Berita Wisata

Liburan Tahun Baru Ke mana harus pergi? Yuk, kita ke Sembilan Pantai Sumenep

Selasa 13 Desember 2022 – 09:20 WIB

Jawa Timur – Momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 sudah di depan mata. Bagi Anda yang disibukkan dengan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah tangga, luangkan waktu untuk melepas penat dengan berlibur ke sejumlah destinasi wisata yang memukau. Untuk mengisi liburan, Anda bahkan tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menghabiskan banyak uang hanya dalam sekejap. Di Indonesia sendiri sangat melimpah, mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata buatan hingga wisata religi.

Tidak terkecuali Madura, di Kabupaten Sumenep tepatnya banyak terdapat destinasi wisata yang sangat memanjakan mata. Tidak dipungkiri setiap tahunnya wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota Keris terus meningkat. Sesuai dengan slogannya, The Soul of Madura atau Jiwa Madura.

Bagi Anda yang bertanya-tanya di mana saja destinasi wisata pantai yang cocok untuk liburan yang menyenangkan dan santai, tentu Nine Beaches adalah jawabannya. Ya, pantai dengan hamparan pasir yang indah ini berada di Pulau Gili Genting, di Sumenep. Disebut Pantai Sembilan karena jika dilihat dari atas, bentuk pantai ini terlihat seperti angka 9.

Destinasi wisata pantai ini kondusif untuk relaksasi karena pihak pengelola menawarkan jasa homestay atau penginapan yang disewakan kepada pengunjung. Harga sewa homestay untuk kamar mandi khusus sekitar Rp 500.000 per malam. Untuk kamar mandi outdoor Rp 300 ribu per malam. Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai dengan puas.

Pantai Sembilan juga menawarkan banyak wahana, mulai dari persewaan snorkeling atau snorkeling hingga banana boat. Ada juga spot houseboat yang sangat cocok untuk menikmati pagi dan sore hari sambil menyaksikan sunset dan sunrise.

Untuk menuju tempat wisata unik ini, pengunjung hanya perlu mengosongkan kantong. Untuk moda transportasi darat, dari pusat kota Sumenep, lurus ke selatan hingga perempatan tiga kecamatan Saronggi. Kemudian menuju ke timur sejauh 10 kilometer untuk sampai ke Pelabuhan Tanjhung Saronggi.

Sesampainya di Pelabuhan Tanjhung Saronggi, pengunjung hanya perlu menempuh jalur laut menuju Pantai Sembilan Kepulauan Gili Genting. Jika Anda membawa sepeda motor atau mobil, Anda bisa memarkirnya di pelabuhan. Sepeda motor juga bisa dibawa ke lokasi.

Untuk moda pengiriman, pengunjung dapat memilih dua jenis layanan transportasi. Yang pertama adalah layanan publik, di mana pengunjung dapat bergabung dengan perahu seperti penumpang umum lainnya yang terbiasa melakukan perjalanan bolak-balik setiap jam. Tarifnya relatif murah, yakni hanya Rp 15.000. Namun untuk layanan khusus pengunjung perlu menyewa perahu dengan biaya sewa Rp 500.000. Ini hanya direkomendasikan jika pengunjung membawa keluarga besar.

Perjalanan laut ini akan memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Tergantung faktor cuaca laut, kalau cuaca bagus tentu lebih cepat sampai. Namun sebaliknya, jika cuaca tidak sejuk, bisa dari 45 menit hingga 1 jam. Sesampainya di pelabuhan Pulau Gili Genting, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit melalui jembatan kayu ke arah timur untuk sampai ke Pantai Sembilan.

Tiket masuk Pantai Sembilan untuk setiap pengunjung hanya Rp 15.000. Udara segar dan hamparan pasir yang Instagrammable sangat cocok untuk spot foto. Pengunjung juga bisa bermalam dengan menyewa homestay. Anda bahkan bisa berkemah dan menikmati udara malam di pantai yang indah ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button