Berita Wisata

Menyusuri pesisir Pulau Jawa di Trenggalek, perjalanan mencapai 4 pantai indah

KOMPAS.com – Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah di pesisir selatan Pulau Jawa yang memiliki pemandangan alam pantai yang indah sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Salah satu pantai yang populer dan menjadi tujuan wisata di Trenggalek adalah kabupaten Watulimo.

Kecamatan ini memiliki empat pantai cantik yang memukau yakni Pantai Prigi, Pantai Karanggongso, Pantai Simbaronce dan Pantai Mutiara.

Saat ini, pemerintah sedang memperbaiki jalan menuju kawasan pantai Simbaronce di Mutiara. Sejatinya, poros ini merupakan penunjang akses ke Route du Sud yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek Sunyoto mengatakan pembukaan Southern Cross akan menambah destinasi wisata baru dan berdampak positif.

Baca Juga: Berikan Platform Bagi Penggiat Ekonomi Kreatif, Pemkab Trenggalek Gelar Festival Ekonomi Kreatif

“Saat ini dalam tahap pembangunan Jalur Selatan. Dalam jangka panjang tentunya akan menambah destinasi wisata untuk menarik pengunjung ke Trenggalek,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa 22/11/2022.

Selain itu, kata dia, pantai Watulimo di sekitarnya memiliki ciri khas tersendiri sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Di kawasan ini, pengunjung bisa mengunjungi banyak pantai dalam sekali kunjungan.

Pengunjung dapat pergi ke pantai Prigi yang memiliki taman 360. Taman ini dirancang dengan menarik dan instagrammable ini adalah tempat yang bagus untuk berfoto atau sekedar bersantai sambil melihat garis pantai yang indah.

Di sisi timur Pantai Prigi, pengunjung dapat melihat pelabuhan nelayan Nusantara dan banyak kapal nelayan yang datang dan pergi.

“Fasilitas tempat ibadah dan kamar mandi sangat baik di bangunan modern. Tamannya juga bagus,” jelas Wiwin Ratna, salah seorang pengunjung.

Baca juga: Ayam Lodho dari Menu Perayaan Jadi Ikon Kuliner Trenggalek

Sedangkan di sebelah timur Pantai Prigi terdapat dua pantai yaitu Pantai Simbaronce dan Pantai Pasir Putih Karanggongso.

Kedua pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang jauh dari ombak khas laut selatan. Hal ini dikarenakan ombak di kedua pantai ini agak tenang sehingga di beberapa tempat cocok untuk bermain air.

“Pantai tidak disarankan untuk berenang di laut. Selalu aman bermain di pantai,” kata Purwanto yang sering berkunjung ke pantai Trenggalek.

Selain memiliki pasir putih, pantai ini juga menawarkan berbagai wahana permainan laut, beberapa di antaranya adalah perahu pisang, persewaan perahu nelayan, persewaan pelampung tiup bekas, serta fasilitas penunjang kenyamanan lainnya.

Baca Juga: Kenalkan Potensi Wisata, Trenggalek Tunjuk Seni Unggul di Kancah Budaya TMII

Di sebelah timur pantai Karanggongso dan Simbaronce terdapat pantai yang relatif baru yaitu pantai Mutiara.

Meski terbilang terbaru, Pantai Mutiara mampu bersaing dengan para pendahulunya.

Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan lembutnya pasir putih yang berkilau bak mutiara saat tersapu sinar matahari.

Karena payet pantai yang berkilauan bak mutiara, nama pun disematkan pada kawasan wisata ini.

Menariknya, ombak di Pantai Mutiara lebih tenang dibanding pantai-pantai di kecamatan Watulimo.

Suasana yang masih alami serta perpaduan pemandangan alam dan pantai yang indah menjadikan pantai ini sangat cocok untuk bersantai atau bersantai menyegarkan.

Pantai Mutiara juga menawarkan berbagai wisata air, seperti perahu pisangkano, perahu nelayan untuk menuju rumah terapung dan berkeliling di antara pantai.

Baca Juga: Kenalkan Potensi Wisata, Trenggalek Tunjuk Seni Unggul di Kancah Budaya TMII

Selain itu, ada juga arena bagi pengunjung untuk bermain papan dayung yang dijamin menawarkan kepuasan tersendiri saat mengendarai kereta luncur.

“Saya suka menikmati keindahan alam sore hari di atas papan dayung sambil berolahraga,” jelas Affan Kurniawan yang hobinya bermain papan dayung di Trenggalek.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button