Berita Wisata

Meski rawan bencana, objek wisata Lembang diperkirakan masih akan dipadati pengunjung saat libur Nataru.

Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT – Kondisi cuaca buruk yang berpotensi longsor di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), seharusnya tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berlibur selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Tingkat kunjungan ke objek wisata Lembang diharapkan tetap tinggi meski terdapat beberapa jalur rawan longsor seperti jalur alternatif Cisarua di atas air terjun Cimahi dan jalur Cibodas ke arah timur objek wisata Maribaya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB (Disparbud), David Oot mengatakan, meski jalur wisata Lembang belakangan ini dilanda longsor, jumlah kunjungan akan tetap tinggi karena pengelola selalu menjaga kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.

Baca Juga: 1,3 Juta Orang Bakal Serang Obyek Wisata di Jawa Barat Saat Nataru, Kapolda Suruh Petugas Perhatikan Hal Ini

“Selain itu mitra (pengelola) kami juga sudah mengadakan pelatihan-pelatihan terkait penanggulangan bencana. Jadi kalaupun kemarin ada tanah longsor dan gempa, saya yakin jumlah kunjungannya akan tinggi”, kata David di kantornya, Kamis (22/ 12/2022).

Selain itu, di kawasan wisata, kata David, pengelola juga memastikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan di jalan menuju objek wisata dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan BPBD KBB.

“Upaya ini untuk mengantisipasi kemacetan dan menghadapi bencana. Intinya, kita akan tetap waspada terhadap bencana dan selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Meski begitu, kata David, pascagempa Cianjur, ada wisatawan yang khawatir dan mempertanyakan keamanan objek wisata Lembang mengingat lokasinya yang dekat dengan jalur patahan Lembang dan Sesar Cimandiri.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Harga Tiketnya

“Jadi artinya turis selalu kangen ke Lembang, jadi kami jamin keselamatan dan keamanannya, termasuk pelayanan, karena itu yang paling penting,” kata David.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Amas Winata mengatakan, jalur alternatif menuju objek wisata Lembang, tepatnya di Cisarua dekat Curug Cimahi dan Cibodas, masih rawan longsor.

“Lebih baik melintasi jalan yang aman (arteri) meski agak terpencil, untuk menghindari longsor lebih lanjut di jalan ini, apalagi saat ini masih sering terjadi hujan lebat disertai angin kencang,” kata Amas dia beberapa waktu lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button