Berita Wisata

Liburan di Kota Solo, Ini 5 Tempat Wisata yang Bisa Dieksplor : Okezone Travel

HARI LIBUR akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk bepergian. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat, tidak ada salahnya memilih Solo, Jawa Tengah sebagai destinasi Anda. Tempat kelahiran Presiden Jokowi memiliki banyak tempat wisata.

Jadi wisata apa saja yang bisa dikunjungi di kota Solo, ini dia daftarnya

1.Pasar Triwindu

Belum lengkap rasanya jika ke Solo melewatkan pasar mistis ini. Dibangun pada tahun 1939, Pasar Triwindu merupakan surga bagi pecinta barang antik.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Jakarta yang Dikenal Berhantu, Nomor 2 Dikaitkan Dengan Hantu Wanita Cantik Paling Legendaris

Terletak di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro, yang tidak jauh dari Pura Mangkunegaraan, Solo, Anda dapat menemukan berbagai topeng, piring antik buatan tahun 1960, keris, batik, peralatan rumah tangga, radio antik, jam tangan bekas, patung, lampu hias kuno, bahkan mainan tradisional zaman dahulu berupa dakon.

Menggambar

Pasar Triwindu (pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Harga barang yang dijual juga cukup bervariasi, mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah.

2. Istana Mangkunegaran

Terletak di Jalan Ronggowarsito, Surakarta, Jawa Tengah. Setelah Pasar Triwindu, Anda dapat mengunjungi Istana Mangkunegaran. Tempat ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan kediaman para penguasanya.

BACA JUGA:Indonesia adalah tujuan paling populer bagi warga Australia, mengalahkan Inggris dan Amerika

Untuk melihat lebih dekat Keraton Mangkunegaran yang masih digunakan hingga saat ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk melihat seluruh isi keraton dan mempelajari sejarah dibalik keraton tersebut. Jika beruntung, Anda bisa menghadiri acara seni dan budaya yang kerap diselenggarakan di sana. Keraton ini terdiri dari dua bangunan yaitu Pendopo Agung, Paringgitan, Agung Dalem dan Bale Warni.

3. Pasar Klewer

Selain pasar Triwindu, jika berkunjung ke Solo wajib berwisata kuliner ke pasar Klewer. Tak hanya kuliner, pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di kota Surakarta.

Di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai macam kain dan pakaian. Namun yang paling terkenal adalah berbagai jenis kain batik. Diantaranya adalah Batik Tulis Tangan Solo, Batik Cap, Batik Keraton Kuno, Batik Pantai Keraton Solo, dan Batik Putri Solo. Pasar Klewer terletak di Jalan Supit Urang, Surakarta, Jawa Tengah.

Baca juga: Peduli para pejuang kanker, donasi rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli sedang berlangsung!

4. Museum Batik Danar Hadi

Jangan lewatkan wisata edukasi dengan mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Jl. Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah.

Buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, Museum Batik Danar Hadi memelihara koleksi kain batik yang mencapai 10.000 helai dan diakui serta telah menerima banyak penghargaan Sepanjang 50 tahun perjalanan Danar Hadi, banyak penghargaan telah diterima, baik di dalam maupun di luar negeri, sebagai buah dari keteguhan, kerja keras dan kecintaan terhadap batik serta pelestariannya.

Menggambar

5. Kampoeng Batik Laweyan

Masyarakat desa ini diketahui sudah lama menggeluti bisnis kain. Tepatnya, sejak abad ke-14, penduduk desa Laweyan sudah banyak memproduksi kain berkualitas.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa mencoba aktivitas menyenangkan berupa membatik dan dipandu langsung oleh masyarakat Laweyan yang sudah mahir membatik.

Anda juga bisa membawa kain yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat atau teman terdekat. Setelah lelah berkeliling, di Kampoeng Batik Laweyan banyak juga sajian tradisional yang ditawarkan kepada pengunjung dalam bentuk buffet.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button