Tempat Wisata

Museum Geologi Bandung: Biaya masuk, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kota Bandung yang terkenal dengan tempat wisatanya juga merupakan kota bersejarah. Banyak sekali peninggalan bangsa peninggalan nenek moyang kita yang bisa kita ketahui dan pelajari dari kota bandung. Contohnya adalah melimpahnya material geologi seperti fosil, batuan dan mineral yang tersimpan di Museum Geologi Bandung.

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro No. 57Bandung. Karena letak museum yang strategis di tengah kota dan lokasinya yang dekat dengan Gedung Sate salah satu landmark kota Bandung, maka sangat mudah untuk dijangkau. Ada banyak angkutan umum yang melewati museum. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat karena lokasinya berada di pusat kota Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Berdirinya Museum Geologi Bandung

Ketika Eropa mengalami Revolusi Industri pada pertengahan abad ke-18, pemerintah Belanda membutuhkan bahan tambang sebagai bahan industri. Maka mereka membangun gedung untuk penelitian geologi dan tempat menyimpan sampel batuan, mineral, dan fosil. Pembangunannya memakan waktu 11 bulan dan diresmikan pada 16 Mei 1929.

Seiring berjalannya waktu, seiring Indonesia tidak lagi dijajah Belanda, Museum Geologi direnovasi dengan uang bantuan Jepang. Pembukaan resmi untuk umum dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2000 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Sebagai salah satu monumen bersejarah warisan nasional, Museum Geologi Bandung berada dalam perlindungan negara.

Kegiatan wisata di Museum Geologi selalu dihadiri pengunjung Perjalanan belajar mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi. Baik yang berasal dari Bandung dan sekitarnya serta seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya Museum Geologi memiliki koleksi batuan, fosil, mineral dan sejarah umat manusia yang lengkap.

Koleksi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi terbagi menjadi tiga ruangan yaitu Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia dan Geologi serta Kehidupan Manusia. Selain itu, terdapat koleksi dokumentasi untuk menyimpan hasil geologi. Untuk lebih mengoptimalkan fungsinya, Museum Geologi juga melaksanakan kegiatan seperti hubungan masyarakat, pameran, seminar dan survei penelitian.

Ruang Living History menyajikan sejarah terbentuknya kota Bandung serta sisa-sisa artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung. Saat ini telah tersedia bahan ajar tentang pembentukan dan pergerakan bumi di ruang Geologi Indonesia. Video interaktif tentang pembentukan planet juga akan ditampilkan. ada juga menunjukkan Mineral dan batuan Indonesia dipajang di lemari.

Museum Geologi Bandung terbagi menjadi 2 lantai. Ruang orientasi, ruang sayap barat, dan ruang sayap timur merupakan bagian dari lantai satu. Ruang orientasi berisi peta geografis Indonesia dan aktivitas geologinya dalam bentuk animasi. Ruangan ini juga menampung stan informasi museum, serta stan pendidikan dan penelitian.

Ruang di Sayap Barat menyajikan informasi mengenai hipotesis tentang asal usul bumi, terbentuknya tektonik geologi Indonesia, dan fosil sejarah manusia menurut evolusi Darwin. Selain itu juga dipamerkan berbagai jenis batuan, sumber daya mineral, dan peralatan/peralatan lapangan untuk kegiatan penelitian geologi. Jangan lupakan miniatur hasil aktivitas gunung berapi aktif di Indonesia.

Ruang terakhir, Ruang Sayap Timur, memperlihatkan sejarah perkembangan makhluk hidup dari primitif hingga modern. Ada pula koleksi fosil tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Koleksi populernya antara lain manusia purba Homo Erectus, fosil gajah purba Stegodon Trigonocephalus, dan replika Tyrannosaurus Rex.

Selain itu, lantai 2 terbagi menjadi tiga ruang utama yaitu Ruang Barat, Ruang Tengah, dan Ruang Timur. Ruang barat digunakan oleh staf museum. Ruang tengah berisi model tambang emas terbesar di dunia dan miniatur rig pengeboran minyak dan gas. Ruang Timur kini terbagi menjadi 7 ruangan kecil yang membahas tentang kondisi geologi manusia khususnya di Indonesia.

Fasilitas di Museum Geologi Bandung

Fasilitas Museum Geologi meliputi auditorium dan ruang pendidikan sebagai tempat pemutaran film, seminar, ceramah dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pendidikan. Anda tidak perlu khawatir untuk tidak membawa oleh-oleh khas Museum Geologi karena tersedia juga toko cendera mata. Kita bisa membeli buku-buku geologi dan bahan ajar.

Yang tidak kalah penting adalah adanya masjid bagi pengunjung muslim yang ingin salat. Poliklinik gratis dan toilet di sekitar ruang pemeriksaan dan auditorium tersedia bagi pengunjung yang jatuh sakit selama kunjungannya.

Akses ke Museum Geologi Bandung

Akses menuju Museum Geologi Bandung dapat dilakukan melalui transportasi umum maupun pribadi. Letaknya yang berada di pusat kota memudahkan siapapun untuk mengunjunginya.

Biaya masuk Museum Geologi Bandung

Biaya masuk Museum Geologi Bandung adalah Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara. Buka Senin hingga Kamis dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Sabtu dan Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Dan tutup setiap hari Jumat dan hari libur nasional.

Jam buka Museum Geologi Bandung

  • Buka setiap hari Selasa – Minggu dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore
  • tutup pada hari Senin

Tips mengunjungi Museum Geologi Bandung

Pada hari Sabtu museum biasanya sangat sibuk karena penuh dengan orang Perjalanan belajar sekolah. Ada baiknya Anda datang setelah jam 11 pagi pada hari Sabtu dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan museum dengan membuang sampah.

Di atas Anda dapat menemukan informasi lengkap tentang tempat wisata Museum Geologi Bandung. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat bepergian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua dan dapat menambah wawasan anda dalam berlibur ke bandung dan kemungkinan mengunjungi tempat wisata lainnya.

Galeri Foto Museum Geologi Bandung

Selamat datang di Museum Geologi Bandung
Potret patung dinosaurus
Potret cangkang
Study trip ke Museum Geologi Bandung
Berburu foto di taman museum

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button