Tempat Wisata

Menurut Danau Tawar di Aceh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Menurut Danau Tawar di Aceh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat ini, pemilihan wisata sangat beragam. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Bagi yang menyukai wisata alam, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata laut.

Salah satu wisata danau yang paling terkenal adalah Danau Laut Tawar di Aceh tengah.

Selain keindahan danau yang luas, juga terdapat pemandangan perbukitan hijau yang memanjakan mata.

Sekilas tentang Danau Laut Tawar

danau air tawarDanau Laut Tawar Sumber: instagram.com/verolqettin

Alasan pemberian nama Danau Laut Tawar terkait dengan luasnya. Luas danau ini adalah 5.472 hektar dengan panjang 17 kilometer, itulah sebabnya danau ini disebut “laut”.

Sedangkan kata “segar” mengacu pada air laut yang pada umumnya segar, berbeda dengan air laut yang asin. Sehingga kata tawar-menawar ditambahkan di bagian akhir.

Karena luasnya, danau ini menyampaikan suasana pantai. Perbedaannya adalah bahwa pantai biasanya panas. Ketika suasana di danau ini menyenangkan dan nyaman, sangat nyaman dan indah.

Lokasi danau air tawar

Lokasi danau air tawarDanau Laut Tawar Sumber: instagram.com/nandaamilia

Danau Laut Tawar merupakan sebuah kawasan alam yang berada di Kabupaten Aceh Tengah Aceh, dimana letaknya berada di Dataran Tinggi Gayo. Di sebelah barat danau ini terletak kota Takengon, ibu kota kabupaten Aceh Tengah.

Biaya masuk ke Danau Laut Tawar

Pada umumnya suatu tempat wisata menawarkan harga yang berbeda pada hari libur dan pada hari kerja. Lain halnya dengan Danau Air Laut, dimana tiket yang sama berlaku pada hari libur nasional dan hari biasa yaitu Rp 5000 per orang.

Jam buka Danau Laut Tawar

Sebuah lokasi wisata menawarkan jam buka yang berbeda-beda. Sehingga pengunjung hanya bisa mengunjunginya pada waktu yang telah ditentukan.

Jam operasional Wisata Danau Laut Tawar sangat fleksibel karena buka selama 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Sehingga wisatawan dapat mengunjungi wisata ini kapan saja.

Namun, jika Anda mengunjunginya saat berlibur, danau ini sangat ramai dikunjungi. Sebaliknya, jika Anda berkunjung pada malam hari, suasana di sekitar danau ini sangat tenang. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini.

Peta Danau Laut Tawar

Fasilitas di Danau Laut Tawar

Fasilitas di Danau Laut TawarDanau Laut Tawar Sumber: instagram.com/arfi._rian

Masuk akal jika ruang publik dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Demikian pula Danau Laut Tawar menawarkan fasilitas yang dapat memudahkan aktivitas pengunjung selama berwisata.

Fasilitas umum di Danau Air Laut antara lain toilet umum, tempat parkir yang luas, mushola, persewaan speedboat, dan banyak stand yang menjual makanan ringan hingga berat.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar danau, terdapat banyak pilihan akomodasi pemerintah dan swasta di sekitar danau.

Spot foto menarik di Danau Laut Tawar

Keindahan alam dan panorama danau yang sangat besar serta suasana pedesaan yang masih asri sangat cocok sebagai spot foto. Wisatawan bisa berfoto di pinggir danau latar belakang Danau yang indah.

Hotel dan akomodasi dekat Danau Laut Tawar

Hotel dan akomodasi dekat Danau Laut TawarDanau Laut Tawar Sumber: instagram.com/azhartahir_zharken_

Salah satu rekomendasi akomodasi di sekitar Danau Laut Tawar adalah Hotel Grand Renggali. Hotel ini terletak sangat dekat dengan tempat wisata di Desa Satu-satu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Hotel ini merupakan satu-satunya hotel bintang tiga di kawasan wisata tersebut. Sehingga fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan bagus. Dan wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan kesehatan karena hotel ini menerapkan protokol kesehatan.

Kelebihan menginap di hotel ini adalah letaknya yang dekat dengan Danau Laut Tawar yang ditawarkannya melihat tempat yang bagus. Itu artinya pengunjung bisa melihat langsung keindahan Danau Laut Tawar dari jendela hotel.

Itinerary ke Danau Laut Tawar

Untuk menuju Danau Laut Tawar, Anda bisa memilih antara dua jalur, yaitu jalur Takengon atau jalur Banda Aceh.

Jika Anda memilih Takengon, jarak tempuh ke lokasi sekitar 10 menit. Jika memilih Banda Aceh akan memakan waktu beberapa jam karena jaraknya sekitar 320 km.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Laut Tawar

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Laut TawarDanau Laut Tawar Sumber: instagram.com/kahawaadventure

1. Main speedboat

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Danau Laut Tawar adalah bermain speedboat. Wisatawan dapat menjelajahi danau speedboat.

Jika ingin bermain speedboat, wisatawan bisa menyewa speedboat. Ada banyak persewaan speedboat di sekitar hotel. Sewa 20.000 per orang.

2. Mencicipi makanan khas Aceh

Tidak lengkap rasanya jika berwisata namun belum sempat mencicipi masakan khas daerah tersebut. Begitu juga jika Anda berwisata ke Danau Laut Tawar di Aceh. Wisatawan wajib mencoba kopi Aceh yaitu kopi Gayo.

Di sekitar danau banyak pedagang yang menjual kopi Gayo. Pengunjung dapat menikmati secangkir kopi sambil menikmati keindahan Danau Laut Tawar dalam suasana yang nyaman.

3. Berkemah Dengan keluarga

Berwisata ke Danau Laut Tawar sangat cocok untuk keluarga. Karena lokasinya yang luas, wisata ini juga cocok untuk berkemah bersama keluarga.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berkemah, siapkan perlengkapannya semaksimal mungkin. Karena di sekitar danau tidak disediakan persewaan peralatan berkemah.

4. Di sekitar danau

Jika tidak ingin melakukan aktivitas yang berat, wisatawan cukup berjalan-jalan di sekitar kawasan danau. Kegiatan ini tidak akan dilakukan membosankankarena melihat Apa yang ditawarkan luar biasa.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Danau Laut Tawar. Semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi para pembaca yang sedang mencari referensi tentang Danau Laut Tawar.

Sekilas dan foto Danau Laut Tawar di Takengon

Spot foto di Danau Laut TawarPilihan akomodasi di dekat Danau Laut TawarBersantai di Danau Laut TawarPemandangan laut dan danau yang segarDermaga kecil di Danau Laut TawarSpot foto terbaik di Danau Laut TawarDanau Laut Tawar di malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button