Berita Wisata

Nama unik untuk bus wisata di beberapa kota, dari Bandros hingga Domapan

TEMPO.CO, Jakarta – Bus wisata adalah layanan wisata yang membawa pengunjung pada rute di sekitar tempat wisata. Bus ini kini hadir di beberapa kota untuk memudahkan kunjungan dan pengetahuan semua titik kota oleh para wisatawan. Namun, bus ini masih terbatas.

Kota-kota memiliki bus wisata

Tidak semua kota memiliki bus wisata, hanya beberapa kota di Indonesia yang memiliki bus wisata. Kota apa itu?

1. Lapangan

Salah satu kota di pulau Sumatera yang memiliki bus wisata adalah Padang. Bus wisata Padang ini hanya beroperasi setiap akhir pekan dan hari libur nasional mulai pukul 09.06 hingga 18.06 WIB dengan sembilan titik pemberangkatan gratis. Dalam sehari, bus ini hanya akan pergi sekitar 5 kali, yang dalam satu putaran memakan waktu 1,5 jam, seperti yang diberitakan antaranews.

Pergi saja ke stasiun keberangkatan bus yang terletak di Dinas Pariwisata Padang untuk memulai perjalanan dan berakhir di Pantai Air Manis. Begitu pula dengan rute sebaliknya, untuk kembali ke Kantor Pariwisata Padang.

2. Jakarta

PT Transport Jakarta telah menjalankan hingga 22 bus tingkat gratis sebagai transportasi wisata. Bus wisata bertingkat yang bernama Jakarta Explorer Bus ini dapat digunakan secara gratis oleh seluruh warga yang memiliki 7 rute wisata yang berbeda yaitu Jalur Sejarah Jakarta, Jakarta Baru Modern, Seni dan Kuliner, Pencakar Langit, Ruang Terbuka, Cagar Budaya Jakarta dan Jakarta Pembelian .

Kutipan transjakarta.co.idbus wisata ini dilengkapi dengan sistem audio untuk menjelaskan konteks tempat yang dikunjungi dan bus pembantu (OnBoard) untuk memberikan penjelasan tentang ikon-ikon Jakarta.

3. Bogor

Bus wisata Bogor dengan nama Bus Uncal beroperasi secara gratis setiap akhir pekan. Namun, warga atau wisatawan yang berminat naik bus Uncal harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang telah disediakan di akun Instagram @uncal.bogor.

Uncal Day beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 08:00-14:00 WIB, sedangkan Uncal Night beroperasi pada Sabtu malam dan Minggu malam dari pukul 18:30-20:00 WIB. Pada pagi hari, titik keberangkatan bus berada di Balai Kota Bogor, sedangkan pada malam hari di Bogor Town Square. Rute bus wisata ini melewati sejumlah ikon Bogor, seperti Kebun Raya Bogor, Suryakencana dan Empang.

Baca: Ayo Berwisata Malam Keliling Bandung Naik Bandros Town

4. Bandung

Bandung memiliki bus wisata bernama Bandros (Bandung Tour on Bus) yang dapat menampung 16 orang dalam satu kali perjalanan. Bandros yang hadir sejak masa pemerintahan Ridwan Kamil memiliki dua jalur yaitu Alun-Alun Bandung dan Jalan Diponegoro. Bandros memiliki jam buka Senin hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Namun, berbeda dengan bus wisata kota sebelumnya, seseorang yang ingin naik di Bandros harus menyiapkan uang Rp 20.000,00 untuk sekali jalan.

5. Sendirian

Solo memiliki bus wisata dengan nama bus tingkat Werkudara yang beroperasi setiap hari termasuk Sabtu, Minggu dan hari libur dengan waktu keberangkatan tiga kali sehari yaitu pada pukul 09:00, 12:00 dan 15:00 WIB. Hanya dikenakan biaya Rp 20.000.

Dua rute akan ditempuh dengan bus tingkat Werkudara selama kurang lebih dua jam. Rute pertama adalah rute keberangkatan dimulai dari kantor dinas perhubungan Surakarta dan berakhir di Jurug. Sedangkan jalur kedua adalah jalur pulang, yaitu berangkat dari Jurug dan kembali ke kantor dinas perhubungan Surakarta.

6. Yogyakarta

Meluncurkan asitajogja.org, Bus tingkat Yogyakarta bernama Domapan (Podho Mapan artinya duduk bersama) berangkat dari Taman Pintar Yogyakarta dan berakhir di Jalan Malioboro secara gratis. Perjalanan Dopaman memakan waktu 20 menit. Jam operasional bus setiap hari pukul 10:00 WIB. Bus ini mampu menampung 35 penumpang dengan rincian 20 penumpang di bagian bawah dan 15 di bagian atas.

RACHEL FARAHDIBA R

Baca Juga: Bus Wisata Bertingkat Resmi Beroperasi

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button