Tempat Wisata

Makam Nong Isa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Makam Nong Isa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Wisata religi di Batam ini menarik banyak wisatawan. Bukan hanya kuburan yang terkubur di sana, tapi seluruh generasi. Kisah generasi inilah yang membuat banyak wisatawan berziarah ke kubur.

Merupakan hal yang khas bagi masyarakat Melayu untuk mengikatkan kain kuning pada batu nisan. Selain itu, terdapat silsilah generasi Nong Isa di area pemakaman sehingga pengunjung dapat melihat dan mempelajari sejarah generasi Nong Isa.

Ziarah ini dapat dilaksanakan pada hari biasa maupun pada hari tertentu tergantung pengunjung yang akan mengunjunginya. Selain itu, ada juga pengunjung peziarah dari negara tetangga yakni Malaysia.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Makam Nong Isa terletak di sebuah bukit kecil di Desa Nogsa, Desa Sambu. Lebih spesifiknya, berisi kuburan generasi Nong Isa. Nong Isa adalah julukan Raja Isan bin Raja Ali, penguasa pertama Pulau Batam.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang ada di Batam. Wisata ini sangat diminati wisatawan dari negara tetangga. Kuburan ini kini menjadi milik generasi Nong Isa.

Pada tahun 1982, ia mendapat amanah langsung untuk memerintah Nogsa melalui surat Sultan Riau Yang Dipertuan Muda Riau VI. Setelah Nogsa memimpin, kemajuan menjadi nyata.

Tata kelola yang ditata dengan baik dan transparan ini mendapat respon positif dari masyarakat Nogsa. Tidak hanya bagi penduduk lokal, namun juga bagi para pendatang yang akhirnya menetap di Nogsa.

Hanya saja pemerintahan ini bertahan selama tiga tahun. Nong Isa meninggal pada tahun 1831, mengakhiri pemerintahannya saat itu. Sayangnya, penguasa pertama Batam tersebut tidak diketahui keberadaannya. Pemakaman di Nogsa kini menjadi makam kerabat Nong Isa.

Surat amanah Sultan Riau diterima pada tanggal 22 Jumadil Akhir 1245 yang bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1829. Tanggal inilah yang akhirnya diperingati sebagai hari jadi Batam. Nama iti Nogsa tidak hanya berasal dari nama Nong Isa itu sendiri.

Fasilitas Makam Nong Isa

Di daerah Makam Nong Isa Karena tidak ada juru kunci, hanya ada satu bangunan pelindung makam dan juga sebuah plakat bertuliskan silsilah Nong Isa. Tidak ada dampak terhadap kondisi sekitar kuburan. Banyak dedaunan kering dan batang pohon tumbang dan menumpuk di sekitar kuburan.

Ada sebuah plakat dengan silsilah generasi Nong Isa. Silsilah ini memungkinkan pengunjung untuk memperluas pengetahuan mereka tentang siapa Nong Isa, yang sangat bermanfaat bagi pengunjung yang mengunjungi makam tersebut.

Berburu foto di tur ini

Usai ziarah, pengunjung bisa mengabadikan suasana di sekitarnya Makam Nong Isa. Dimulai dari kuburan dengan kain khas berwarna kuning di bagian atas dan sekeliling bangunan, melindungi kuburan dari cuaca buruk.

Selain itu, plakat berisi silsilah Nong Isa dapat diabadikan sebagai kenangan bahkan setelah berziarah ke makam, menambah wawasan Nong Isa dan generasinya di Nogsa.

Akses menuju makam Nong Isa

Bagi pengunjung yang akan datang Makam Nong Isa, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan transportasi yang akan mereka gunakan. Karena makam ini masih berada di Batam, maka sangat mudah bagi pengunjung untuk mencapainya. Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan pribadi, mobil dan sepeda motor.

Tips Menuju Makam Nong Isa

Saat berkunjung ke Makam Nong Isa, pengunjung hendaknya mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Ingatlah bahwa makam ini adalah bagian dari wisata religi Batam. Akan sangat tidak sopan jika pengunjung mengenakan pakaian terbuka saat mengunjungi makam.

Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda katakan. Seperti halnya pakaian, pengunjung harus menghindari penggunaan bahasa yang tidak pantas karena pengunjung akan berada di sekitar wisata religi.

Padanan kata-kata dan pakaian, sikap pengunjung juga harus dijaga. Pengunjung yang mengunjungi kami saat masih berada di wilayah Batam juga harus memperhatikan perilakunya. Tidak pantas pengunjung melakukan hal-hal yang tidak baik.

Peta lokasi makam Nong Isa

Jam buka dan biaya masuk

Tidak ada jam buka khusus bagi pengunjung Makam Nong Isa. Pengunjung dapat melihat makam pada hari kerja dan tanpa batasan waktu. Lain halnya dengan harga tiket ziarah ini, tidak ada yang menjual tiket pengunjung untuk mengunjungi makam tersebut.

Galeri foto makam Nong Isa

Potret Makam Nong Isa di Batam
Ziarah ke Makam Nong Isa
Keunikan makam Nong Isa adalah batu nisannya dilapisi kain berwarna kuning
Potret kuburan yang unik
Makam Nong Isa di Batam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button