Berita Wisata

Luar biasa lagi, hiu macan tutul mati terdampar di pantai Cilacap

Kondisi hiu macan tutul yang mati terdampar di Pantai Katapang Wetan, Desa Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, menjadi pemandangan bagi warga sekitar, Senin (31/10/2022). (Dokumen Penduduk).

Seekor hiu macan tutul ditemukan terdampar di pesisir selatan Cilacap, tepatnya di Dusun Ketapang Wetan, Desa Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Senin (31/10/2022). Rupanya hiu macan tutul itu terdampar keempat kalinya di bulan Oktober.

Nusawungu, serayunews.com

Kepala Desa Banjarsari Suratman mengatakan hiu tutul ditemukan terdampar di pantai Ketapang Wetan di Desa Banjarsari pada Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Ketika dia ditemukan, dia sudah mati.

“Penduduknya ditemukan pukul 06.00 WIB, ditemukan tewas, kalau panjangnya sekitar 6 meter. Jenisnya paus tutul (hiu),” kata Suratman saat dikonfirmasi serayunews.com.

Belum diketahui penyebab kematian hiu macan tutul yang beratnya lebih dari ratusan koligram. Karena sayangnya dagingnya masih segar, penduduk setempat juga membawanya untuk campuran ikan atau ternak.

Kondisi hiu macan tutul yang mati terdampar di Pantai Katapang Wetan, Desa Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, menjadi pemandangan bagi warga sekitar, Senin (31/10/2022). (Dok Suratman untuk serayunews).

“Kalau kena jaring, tidak mungkin karena besar sekali, saya tidak tahu apa penyebabnya, saya tidak mengerti, tahunya sudah terdampar, berat, sisanya dikubur. Dagingnya digunakan. untuk mencampur pakan ikan,” katanya.

Menurutnya, sisa daging yang diambil itu dikubur. Tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah desa, karena selain ukurannya yang besar, juga tidak memiliki sarana untuk mengevakuasinya.

“Sangat berat, kami awasi, setengah daging yang tidak ditangkap dikubur,” katanya.

Meski belum diketahui penyebabnya, baru-baru ini fenomena hiu tutul terdampar dan mati di pantai timur Cilacap dikatakan sudah empat kali terjadi.

“Pantai Gubugan mendarat sekali, Karangpakis dua kali, Banjarsari sekali, bulan ini (Oktober, red),” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button