Tempat Wisata

Masjid Raya Medan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai generasi muda saat ini, ketika memilih tempat wisata, kebanyakan dari kita pasti memilih tempat yang memiliki banyak pilihan permainan atau hiburan. Ya wajar saja, karena kita menginginkan sesuatu yang membuat kita bahagia dan membuat kita melupakan segala penat. Namun ada jenis wisata lain yang juga patut Anda coba saat berwisata ke kota manapun, yaitu wisata religi. Wisata religi sendiri tidak kalah menariknya dengan wisata lainnya karena di sana Anda bisa melihat berbagai bangunan atau tempat yang berhubungan dengan suatu agama dan belajar lebih banyak tentang sejarah yang terjadi di tempat itu atau bagaimana tempat itu dibangun. Selain itu, sebagai umat beragama, kita harus memahami seluk-beluk agama di negeri ini. Seperti di Medan, Anda bisa mengajak keluarga dan berwisata religi ke Masjid Raya Medan.

Tempat wisata Masjid Raya Medan ini tepatnya berada di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara. Masjid yang juga memiliki nama lain Masjid Raya Al-Mashun ini merupakan salah satu peninggalan Sultan Deli di Sumatera Utara yang bernama Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sangat penting, khususnya bagi masyarakat Medan.

Masjid yang didirikan pada tahun 1906 ini tidak hanya menjadi salah satu bangunan tertua di Medan, tetapi juga menjadi landmark kota ini. Seluas 18.000 meter persegi, Anda bisa mengunjungi bangunan masjid cantik ini. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan khas, beberapa bahan bangunannya dibuat di Italia.

Masjid Raya Medan berbentuk segi delapan dengan total empat serambi utama di depan, belakang, kanan dan kiri. Keempat serambi tersebut merupakan pintu masuk Masjid Raya Medan. Di dalamnya terdapat delapan tiang dengan diameter 0,60 m yang menopang kubah utama di tengah. Sedangkan empat kubah lainnya berada di atas empat serambi. Ada juga dua menara di kedua sisi belakang masjid ini. Meski sempat ada beberapa rencana renovasi, namun hal itu tidak bisa dilaksanakan karena beberapa pihak khawatir nilai sejarah Masjid Medan akan hilang.

Fasilitas di Masjid Raya Medan

Karena saat ini merupakan tempat ibadah, maka persoalan fasilitas mungkin memang agak terbatas. Namun masih ada beberapa yang bisa Anda manfaatkan, seperti:

– Area parkir

Anda tidak perlu khawatir soal parkir, karena Masjid Raya Medan memiliki tempat parkir yang cukup luas dan juga aman.

– Tempat peristirahatan umum

Toilet atau kamar mandi umum juga tersedia di objek wisata ini.

– Tempat makan

Bagi yang ingin mencoba kuliner khas Medan, terdapat beberapa rumah makan dan warung di dekat masjid.

– Akomodasi

Karena masjid ini terletak di tengah kota, Anda tidak perlu khawatir soal akomodasi karena banyak hotel dan penginapan di sekitar Masjid Raya Medan.

Berburu foto di Masjid Raya Medan

Saat Anda pergi berlibur, ke mana pun Anda pergi, Anda wajib membawa kamera, baik kamera digital maupun profesional, dan kamera ponsel. Dengan kamera ini, Anda pasti bisa mengabadikan berbagai momen yang muncul saat menghabiskan waktu bersama keluarga. Walaupun wilayah tempat wisata ini tidak terlalu luas dan bukan merupakan wisata alam, namun anda tetap bisa memanjakan hobi foto anda dengan menikmati pemandangan dari berbagai sudut bangunan Masjid Raya Medan itu sendiri dan juga melihat bagaimana megah dan megahnya arsitektur bangunan tersebut. cantik. Ada juga tempat menarik yang populer untuk digunakan pengunjung sebagai latar foto Anda bersama teman atau keluarga, yaitu di dalam masjid, di mana Anda bisa melihat bentuk bangunan dan dekorasinya dengan lebih indah. Tapi ingat untuk tidak bersuara keras dan menghormati orang yang merayakan kebaktian. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata edukasi di Medan ini kepada masyarakat luas, sehingga mereka tertarik untuk berkunjung.

Cara Menuju Masjid Raya Medan

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Masjid Raya Medan

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Bdr. Panggilan Bahagia – Jl. Letda Sujono – Jl. Jalan By Pass Mandala – Jl. Denai – Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Halat – Jl. Sisingamangaraja – Masjid Raya Medan

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Imam Bonjol – Jl. KH Imam Bonjol – Jl. CH. Samanhudi-Jl. orang Irlandia H. Juanda-Jl. Sisingamangaraja – Masjid Raya Medan

Tiket masuk Masjid Raya Medan

Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Masjid Raya Medan

Peta Masjid Raya Medan

Tips Berkunjung ke Masjid Raya Medan

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Masjid Raya Medan semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Masjid Raya Medan adalah pada hari libur panjang.
  • Ayo bersama orang tersayang ke Masjid Raya Medan dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Masjid Raya Medan.

Galeri foto Masjid Raya Medan

Selamat datang di Masjid Raya MedanSuasana dengan pengunjung yang ramaiSuasana masjid saat acara berlangsungPotret Balkon MasjidPotret lampu di masjidMasjid Raya Medan pada malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button