Tempat Wisata

Ngingrong Geosite, nikmati keindahan gua vertikal di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Baron km 6 Mulo, Wonosari Pacarejo, Kecamatan. Semanu, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Gunung Kidul menawarkan banyak peluang untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata yang menarik dan berkesan. Salah satu yang menarik untuk dijelajahi adalah Geosite atau Geosite Ngingrong. Wisata edukasi?

Jangan salah, Ngingrong terus berbenah dan menjadi geopark yang penuh dengan aktivitas outdoor seru dan menyenangkan. Cocok banget untuk outbound kekinian!

Paket tour jogja 2 hari 1 malam (Gua Pindul, Heha Sky View dan tempat lainnya)

Daya tarik geosite Ngingrong

Daya tarik geosite NgingrongFoto oleh Ujang Cahya di Google Maps

✦ Keindahan Gua Vertikal Ngingrong

Tempat wisata alam dan edukasi yang keren ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama Lembah. Lembah bukit karst ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai destinasi wisata alam. Total lokasi tersebut mencakup 13 lokasi geosite yang tersebar di seluruh Kabupaten Gunungkidul.

Geosite Ngingrong sendiri terkenal dengan gua vertikal yang luas dan dalam. Jika Anda berani, Anda bisa mencoba memanjat gua atau abseiling. Keindahan gua ini dimaksimalkan oleh danau di dalamnya dan dinding sedimen alami.

✦ Pemandangan alam indah yang masih terjaga kelestariannya

Pemandangan Gunungkidul yang asri dan hijau masih menjadi daya tarik kawasan ini. Tak terkecuali situs terestrial Ngingrong. Tak sedikit pengunjung yang datang kesini untuk sekedar duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Pemandangan alam yang indah ini seakan memanfaatkan hijaunya perbukitan dan tebing sedimen yang menghiasi pemandangan tersebut. Di Geopark Ngingrong juga terdapat tulisan berukuran besar yang memberikan efek estetika. Tak heran jika lokasi ini kerap menjadi pilihan untuk berfoto Instagram.

Promo hotel di Gunung Kidul

✦ Tantangan Aktivitas Luar Ruangan Geosite Ngingrong

Sebagai tempat wisata alam, tak heran jika tempat ini menawarkan banyak aktivitas outdoor yang menantang. Selain spelunking atau penjelajahan gua dan abseiling, Anda juga bisa mencoba fly fox melewati bagian atas gua atau mendaki alam dengan sepeda motor ATV. Semuanya disiapkan untuk memaksimalkan fasilitas wisata di kawasan wisata alam ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat geosite NgingrongFoto oleh Endo Prastomo di Google Maps

Gua Ngingrong sendiri merupakan salah satu tempat wisata alam Geosite Gunung Kidul. Alamat tepatnya Jl. Baron Km 6 Mulo, Kawasan Hutan, Pacarejo Gunung Kidul. Menariknya, tempat wisata ini sering dikunjungi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai.

Bagaimana bisa? Pasalnya, geosite yang masuk dalam daftar UNESCO ini terletak di pertigaan Mulo menuju Pantai Tepus dan Pantai Baron. Lokasinya sebenarnya berada di pinggir jalan sehingga bisa menjadi tujuan istirahat.

Jarak desa wisata dan Geosite Ngingrong ke pusat kota Wonosari hanya sekitar 3 kilometer. Jika berangkat dari kota Jogja perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, namun dari Wonosari hanya memakan waktu 20 menit saja.

Rutenya cukup mudah karena Anda hanya perlu menuju ke arah pantai. Dari Klaten bisa ke Semin lalu ke Karangmojo lewat kawasan Cawas. Lanjutkan menuju Pantai Rongkap dan Pantai Siung. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda bisa mengambil arah menuju Candi Prambanan, Bunderan Siyon, ambil jalan lingkar dan menuju pertigaan Mulo.

Tour Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Svargabhumi, Sungai Mudal dan Pule Payung

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Wisata Ngingrong murah banget cuma 3.000 saja. Namun biaya ini hanya berlaku untuk tiket masuk saja. Biaya terpisah berlaku untuk fasilitas lain dan perjalanan. Misalnya Flying Fox biayanya Rp 35.000 dan biaya cave trekking Rp 650.000 untuk satu orang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru Geosite NgingrongFoto oleh Ari Lia di Google Maps

1. Jelajahi Gua Ngingrong yang menantang

Apakah Anda merasa cukup berani untuk menjelajahi Gua Ngingrong? Anda bisa mengikuti paket wisata penjelajahan gua dengan harga berkisar antara Rp300 hingga 650.000 per orang. Kok mahal? Jangan salah! Penjelajahan gua merupakan kegiatan yang penuh risiko. Jadi, Anda memerlukan alat dan bantuan profesional.

Jalur gua ini cukup ekstrim karena letaknya yang vertikal. Oleh karena itu, perjalanan menjelajahi gua bisa memakan waktu sehari penuh atau setidaknya 6 jam untuk menyelesaikan keseluruhan tur gua.

Pencarian jarak sendiri terdiri dari beberapa tahap. Untuk menjamin keamanan, Anda memasuki Gua Ngingrong secara bertahap yaitu dari kedalaman 20 meter, 40 meter, 60 meter, dan 100 meter. Tidak perlu khawatir tentang keselamatan karena pemandu wisata berpengalaman akan menemani Anda dalam tur penjelajahan gua.

2. Coba Flying Fox di Ngingrong Geosite Ride

Masih ingin aktivitas yang lebih menantang? Bagaimana kalau meluncur cepat dengan Flying Fox di ketinggian 70 meter? Flying fox yang tersedia di Geosite Ngingrong letaknya sangat tinggi karena melewati mulut Gua Ngingrong yang sangat dalam.

Menariknya, tantangan Flying Fox semakin besar seiring panjang perjalanan yang mencapai 150 meter. Atraksi Flying Fox yang satu ini tentu tidak main-main. Jadi pastikan hati dan pikiran Anda siap untuk melakukan aktivitas ekstrim ini.

Berapa banyak yang harus saya bayar? Flying fox tertinggi ini bisa Anda coba sendiri hanya dengan membayar biaya sekitar Rp 35.000 saja. Naik Flying Fox juga akan membuat Anda mengagumi kemegahan resor wisata Gua Ngingrong dan alam sekitarnya.

3. Jelajahi trek ATV yang menarik

Beberapa tahun lalu pihak manajemen mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki fasilitas wisatanya. Trekking ATV adalah salah satunya. Rental ATV ini tersedia bagi Anda yang ingin mencoba mengendarai kendaraan roda empat yang bertenaga.

ATV sendiri sering disebut sebagai kendaraan off-road yang tangguh. Mengemudikannya sendiri memerlukan keterampilan yang baik, apalagi di jalan yang penuh tantangan. Jika ingin mencobanya, Geosite Ngingrong sudah menawarkan rental ATV untuk wisata.

4. Tantang adrenalin Anda dengan rappelling

Mendaki atau rappelling di Gua Ngingrong merupakan kegiatan yang menantang. Anda bisa merasakan sensasi mendaki tebing berbatu dengan spot-spot keren. Kegiatan ini semakin menarik karena terdapat dinding sedimen dan spot pendakian di kawasan Gunung Kidul yang membutuhkan banyak keterampilan.

5. Jelajahi danau bawah tanah

Salah satu aktivitas yang mungkin terasa unik adalah menjelajahi danau bawah tanah. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian tujuan eksplorasi gua. Di akhir perjalanan Anda akan sampai di kawasan danau bawah tanah dimana Anda bisa berenang dan merasakan keseruannya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Geosite NgingrongFoto oleh Adam Jordan di Google Maps

Dalam beberapa tahun terakhir, Gua Ngingrong telah mengalami banyak perbaikan dan peningkatan fasilitas. Oleh karena itu, kebutuhan pariwisata menjadi lebih baik dan optimal. Salah satu fasilitas yang ditingkatkan adalah abseiling untuk pencarian gua.

Saat ini terdapat beberapa paket wisata di Gua Ngingrong yang bisa Anda jelajahi dengan aman dan nyaman. Fasilitas lain berupa wahana Flying Fox dan wahana ATV juga ditawarkan sebagai percontohan wisata desa.

Selain itu, tersedia fasilitas dasar untuk beristirahat, mengamati pemandangan alam, toilet umum, pendopo, dan warung makan. Oleh karena itu, cukup nyaman bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke geosite Ngingrong meski hanya sekedar melihat keindahan alam.

Lebih dari sekedar wisata alam dan wisata edukasi! Mungkin hal inilah yang coba dibuktikan oleh situs Ngingrong. Benar sekali, banyak yang bisa dilakukan sekarang, mulai dari penjelajahan gua hingga naik ATV yang menyenangkan. Apakah Anda berani mampir dan mencoba wahana yang menantang?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button