Berita Wisata

Lokasi, atraksi, dan aktivitas

Sebagai objek wisata internasional, hampir setiap objek di Bali ramai dikunjungi wisatawan. Jika Anda mencari ketenangan di Bali, menyeberanglah ke pulau kecil bernama Nusa Lembongan.

Pantai pasir putih panjang, bebatuan dan tebing yang menjulang tinggi serta hutan bakau menanti Anda. Tidak ada kebisingan atau kemacetan di pulau ini. Ingin tahu dimana dan apa saja yang ada di Nusa Lembongan? Dengarkan sekarang.

Sekilas Tentang Nusa Lembongan Bali

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil di sebelah tenggara pulau Bali. Dikutip dari Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, pulau ini masih menjadi bagian dari provinsi Bali, meski dipisahkan oleh Selat Badung dari pulau utama.

Di sebelah timur Nusa Lembongan, ada dua pulau kecil lainnya. Ada Nusa Ceningan yang lebih kecil dari Nusa Lembongan. Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dihubungkan oleh sebuah jembatan. Lebih jauh ke timur adalah Nusa Penida yang lebih besar dari Nusa Lembongan.

Menyeberang dari Sanur, detikers akan turun di Pantai Jungutbatu atau Mushroom Bay yang memiliki pasir putih dengan karang dan tebing yang menantang. Suasana di Nusa Lembongan masih cukup sepi dan tenang, sehingga cocok bagi anda yang mencari kenyamanan.

Lokasi dan rute menuju Nusa Lembongan Bali

Lokasi

Dikutip dari buku Top 15 Destinations in Indonesia karya Barry Kusuma, pulau ini terletak di tenggara pulau Bali, dipisahkan oleh Selat Badung. Secara administratif, Nusa Lembongan termasuk dalam wilayah Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Rencana perjalanan

Untuk dapat mengunjungi Nusa Lembongan, Anda harus terlebih dahulu pergi ke Sanur untuk menyeberangi Selat Badung. Di Sanur, ada banyak transportasi perahu yang bisa mengantar Anda ke Nusa Lembongan, yaitu speedboat atau perahu kayu.

Jika menggunakan speedboat, akan memakan waktu sekitar 30-45 menit. Namun jika menggunakan perahu kayu, waktu yang dibutuhkan sekitar 60-90 menit. Tentunya harganya bervariasi dengan kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 125 ribu.

Harga Tiket Masuk Nusa Lembongan Bali

Sesampainya di Nusa Lembongan, wisatawan tidak membayar tiket masuk alias gratis. Namun, untuk menikmati wisata di hutan bakau, wisatawan perlu menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 100 ribu.

Tempat wisata di sekitar Nusa Lembongan Bali

Di pulau kecil ini, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang bisa menjadi tempat penyembuhan Anda.

1. Pantai Jungutbatu

Objek ini memiliki pantai pasir putih yang sangat panjang. Anda juga akan melihat perahu di pantai. Pantai Jungutbatu memang menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang menyeberang dari Sanur. Terletak di sisi barat laut Nusa Lembongan.

Dilansir detikTravel, pantai ini menawarkan pasir putih bersih, air laut yang jernih. Pantai ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk, akomodasi, restoran dan fasilitas umum lainnya. Banyak restoran juga menawarkan kursi pantai sehingga Anda bisa bersantai sambil makan.

2. Jamur Berry

Pantai Teluk Jamur terletak di sisi barat Nusa Lembongan. Pantai berpasir putih ini tidak sepanjang Jungutbatu, namun memiliki tebing-tebing yang tinggi. Ada beberapa hostel di atas bukit yang menjanjikan pemandangan eksotis.

Di sini, wisatawan bisa snorkeling atau menyelam untuk mengagumi pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pantai ini juga dikenal sebagai Teluk Jamur.

3. Air Mata Iblis

Devil Tears terletak di barat daya Nusa Lembongan. Tempat ini bukanlah pantai pasir putih, melainkan tebing terjal dengan ombak yang sangat besar. Di sini ombak menghantam tebing menyebabkan air mengalir ke atas. Busa air laut yang menerjang ini disebut Devil’s Tears atau Devil’s Tears.

Meski namanya terdengar menyeramkan, tempat ini sama sekali tidak menakutkan. Keindahan ombak Devil Tears semakin eksotis jika dipadukan dengan waktu terbenamnya matahari saat senja. Tapi hati-hati, jangan terlalu dekat dengan tebing karena berbahaya.

4. Bakau (Mangrove)

Sisi timur laut Nusa Lembongan memiliki hutan mangrove yang cukup luas. Selain untuk pelestarian alam, hutan ini bisa dinikmati untuk wisata. Untuk menjelajahi kawasan mangrove, detikers bisa diantar oleh warga sekitar menggunakan perahu tradisional.

Seperti hutan mangrove pada umumnya, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami, akar mangrove, perairan yang hijau dan tentunya tidak bising. Di lokasi, banyak warga yang menawarkan Anda untuk menyewa perahu tradisional dengan harga terjangkau.

5. Jembatan Kuning (Yellow Bridge)

Jembatan kuning ini menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Selama penyeberangan, Anda akan merasakan sensasi jembatan di atas lautan.

Jembatan ini sudah ada sejak tahun 1995. Jembatan ini memiliki panjang 138 meter dan lebar 1,8 meter. Jembatan ini sangat indah jika digunakan untuk berfoto.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Nusa Lembongan Bali

Selama berada di Nusa Lembongan, Anda bisa melakukan beberapa hal seru. Dilansir dari detikTravel, detikTravel dapat melakukan aktivitas olahraga air seperti berselancar, menyelam dan snorkeling, hingga menjelajahi hutan bakau Jungutbatu.

1. Olahraga air

Seperti objek wisata bahari lainnya, Nusa Lembongan memiliki banyak tempat menarik untuk berlatih olahraga air, seperti snorkeling, diving dan surfing. Ada banyak tempat persewaan peralatan olahraga air yang bisa Anda kunjungi.

2. Di Sekitar Pulau

Nusa Lembongan tidak besar, tetapi jika ingin berkeliling pulau, sewalah sepeda atau sepeda motor. Hampir tidak ada mobil di sini, tidak banyak sepeda motor. Berhenti di objek wisata yang dijelaskan di atas.

Selain itu, detikers juga bisa bersosialisasi dengan warga sekitar yang masih banyak menanam rumput laut. Penduduk setempat di sini dikenal ramah, jadi jangan ragu untuk mengobrol.

3. Jelajahi hutan bakau

Dengan menyewa perahu tradisional yang dijalankan oleh penduduk setempat, wisatawan dipersilakan untuk menjelajahi hutan bakau yang menawan.

4. Seberangi jembatan kuning

Melalui jembatan kuning ini, wisatawan dapat menyeberang ke Nusa Ceningan dan menjelajahi pulau kecil tersebut. Jangan lupa untuk berfoto sebelum melintasi jembatan ini.

Nah, detikers, itulah ulasan lengkap tentang Nusa Lembongan, pulau kecil yang masih sangat nyaman dan memiliki keindahan alam yang eksotis. Waktunya mampir kalau jalan-jalan ke Bali ya.

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button