Tempat Wisata

Merapi Alien Stone, saksi pesona batuan vulkanik di Sleman

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Cab.Sleman, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Batu Alien Merapi adalah salah satu hal menarik yang dicari wisatawan di kawasan wisata Gunung Merapi di Yogyakarta. Karena tidak semua negara di dunia memiliki gunung berapi, Gunung Merapi sebagai gunung berapi aktif menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Apalagi mengingat pemandangannya yang indah dan aksesibilitas yang relatif mudah, tak heran jika Gunung Merapi kerap menjadi tujuan wisata yang populer. Di kawasan ini Anda akan menemukan batu karang raksasa unik yang seolah berasal dari luar angkasa. Penasaran seperti apa batu alien tersebut? Mari lihat.

Tiket Jeep Lava Tour Merapi (Alien Rock, Bunker Kaliadem dan lainnya)

Daya Tarik Batu Alien Merapi

Daya tarik batu Merapi luar angkasaFoto Shiva di Google Maps

✦ Batu raksasa yang unik

Batu besar di kawasan wisata Gunung Merapi ini dijuluki “Batu Alien” oleh masyarakat setempat. Saat Anda mendengarnya, Anda mungkin berpikir itu adalah meteorit dari luar angkasa. Namun, sebenarnya keberadaan batu ini tidak ada kaitannya dengan makhluk luar angkasa atau luar angkasa.

Batu besar ini merupakan hasil letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Letusan gunung tersebut menyebabkan batuan terlontar cukup jauh dari bibir kawah. Hingga sampai di pemukiman Dusun Jambu. Uniknya, batu ini membentuk wajah bahkan kepala singa. Makanya orang juga menyebutnya Batu Alien Merapi.

✦ Sosok Penjaga Batu Alien

Meski diketahui tempat wisata di kawasan wisata Gunung Merapi ini merupakan hasil dari letusan gunung berapi, namun masyarakat setempat percaya bahwa batu ini memiliki aura mistis. Konon ada sosok penjaga yang konon berasal dari getaran Gunung Merapi yang menjaga batu alien ini.

Bukan tanpa alasan orang berpikir seperti itu. Karena sudah banyak orang yang mencoba memindahkan Batu Alien tersebut namun tidak pernah berhasil. Bahkan jika mereka menggunakan alat berat sekali pun. Karena itu, orang-orang pasrah meninggalkan batu itu di tempatnya sekarang. Yang penting keberadaannya tidak berbahaya dan meresahkan masyarakat.

Hotel murah di Sleman

✦ Keindahan alam sekitarnya

Batu Alien Merapi berada di kawasan wisata Gunung Merapi yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Pengunjung disuguhi panorama alam berupa Gunung Merapi yang terlihat memukau dari dekat. Tentu Anda juga bisa merasakan udara khas pegunungan saat berwisata, sehingga suasananya sejuk, nyaris dingin.

Di sekitar batu karang ini juga terdapat rerumputan hijau dan rimbunnya pepohonan yang begitu menyegarkan mata. Di sekitar lereng Gunung Merapi juga terdapat hamparan bunga langka seperti edelweis yang bisa Anda lihat. Kami merekomendasikan untuk berkunjung saat cuaca cerah untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari semua keindahan ini.

✦ Banyak spot foto

Batu besar dengan bentuk yang unik bukanlah satu-satunya spot foto yang bisa Anda temukan di Merapi Alien Stone. Pasalnya di kawasan wisata Merapi telah disiapkan berbagai spot foto berkemampuan Instagram khusus untuk pengunjung. Mulai dari spot foto berbentuk perahu hingga yang berbentuk hati yang terbuat dari kayu kuat.

Paket Day Tour Merapi Lava Tour, Candi Plaosan dan Tebing Breksi

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu Alien MerapiFoto oleh Dadan Kuzdani di Google Maps

Batu luar angkasa unik berukuran raksasa ini terletak di kawasan wisata Gunung Merapi. Batu itu sendiri terbawa dari puncak gunung oleh aliran lahar dingin sepanjang 7 km. Sehingga terletak di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, tempat ini berjarak sekitar 30 km arah utara.

Anda bisa menempuh jalan tersebut melalui Jogja North Ring Road. Dari jalan lingkar, belok ke utara di pertigaan Kaliurang. Rute tersebut masih satu jalur dengan Jalan Malioboro dan Tugu Jogja. Setelah itu belok ke timur atau kanan sebelum sampai di Pasar Pakem. Nanti Anda akan menemukan petunjuk arah ke tempat tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Batu Alien Merapi sekitar Rp 5.000 per orang jika tidak ikut paket wisata. Terkait dengan biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Atau Anda bisa mengikuti paket wisata Merapi yang sudah termasuk sewa jeep agar tidak lelah saat mendaki.

Merapi Tour dengan Harga Sewa Jeep antara Rp 400.000-Rp. 500.000, kapasitas jeep sekitar 3-4 orang selama 1,5-2 jam. Dimana wisatawan dibawa ke 3 destinasi di wisata merapi. Yakni Museum, Alien Stone dan River Adventures.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru Batu Alien MerapiFoto oleh Kholid Arofi di Google Maps

1. Alami keunikan Batu Alien

Destinasi wisata di Merapi ini menawarkan pemandangan unik berupa batu besar dengan permukaannya yang dicat mengarah ke atas. Jika diperhatikan lebih dekat, cat wajah pada Batu Alien Merapi terlihat sangat lengkap. Mulai dari mata, hidung, telinga hingga bibir.

Meski demikian, bentuknya tidak terlihat seperti manusia, melainkan lebih mirip wajah makhluk luar angkasa, seperti yang sering digambarkan dalam film-film tentang luar angkasa. Selain batu-batu besar, banyak juga bekas rumah yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi 2010 lalu.

2. Cari foto Instagramable di Merapi Alien Stone

Batu Alien yang menjadi saksi bisu erupsi Merapi saat ini menjadi salah satu spot foto paling populer di wisata gunung berapi. Latar belakang Gunung Merapi yang mengesankan akan membuat foto Anda semakin bagus dan melengkapi umpan media sosial Anda.

Selain tempat ini, banyak juga spot foto lainnya yang tak kalah menarik dengan latar pemandangan alam yang indah. Misalnya spot foto dengan burung hantu hias yang jinak, perahu kayu di bawah lahar panas dan masih banyak lagi yang tentunya akan sangat epic jika diabadikan secara portrait.

3. Tur dengan jip

Merapi Lava Tour dan Merapi Alien Stone menawarkan paket wisata dengan jeep yang sayang untuk dilewatkan. Dengan jip terbuka, wisatawan diajak menjelajahi lereng Merapi dan menikmati pemandangan berbeda. Dari lautan pasir, hingga Gunung Merapi yang berdiri megah, hingga desa-desa yang rata dengan tanah, hingga memasuki sungai dengan jip.

4. Menjelajah Museum Sisa Harta Karunku

Paket wisata Lava Merapi dan wisata Batu Alien dengan jeep umumnya sudah termasuk kunjungan ke Museum Remnant My Treasure. Mini-museum menampung berbagai saksi bisu letusan Gunung Merapi. Misalnya peralatan dapur yang pecah dan tertutup abu, botol kaca yang meleleh, tabung TV, mesin jahit dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Batu Alien MerapiFoto oleh Risdy_Thedoctor_46 di Google Maps

Resmi terdaftar sebagai tempat wisata, destinasi ini menawarkan beberapa fasilitas yang bisa digunakan wisatawan. Fasilitas apa saja yang cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan Anda selama berkunjung?

Misalnya tempat parkir bagi yang datang dengan kendaraan pribadi, titik foto Gunung Merapi di beberapa tempat, toilet, pendopo untuk istirahat dan warung makan. Warung makan di kawasan ini cukup banyak dan berjejer.

Banyak bahan makanan berat dan ringan dijual di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan selama berkunjung. Soal harga, termasuk harga standar yang berlaku di berbagai tempat wisata lainnya.

Ingin mengunjungi Lava Merapi dan Batu Alien? Tak hanya rekreasi dan wisata alam, destinasi ini juga bisa dijadikan sarana edukasi. Sebab Batu Alien di Dusun Jambu merupakan saksi bisu peristiwa penting meletusnya Gunung Merapi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button