Berita Wisata

Merasakan deburan ombak di pantai Karang Sebrotan: hidden gem wisata Garut selatan

Garut memiliki keindahan alam yang menawan. Ada banyak potensi alam yang bisa dijadikan wisata alam. Salah satunya adalah pantai. Garut memiliki banyak pantai mulai dari yang paling terkenal hingga yang paling terkenal permata tersembunyi.

Salah satunya adalah Pantai Karang Sebrotan yang terletak di Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari pantai Karang Tepas yang berjarak sekitar ratusan meter. Namun akses menuju pantai Karang Sebrotan masih sulit karena terdapat gugusan karang yang bisa langsung menuju kesana karena terdapat gugusan karang yang berbahaya untuk dilintasi apalagi saat air pasang sedang tinggi.

Berbeda dengan Pantai Karang Tepas yang memiliki sarang walet alami berupa gua-gua kecil yang terdapat di dinding tebing, Pantai Karang Sebrotan memiliki bangunan berbentuk kubus berwarna putih dimana sarang walet memang sengaja dibuat untuk kepentingan budaya. Parang Karang Sebrotan juga sering disebut sebagai Karang Walet.

Jika ingin berkunjung ke pantai Karang Sebrotan tidak disarankan dengan jumlah teman yang banyak karena dikhawatirkan akan mengganggu atau merasa terancam dengan ketenangan burung walet. Memang sekali burung walet merasa terganggu atau terancam, mereka akan pergi dan tidak pernah kembali untuk tinggal di tempat yang sama.

Nama Pantai Karang Sebrotan memang masih asing di telinga masyarakat. Padahal keindahannya tak kalah cantik. Deburan ombak yang menghantam karang terus menyemburkan air laut ke udara, menjadi keunikan tersendiri yang bisa dinikmati pengunjung sambil mengabadikannya dengan kamera.

Penduduk setempat hanya mengunjungi pantai Karang Sebrotan untuk memancing dan beternak burung walet, namun jika Warginet ingin ke sana untuk memancing, mereka harus berhati-hati karena tidak ada pagar pengaman yang memisahkan batu dan ombak besar.

Sumber bahan dan foto : garutselatan.info

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button