Tempat Wisata

Museum Linggam Cahaya: Biaya masuk, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Apakah Anda tertarik untuk diajak jalan-jalan ke tempat penyimpanan barang-barang lama? Hei, bukan itu yang kamu maksud dengan gudang. Yang dimaksud dengan menyimpan barang-barang lama adalah museum. Tidak hanya barang-barang lama yang tersimpan di sini, namun banyak juga sejarah yang bisa Anda pelajari saat berkunjung ke sana.

Museum Cahaya Linggam Terletak di Kepulauan Riau, tepatnya di Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, museum ini layak untuk dikunjungi terutama bagi Anda yang memiliki anak usia pelajar atau tertarik dengan sejarah. Anda bisa datang langsung ke museum ini.

Peninggalan sejarah dapat dikenali dari tulisan di bagian depan benda tersebut. Tapi museum macam apa ini?

Apakah museum dengan peninggalan peralatan manusia zaman dahulu, museum yang memperingati jasa seseorang, atau museum dengan benda-benda klasik, tua dan tidak terpakai namun memiliki sejarah panjang yang terkait dengan benda-benda tersebut?

Kerajaan Lingga dianggap menjadi saksi perjalanan panjang cerita dan sejarah masyarakat Melayu. Bagaimana tidak, sebab di Pulau Sumatera banyak terdapat suku Melayu. Bahasa Melayu juga biasa digunakan sebagai bahasa sehari-hari.

Barang-barang kuno yang disimpan di Museum Linggam Cahaya

Benda ini merupakan kumpulan benda peninggalan Kerajaan Lingga yang besar dan kuat pada masa itu. Benda-benda bersejarah sangat dijaga dan dirawat di sini agar anak cucu kelak dapat mempelajari benda-benda bersejarah tersebut.

Pesona Museum Linggam Cahaya

Pesona apa yang bisa Anda rasakan saat menikmati museum ini, seperti wajah yang menunjukkan kehebatan Kepulauan Riau sendiri dengan berdirinya Kerajaan Lingga.

Diharapkan dengan adanya museum ini setiap orang bahkan seluruh dunia dapat mempelajari dan merasakan kisah sejarah yang panjang dan abadi yang menceritakan tentang Kerajaan Lingga dan kejayaan masyarakat Melayu di Kepulauan Riau.

Sejarah Museum Linggam Cahaya

Museum Cahaya Linggam Ini sebenarnya dibangun sebagai situs warisan. Warisan budaya sendiri dipahami sebagai warisan yang mewariskan kebudayaan kepada generasi penerus agar dapat diketahui, diakui dan tidak ditinggalkan atau dilupakan begitu saja.

Dengan begitu, generasi penerus bisa belajar berjalan dan menjalani kehidupannya sebaik mungkin dengan mencontoh sejarah yang ada. Ternyata museum ini baru berdiri sekitar tahun 2015.

Berburu foto di Museum Linggam Cahaya

Tentunya bagi Anda pecinta benda-benda budaya klasik dan kuno, memotret benda-benda tersebut adalah suatu keharusan bukan? Sangat selayaknya kami memeriksa setiap barang dan kondisi yang ada pada saat kunjungan Anda.

Abadikan setiap sudut foto yang menceritakan sejarah panjang Kerajaan Lingga agar masyarakat Malaysia juga bisa meraih kejayaannya.

Kenapa harus ke museum, museum bisa jadi pilihan, hal ini tidak mengherankan karena Kabupaten Lingga sebenarnya merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan sejarah disana. Bukan hanya museum ini, jadi Anda harus pergi Museum Cahaya Linggam terlebih dahulu sebelum hal lain.

Akses ke Museum Linggam Cahaya

Aksesnya mudah karena kunjungan wisata sejarah biasanya tidak jauh dari kantor pusat pemerintahan suatu daerah.

Baca Juga: Meriam Tegak, Keunikan yang Menyembunyikan Rahasia

Tips menuju Museum Linggam Cahaya

Museum ini wajib Anda pilih karena masih tergolong baru dan tentunya bangunannya masih sangat bersih. Bagi anda yang ingin kesini bisa langsung saja mengikuti tips wisata museum berikut ini:

  1. Yang terbaik adalah menjaga volume percakapan kita tetap rendah, tidak terlalu keras, karena saat kita berkunjung kita berada di dalam ruangan, bukan di hutan atau laut.
  2. Jangan lupa membawa kamera karena ini sangat dibutuhkan agar bisa berbagi dengan semua orang.
  3. Usahakan untuk mengiklankannya agar museum menarik banyak minat dan pengunjung. Mengingat pendiriannya masih sangat baru, bukan puluhan tahun, melainkan baru beberapa tahun.
  4. Alternatif berwisata mungkin ada dua, yaitu wisata sejarah atau wisata alam. Namun jika bisa kedua-duanya, pasti ke tempat wisata tersebut terlebih dahulu baru ke tempat wisata alamnya agar tidak langsung tutup.

peta

Jam buka dan biaya masuk Linggam Cahaya

Jam buka Museum Linggam Cahaya adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB

Biaya masuknya biasanya Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Demikian penjelasannya Museum Cahaya Linggam. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan semoga anda segera mengunjungi tempat wisata sejarah ini sebagai alternatif berwisata yang menarik dan menambah pengetahuan anda tentang nusantara.

Galeri Foto Museum Linggam Cahaya

Selamat datang di Museum Linggam Cahaya
Potret Museum Linggam Cahaya
Perabotan keramik di museum
Berburu foto di luar museum

Wisatawan Malaysia mengunjungi Museum Linggam Cahaya
Potret di museum

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button