Berita Wisata

Libur Nataru 2023, BPBD Jatim pantau 9 daerah rawan tsunami

Surabaya

BPBD Jatim akan terus memantau pantai selatan Jatim, terutama pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Pasalnya, pantai selatan Jatim telah ditetapkan oleh BMKG sebagai potensi tsunami. bencana.

“Anda bilang subyek, semua yang ada di pantai selatan itu potensi bencana. Jatim itu jendela bencana, padahal di selatan kita khusus siaga tsunami seperti yang selalu disampaikan BMKG, kondisinya berpotensi terjadi di kapan saja,” kata Gatot Soebroto, Kepala BPBD Jatim, Sabtu 17/12/2022.

Gatot mengungkapkan ada 8 kawasan pesisir selatan yang menjadi perhatian BPBD Jatim saat ini Nataru. Kedelapan daerah tersebut adalah Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Di 8 kelurahan itu, lanjut Gatot, masing-masing memiliki tempat wisata, termasuk pantai. Di sini, BPBD Jatim serta kabupaten/kota akan berkoordinasi, terutama untuk melindungi kawasan wisata yang berpotensi dipadati warga pada masa Nataru.

“Yang utama adalah bagaimana kita berkolaborasi dan berkoordinasi dengan kabupaten kota dan para relawan. Kita juga terus meningkatkan kapasitas teman-teman dengan berpartisipasi pembinaan. Peningkatan keterampilan terus ditingkatkan agar ketika dibutuhkan, mereka siap dan kami awasi di tempat-tempat yang berpotensi terjadi bencana,” jelasnya.

Selain wilayah Selatan, ada juga wilayah yang berpotensi tsunami, namun sifatnya sangat kecil, yaitu Situbondo. Situbondo kerap dilanda banjir rob di pesisir pantai.

Gatot juga mengimbau warga sekitar untuk selalu waspada selama libur Nataru kali ini, karena Jatim sudah memasuki musim hujan. Dikhawatirkan ada potensi kondisi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi.

“Kami meminta warga untuk melanjutkanupdate kondisi cuaca melalui laman BMKG, terus dilakukan pengecekan secara berkala. Dengan kewaspadaan, dampak kondisi cuaca ekstrem bisa diminimalisir,” kata Gatot.

Berikut 9 wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi kerawanan tsunami berdasarkan peta BPBD Jawa Timur:

1. Kabupaten Situbondo

2. Kabupaten Banyuwangi

3. Kabupaten Jember

4. Kabupaten Lumajang

5. Kabupaten Malang

6. Kabupaten Blitar

7. Kabupaten Tulungagung

8. Kabupaten Trenggalek

9. Kabupaten Pacitan

Simak video “Potensi Tsunami 10 Meter Terdeteksi di Cilacap, BMKG Sadarkan Masyarakat”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button