Berita Wisata

Menparekraf nikmati sensasi berenang di Pulau Dodola – ANTARA News Mataram

Ternate (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno merasakan sensasi berenang di laut lepas atau swimming in open water di Pulau Dodola, Morotai, Maluku Utara.

“Terima kasih banyak atas keindahan Kabupaten Morotai ini, tadi saya merasakan bagaimana rasanya berenang di pantai bebas, di laut lepas yang disebut cabang renang air terbuka dan di sini kita memang melihat keindahan alam”, Menparekraf Sandiaga Uno ujarnya usai berenang di Pulau Dodola, Morotai, Jumat (25/11).

Pulau Dodola merupakan tujuan wisata ikonik di Pulau Morotai. Pulau ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona tersendiri.
Menteri Sandiaga Uno memanfaatkan destinasi wisata ikonik Pulau Morotai untuk ke pantai setelah berenang di Pulau Dodola (ANTARA/Abdul Fatah)

Keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut surut. Saat ini wisatawan bisa melihat relief pasir yang membentuk jalan antara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Saat matahari sudah terbit dan air laut sudah benar-benar surut, pemandangan pasir putih akan terhampar di depan mata.

Saking cantiknya, Menparekraf pun menjajal sensasi berenang sejauh 1 kilometer dari tengah laut menuju bibir pantai Pulau Dodola. Menparekraf mengatakan Pulau Dodola harus terus dilestarikan agar pantainya yang indah tidak tercemar. Ia mengimbau masyarakat sekitar dan wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan di destinasi wisata di Pulau Dodola.

“Indonesia Timur perlu bekerja sama, sampah ini harus diselesaikan di hulu. Kalau kita melakukan ‘reduce-reuse-recycle’. Itu yang harus kita pastikan agar tidak ada sampah di hulu,” kata Menparekraf.

Dalam rangka mendukung pelestarian alam dan mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berwawasan lingkungan di Pulau Dodola, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan pemerintah setempat menanam kasuari atau yang biasa disebut cemara pantai.

Baca juga: Menparekraf sebut 70% lulusan Poltekpar terserap dunia industri
Baca Juga: Menko Maritim dan Menparekraf Hadiri Launching Kampus UID Bali dan Tsinghua Center for Southeast Asia

Sementara itu, Plt Bupati Pulau Morotai Umar Ali mengatakan Menparekraf adalah satu-satunya menteri Indonesia yang mencoba berenang di Pulau Dodola. “Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih. Ini pertama kalinya seorang menteri Indonesia berenang di laut. Kami berterima kasih kepada Pak Menparekraf,” kata Umar.

Menparekraf Sandiaga Uno, selain kunjungan kerjanya ke Pulau Morotai, juga menghadiri Festival Sail Tidore dan Marabose di Kabupaten Halmahera Selatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button