Tempat Wisata

Masjid Pink: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Bintan seolah menjadi surganya wisatawan yang mendambakan keindahan alam. Pulau terbesar di Kepulauan Riau ini menjadi destinasi wisata yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik namun juga wisatawan dunia. Ada berbagai tempat wisata di sini, tapi juga wisata religi seperti Masjid Merah Muda.

Belakangan ini keindahan masjid ini ramai dibagikan di media sosial hingga mengundang masyarakat untuk berkunjung. Sebenarnya masjid ini bernama Masjid Agung An-Nur, namun karena keunikan warna bangunannya, masjid ini lebih populer dibandingkan Masjid Pink. Selain itu, keindahan arsitekturnya yang sekilas mirip Taj Mahal juga mengundang decak kagum pengunjung.

Masjid Merah Muda

Secara geografis, Masjid Merah Muda terletak di Desa Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk mengunjungi masjid cantik ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 24 kilometer dari Tanjung Pinang. Perjalanan ini memakan waktu setidaknya sekitar 40 menit.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena masih belum ada angkutan umum yang mencapai Gunung Kijang. Lokasi Masjid Merah Muda juga cukup mudah ditemukan karena hanya berjarak 50 meter dari jalan utama menuju Pantai Trikora. Pembangunan masjid ini dimaksudkan tidak hanya sebagai tempat ibadah umat Islam saja, namun juga menjadi destinasi wisata religi di Pulau Bintan.

Pesona masjid berwarna pink

Masjid unik di Bintan ini sebenarnya merupakan masjid baru. Pada tahun 2015, bupati setempat meresmikan masjid ini, meski pembangunan masjid belum sepenuhnya selesai. Masjid megah ini menelan biaya hingga miliaran rupiah dan mampu menampung hingga 1.400 jamaah.

Sesampainya di lokasi masjid, pengunjung disuguhi masjid megah dengan warna pink yang unik namun indah. Sebagian besar bagian luar masjid ini dicat warna pink yang membedakan Masjid Pink dengan masjid lain di Indonesia.

Masjid Merah Muda

Desain luarnya sangat indah dipandang, jika diperhatikan lebih dekat masjid ini akan terlihat seperti Taj Mahal di India. Masjid Merah Muda memiliki kubah besar di bagian atas serta beberapa kubah kecil yang mengelilingi kubah utama. Selain warna pink yang mendominasi sebagian besar bangunan, juga terdapat aksen emas yang menambah keindahan masjid.

Meski pembangunan masjid belum sepenuhnya selesai, namun pesona Masjid Merah Muda masih sangat menawan. Wisatawan bisa menemukan ornamen-ornamen indah seperti kaligrafi Arab serta dekorasi lainnya di bagian luar bangunan.

Keindahan interior masjid pun tak kalah menariknya. Pengunjung dapat mengagumi ukiran kaligrafi Arab di sekeliling mimbar masjid. Desain interior masjid ini didasarkan pada masjid bergaya Timur Tengah sehingga terlihat indah dan menawan. Selain itu, direncanakan akan menghiasi Masjid Merah Muda dengan batu granit yang menelan biaya hingga lebih dari 500 juta.

Pengunjung yang berkunjung ke Masjid Pink mengaku takjub dengan besar dan indahnya bangunan ini. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak yang mengungkapkan kekagumannya terhadap masjid ini. Mereka tak lupa mengeluarkan ponsel dan kamera untuk mengabadikan keindahan masjid.

Masjid Merah Muda sebenarnya sudah menjadi fenomena tersendiri dalam dunia pariwisata Bintan. Semakin banyaknya tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan diharapkan dapat memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar. Tak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan, masjid ini juga bisa menjadi destinasi wisata religi di Gunung Kijang.

Fasilitas Masjid Pink

Masjid Pink juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet pria dan wanita, tempat laundry, tempat penyimpanan sepatu dan boot dan masih banyak lagi. Masjid ini masih dalam tahap pembangunan dan belum selesai seluruhnya.

Tak jauh dari lokasi masjid, wisatawan juga akan menjumpai warung, restoran, dan kafe yang menawarkan berbagai kuliner lezat. Setelah mengunjungi masjid, wisatawan juga dapat berwisata kuliner dan menikmati aneka olahan makanan laut dengan mengunjungi Pantai Trikora yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Pink.

Baca juga: Desa Panglong, desa wisata tempat tinggal suku laut

Jika ingin bermalam, terdapat beberapa pilihan hotel dan akomodasi di sepanjang Jalan Raya Kawal. Wisatawan juga bisa menginap di beberapa resort yang menawarkan keindahan pantai di sekitar Pantai Trikora.

Mengunjungi masjid merupakan salah satu pilihan wisata religi yang cukup menarik. Berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Masjid Pink.

Wisata religi

Salah satu tujuan dibangunnya masjid ini, selain sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan, juga diharapkan dapat menarik wisatawan untuk wisata religi. Di sini Anda bisa salat di masjid yang megah dan unik. Anda akan merasa nyaman selama beribadah dan meningkatkan ketaqwaan Anda kepada Sang Pencipta.

Selain itu, beribadah di masjid ini juga akan membantu Anda mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat sekitar dan pengunjung lainnya. Apalagi di bulan Ramadhan ini, Anda bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta sambil berwisata.

Menikmati keindahan masjid

Saat Anda berkunjung ke Masjid Pink, Anda akan disuguhi masjid unik nan megah dengan arsitektur yang indah. Anda bisa menikmatinya dengan berjalan-jalan di sekitar masjid ini dan melihat ornamen-ornamen indah, ukiran kaligrafi dan beberapa kubah yang menghiasi masjid.

Selain itu warna pink yang mendominasi eksterior masjid ini sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri dari masjid ini. Selain itu, Anda juga bisa memasuki masjid ini dan menikmati keindahan interiornya. Desain interior masjid ini didasarkan pada desain masjid Timur Tengah. Kaligrafi indah bisa Anda lihat di sekeliling mimbar dan atap masjid.

Perburuan Foto

Berburu foto menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan saat berada di Masjid Pink. Anda bisa memotret keindahan masjid ini dari berbagai sudut untuk mendapatkan foto yang menarik. Keunikan masjid yang memiliki warna pink cerah menjadi alasan mengapa keindahan arsitektur masjid juga sangat layak untuk diabadikan.

Selain itu, banyak wisatawan yang datang untuk berfoto selfie dengan latar belakang masjid. Masjid berwarna pink ini cocok untuk foto Instagram karena menawarkan spot potret yang unik dan indah. Usai salat, beberapa warga mengabadikan keindahan masjid ini.

Baca juga:

Peta lokasi Masjid Pink

Jam buka dan biaya masuk Masjid Merah Muda

Jika anda ingin mengunjungi destinasi Masjid Pink, anda bisa berkunjung kapan saja. Lalu tidak ada HTM atau biaya masuk, artinya gratis.

Tips menuju Masjid Pink

  • Kenakan pakaian yang sopan dan sopan saat mengunjungi masjid.
  • Berhati-hatilah dengan perilaku dan ucapan Anda dan bersikap sopan dan hormat kepada komunitas masjid.
  • Jika ingin mengambil foto di dalam masjid, sebaiknya mendapat izin terlebih dahulu dari pengurus masjid.
  • Ikuti aturan dan ketentuan masjid.
  • Jagalah kebersihan masjid dan jangan membuang sampah di halaman masjid, apalagi di dalam masjid.
  • Jagalah masjid dan jangan merusak keindahannya.

Galeri foto Masjid Pink

Masjid Merah Muda atau Masjid Agung An Nur Kawal
Potret masjid dari samping
Potret di masjid

Spot foto berlatar belakang masjid
Berburu foto di kawasan Masjid Pink

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button