Berita Wisata

Libur Nataru Asyiknya Berendam Air Panas Di Air Terjun Jodo Subang Konon Dayang Sumbi Mandi

Laporan kontributor Tribunjabar.id, Subang, Ahya Nurdin

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG – Waktu liburan di penghujung tahun 2022 masih dimanfaatkan warga setempat untuk berwisata.

Bagi Anda yang masih belum tahu mau ke mana, cobalah mengunjungi Curug Jodo yang berada di kawasan wisata Pemandian Air Panas Sari Ater di Ciater Subang.

Curug Jodo merupakan pemandian air panas yang bisa menjadi pilihan wisata di penghujung tahun sekaligus sebagai perawatan relaksasi seluruh tubuh dengan berendam di air panas yang mengandung belerang dari kawah Gunung Tangkuban Parahu.

Baca Juga : Konten Libur Natal dan Tahun, Wisata Alam Big Tea, Spot Viral Sunrise Pangalengan

Curug Jodo selain menyuguhkan pemandangan air yang hangat dan sejuk, bentuk air terjunnya sangat indah dan indah, berupa air terjun yang mengalir deras, serta air yang mengalir hangat karena berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Selain itu, air panas Curug Jodo juga mengandung belerang sehingga banyak orang yang mempercayainya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Maka dari itu tidak heran jika Curug Jodo selalu ramai pengunjung untuk mandi, karena berwisata ke sumber air panas Sari Ater tidak akan lengkap jika tidak mandi di Curug Jodo.

Diseberang Curug Jodo juga terdapat pancuran, juga terdapat air terjun kecil di pojok kiri yang tidak kalah cantik dan indah.

Terkait Curug Jodo, terdapat mitos bagi masyarakat setempat dan sebagian besar pengunjung atau wisatawan yang datang untuk menghibur di objek wisata Pemandian Air Panas Sari Ater juga mempercayainya.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, konon Curug Jodo merupakan tempat pemandian Dayang Sumbi, seorang wanita cantik.

Di sinilah Sangkuriang pertama kali bertemu Dayang Sumbi dan jatuh cinta dengan kecantikan yang dipancarkan Dayang Sumbi.

Dari sinilah legenda Tangkuban Perahu dimulai, Sangkuriang melamar Dayang Sumbi, namun mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anak Dayang Sumbi, dia mulai mencari cara untuk menolaknya.

Sampai dia minta dibuatkan perahu semalaman. Sangkuriang marah karena usahanya tidak berjalan dengan baik, maka ia menendang perahu itu hingga tertelungkup. Terbentuklah gunung Tangkuban Perahu.

Baca juga: SOLD OUT! Rute dan tempat wisata di Sukabumi, cocok untuk liburan natal dan tahun baru

Dari cerita inilah tersebar mitos bahwa barang siapa yang mandi atau berendam di Curug Jodo akan segera bertemu dengan jodohnya. Itu sebabnya air terjun ini disebut Curug Jodo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button