untuk memperkenalkan budaya desa Pasanggrahan Kampung Tajur yaitu Julang Ngapak melalui sosialisasi dan roadshow yang berlangsung di beberapa sekolah di Kota Bandung.

Sosialisasi dilakukan di beberapa sekolah yaitu SMP Telkom, SMAN 8 dan SMKN 3 dengan menyebarkan informasi tentang Desa Pasanggrahan Kampung Tajur melalui poster.

Kegiatan ini dilakukan untuk menginformasikan kepada mahasiswa bahwa di kawasan Purwakarta terdapat tempat-tempat wisata yang masih mempertahankan kelestarian adat dan budayanya, seperti Rumah Adat Julang Ngapak yang dijadikan homestay bagi para wisatawan.

Sedangkan roadshow dilakukan di beberapa sekolah yaitu SMPN 13, SMPN 2, dan SMPN 34 dengan berinteraksi langsung dengan siswa di kelas untuk menginformasikan desa Pasanggrahan Kampung Tajur.

Informasi pengenalan Kampung Wisata Kampung Tajur disajikan dalam bentuk presentasi PPT yang berisi informasi tentang letak geografis, makanan khas daerah dan permainan daerah.

Selain itu, Nusaena Tajur menampilkan video pengenalan kampung kepada para siswa terkait suasana kehidupan di Kampung Tajur serta video jingle yang menceritakan tentang keindahan Kampung Tajur. Dua hal tersebut merupakan karya mahasiswa Telkom University.

Selain dua hal tersebut, tim Nusaena Tajur juga menghimbau mahasiswa untuk selalu menjaga kebersihan, yang merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi dan roadshow kampanye yang diadakan oleh tim Nusaena Tajur yaitu kampanye Tajur Bebersih.

Kampanye Tajur Be Clean merupakan kampanye utama Nusaena Tajur yang berisi ajakan untuk menjaga kebersihan tempat tinggal baik di rumah maupun di tempat tinggal lainnya agar nyaman tinggal di sana.

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menyadarkan siswa atau masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan rumah. Hal ini sesuai dengan tema yang kami angkat dalam kampanye kami yaitu rumah adat rangkong yang hidup enak karena lingkungannya bersih dan asri.

Kampanye ini dilakukan oleh tim Nusaena Tajur dengan membuat konten kreatif yang diunggah ke Instagram berupa video kebersihan tempat tinggal dengan menggunakan tagar
#TajurBeberes #MenjagaRumahmu #LebihNyamanBersih

Melalui kegiatan kampanye ini, para pelajar SMP dan SMA se Kota dan Kabupaten Bandung yang dikunjungi menjadi tahu akan kekayaan budaya Jawa Barat yang unik, termasuk burung enggang desa Pasanggrahan. Tidak hanya itu, siswa juga menjadi sadar akan pentingnya kebersihan di tempat tinggal kita. (aro)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button