Tempat Wisata

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia: Pintu masuk dan lokasi

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia: Pintu masuk dan lokasi

Apakah anda sering berkunjung ke Kota Bogor? Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau Munasain. Terletak di pusat kota Bogor, destinasi wisata ini menjadi salah satu wisata edukasi terpopuler di negeri ini.

Tentunya banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di dalamnya. Tidak hanya kalangan akademisi saja, namun masyarakat umum juga banyak yang mengunjungi tempat ini. Meski bernama museum, namun konsep tempat ini sangat kekinian.

Saat memasukinya, kesan museum yang kuno dan kuno sama sekali tidak terlihat. Manajemen mengikuti konsep penempatan aset yang sangat modern dan kontemporer. Baik orang dewasa maupun anak-anak akan merasa nyaman di dalamnya dalam waktu yang lama.

Sekilas tentang Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Munasain merupakan salah satu arsip fisik terbaik di Indonesia. Dikelola secara profesional, lebih dari 2000 artefak dilestarikan di tempat ini hingga saat ini. Tentu saja semua aset yang disertakan dalam kondisi baik.

Dulunya museum ini bernama Museum Etnobotani. BJ Habibie diresmikan pada tahun 1982. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan flora yang sangat beragam, maka keberadaan museum etnobotani mungkin tidak mengherankan.

Di museum nasional ini, seluruh pengunjung dapat melihat dan mempelajari lebih jauh berbagai jenis tumbuhan di seluruh Indonesia. Pengelola museum juga memberikan informasi tentang setiap jenis tumbuhan beserta referensi budaya dan pemanfaatannya.

Sosok Prof Sarwono Prawirohardjo merupakan penggagas pertama terciptanya Munasain. Saat itu dia menjabat Ketua LIPI. Tentu saja tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk melestarikan dan memantau kelestarian berbagai jenis tumbuhan yang ada di Indonesia.

Atraksi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Saat Anda mengunjungi museum ini, Anda bisa melakukan banyak hal seru di sana. Semua itu tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi Munasain sendiri. Dibandingkan museum lain di Indonesia, jumlah pengunjung museum ini cukup tinggi.

Selain pengelolaannya yang profesional oleh pemerintah, museum ini juga memiliki berbagai keunggulan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Di bawah ini adalah 6 daya tarik utama Munasain.

1. Lengkapi artefaknya

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, museum ini memiliki lebih dari 2000 artefak dari seluruh tanah air. Semua artefak tersebut merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam kategori rempah-rempah, perdu, bunga, tumbuhan berkayu, dll.

Setiap tahunnya kekayaan di tempat ini terus meningkat. Saat ini, tidak hanya jenis tumbuhan saja yang bisa dilihat di sana. Selain itu, berbagai jenis arsip, dokumentasi foto, artefak hewan, dan aset berharga lainnya dipamerkan oleh pemerintah.

Karena bangunan museum ini cukup besar, maka bagian dalam bangunan tidak terasa pengap meski banyak aset yang tersimpan di dalamnya. Lorong dari satu ruangan ke ruangan lain cukup lebar dan bisa dilewati puluhan orang dalam waktu bersamaan.

2. Lokasi strategis

Selain memiliki artefak yang lengkap, museum ini juga terletak di lokasi yang sangat strategis. Lokasinya berada di pusat kota bogor. Oleh karena itu, tidak akan sulit bagi Anda untuk mengunjunginya baik siang maupun malam hari.

Letaknya yang berada di sisi barat Kebun Raya Bogor tentu menjadi alasan mengapa tempat ini patut Anda kunjungi. Nah, setelah mengunjungi museum botani populer ini, Anda bisa menikmati eksotisme Kebun Raya.

3. Peralatan yang sangat lengkap

Daya tarik lain dari tempat wisata edukasi ini adalah fasilitasnya yang luas. Dibandingkan dengan tempat wisata populer di kota bogor lainnya, kami jamin fasilitasnya tidak kalah. Hal ini tentu saja menjadi alasan lain mengapa pengunjung betah menginap di sana.

Dengan perlengkapan yang lengkap ini, tidak menjadi masalah bagi anak kecil sekalipun untuk ikut serta. Selain itu, manajemen telah menempatkan seluruh aset dengan aman sehingga tidak berisiko.

4. Konsep museum yang sangat modern

Daya tarik lain dari museum ini adalah konsepnya yang modern. Mendengar kata museum pasti kita teringat akan sebuah tempat kuno bukan? Namun hal tersebut tidak akan Anda temukan sama sekali saat berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Konsep yang diwakili oleh pengelolanya sungguh sangat modern. Modernisasi tersebut terlihat dari pencahayaan di dalam museum, konsep desain wayfinding, hingga penempatan berbagai jenis aset atau artefak di dalamnya.

5. Wisata edukasi dengan biaya terjangkau

Selain poin-poin yang telah dijelaskan di atas, Munasain juga merupakan wisata edukasi dengan harga yang sangat terjangkau. Berbeda dengan destinasi wisata edukasi lainnya yang memungut biaya tinggi.

Oleh karena itu, museum ini setiap harinya ramai dikunjungi oleh para pelajar yang ingin meneliti berbagai jenis flora yang ada di Indonesia. Tidak jarang kelompok mahasiswa dari luar kota melakukan penelitian di sana.

Biaya masuk

Berdasarkan informasi terkini dari manajemen. Saat ini tarif masuk Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia hanya Rp 5.000 per orang. Dengan harga yang sangat terjangkau ini Anda akan mendapatkan berbagai informasi penting tentang flora dan fauna setempat.

Biaya ini memberi Anda akses ke semua artefak dan fasilitas di gedung museum. Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Parkir valet di lokasi ini dikelola oleh pihak ketiga.

Alamat dan rute

Apakah Anda ingin mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia? Datang saja ke Jalan Haji Juanda nomor 22-24, Gedung Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Karena letaknya di pusat kota Bogor, menuju ke sana tidak terlalu membingungkan. Dari pusat kota Bogor, belok ke timur dan lurus ke Jalan Rumah Sakit I. Lurus ke Jalan Malabar dan belok kiri ke Jalan Raya Pajajaran.

Belok kanan ke Jalan Jalak Harupat hingga Anda mencapai Maraca Books And Coffee. Belok kiri ke Jalan Haji Juanda. Setelah kurang lebih 850 meter anda akan sampai di suatu tempat yang berada di sebelah kanan kendaraan.

Fasilitas yang ada di Munasain

Fasilitas Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia sangat lengkap. Di sini Anda mendapatkan tempat parkir yang luas, layanan informasi detail, toilet, tempat ibadah, akses Wi-Fi gratis dan panduan jika diperlukan.

Menutup

Museum pada umumnya identik dengan rasa tua dan membosankan. Namun tidak demikian halnya dengan Munasain yang telah kita bahas. Anda tidak akan bosan sama sekali karena manajemen telah melakukan pembaruan yang luar biasa.

Selain memiliki konsep museum modern yang asyik, museum ini juga mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Sangat cocok untuk mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia bersama keluarga di waktu senggang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button