Berita Wisata

Naik kereta wisata, Anda bisa berhenti di 13 tempat wisata ini

KOMPAS.com – Kereta Panoramic dapat dicoba oleh masyarakat umum setelahnya peluncuran lunak oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Vice President Humas KAI Joni Martinus mengatakan kereta api wisata ini akan disambungkan dengan perjalanan KA tambahan Taksaka, perjalanan pulang pergi Gambir-Yogyakarta (PP).

“Kereta Wisata ini merupakan salah satu bentuk inovasi KAI untuk meningkatkan pelayanan khususnya pada masa transportasi Natal dan Tahun Baru ini,” kata Joni dalam keterangan tertulis yang dirilis. Kompas.com terima kasih, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Tiket Kereta Wisata Habis, Harga Tarif dan Fasilitas

Jadwal, tarif dan fasilitas kereta api panoramaSHUTTERSTOCK/TOTO SANTIKO BUDI Jadwal Kereta Api, Tarif dan Fasilitas

Sekedar informasi, KA Taksaka melayani jalur Gambir – Cirebon – Purwokerto – Kroya – Kebumen – Kutoarjo – Yogyakarta.

Di sepanjang jalur tersebut, terdapat sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Dengan demikian, jika penumpang KA panorama turun di salah satu stasiun perhentian, mereka bisa mengunjungi tempat wisata di sana.

Baca juga: Kereta Panoramik Bisa Dicoba, Tiket Mulai Rp 750.000

1. Monumen Nasional, Jakarta

Monumen Nasional (Monas) adalah salah satu tempat wisata ikonik di Jakarta.DERMAGA. Shutterstock. Monumen Nasional (Monas) adalah salah satu tempat wisata ikonik di Jakarta.

Monumen nasional (Monas) terletak di dekat stasiun Gambir, enam menit berjalan kaki.

Ikon wisata DKI Jakarta ini terdiri dari tiga bagian yaitu Pelataran Bawah atau Pelataran Cawan, Pelataran Puncak dan Lidah Api. Pengunjung bisa melihat banyak benda bersejarah di Monas, antara lain patung pahlawan, diorama peristiwa sejarah dan lain-lain.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Museum Nasional Sejarah Gulat dan Taman Monas.

Baca juga: 11 Wisata di Monas, Bisa Melihat Diorama dan Menikmati Panorama Jakarta

2. Sarinah, Jakarta

Suasana pelataran Sarinah pada sore hari di akhir pekan.KOMPAS.com/NABILLA TASANDRA Suasana pelataran Sarinah di sore akhir pekan.

Mal pertama di Indonesia, baru direnovasi. Dari stasiun Gambir berjarak sekitar 3,7 kilometer (km) dan dapat ditempuh dengan mobil selama 11 menit.

Setelah dihaluskan, Sarinah menjadi tempat wisata yang viral karena memiliki banyak spot instagramable.

Sebut saja, amphitheater, skydeck, museum dan galeri foto. Pengunjung juga bisa melihat relief zaman Presiden Soekarno yang berada di belakang gerai makanan cepat saji.

Pengunjung Sarinah juga bisa membeli berbagai produk lokal dari UMKM.

Baca Juga: Simak Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Singgah di Sarinah

3. Halte Transjakarta Bundaran HI

Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022). Dermaga. Ngabila Salama Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022).

Tak jauh dari Sarinah, ada tempat wisata yang bisa dikunjungi penumpang kereta wisata, yakni halte bus Transjakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pada tahun 2020, halte Transjakarta Bundaran HI mengalami kerusuhan massal hingga dibakar. Dua tahun kemudian, halte ini telah menjadi fasilitas umum sekaligus tempat wisata.

Wajah baru Halte Transjakarta Bundaran HI memiliki paviliun atau angkat udara yang ada di lantai dua.

Kutipan Kompas.com (18/10/2022) Halte bus di Jalan MH Thamrin kini memiliki sejumlah spot foto menarik pasca direvitalisasi.

Pengunjung bisa berfoto dengan tugu selamat datang di tengah bundaran HI dengan latar belakang paviliun.

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Bundaran HI Tahun Baru Hanya Rp 100.000

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button