Berita Wisata

November adalah bulan yang meriah, Kota Batu dibanjiri dengan berbagai acara kemeriahan

Berbagai rangkaian acara memperingati HUT Kota Batu ke-21 yang berlangsung sepanjang bulan November. (MVoice/Disparta Kota Batu)

SUARA MALANG – Pada bulan November, Kota Batu lebih ramai dari sebelumnya. Hal ini sejalan dengan sejumlah acara untuk memeriahkan HUT Kota Batu yang ke-21.

Kemeriahan tersebut tentunya akan mendongkrak kehadiran wisatawan yang menargetkan 7 juta wisatawan pada 2022.

Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu juga mendukung sejumlah acara HUT Kota Batu. Beberapa di antaranya adalah Festival Makanan Jalanan Batu yang akan diadakan pada 11-13 November di halaman balai kota di Among Tani.

Berbagai sajian kuliner setara kelas hotel berbintang dihadirkan dalam acara tersebut. Meski begitu, harganya tetap terjangkau.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan gastronomi merupakan bagian dari subsektor ekonomi kreatif. Oleh karena itu melekat pada sektor industri pariwisata karena akan menarik belanja wisatawan dan menambah nilai daerah.

“Gastronomi mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi dan menarik tingkat pengeluaran wisatawan sekaligus melengkapi kebutuhan wisatawan untuk menikmati perjalanannya,” kata Arief.

Baca juga: Perayaan HUT Kota Batu Ditunda ke Bulan Depan

Baca juga: Chef Olivia menyajikan makanan di Batu Street Food & Culinary Festival 2021

Baca juga: Kane Lop! Disparta Kota Batu Kembali Hadirkan Batu Street Food Festival 2021

Baca juga: Konsultan asing menyarankan Arema untuk mempercepat pemulihan dari tragedi Kanjuruhan

Kemudian, pada tanggal 14-16 November akan diadakan acara berupa upaya pelestarian budaya tradisional. Salah satunya melalui pagelaran Macapat Idol 2022 yang digelar di Pengadilan Kejari Kota Batu. Pada tanggal yang sama, juga digelar pameran keris di balai kota Graha Pancasila di kalangan Tani.

Kemudian pada tanggal 16 diadakan pertunjukan wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Khayangan”. Pada pertunjukan wayang ini, sangat istimewa. Pasalnya, lakon tersebut akan dibawakan langsung oleh Supryyanto, mantan Kajari asal Kota Batu yang kini berganti tugas menjadi asisten pengawasan kejaksaan di Yogyakarta.

“Komitmen kami memperkuat wisata budaya di Kota Batu. Menampilkan kearifan lokal dan karakteristiknya,” tambah Arief.

Baca juga: Berkas penyidikan tersangka Tragedi Kanjuruhan dikembalikan kejaksaan Jawa Timur

Baca juga: Kerugian negara tahun 2020 dalam kasus penipuan BPHTB-PBB tersisa Rp 77,3 juta

Baca juga: Iklan Ilegal Turunkan Pajak Daerah

Bagi pecinta motor trail, jangan lewatkan KWB Super Adventure 5 Indonesia yang akan digelar pada 19 dan 20 November mendatang. Ajang bertajuk Let’s Rock the Ground ini ditunggu-tunggu oleh para pebalap motocross. Diharapkan 8000 pelari dari seluruh wilayah akan bergabung. Selain nasional, event ini akan diikuti oleh puluhan pelari dari luar negeri. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Rumania, Belgia, dan Hong Kong.

Baca juga: Ungkapan Belasungkawa, KWB Super Adventure 5 Ditunda

Baca juga: KWB Super Adventure 5 Diselenggarakan Puluhan Riders dari 6 Negara, Wisata Kota Batu Menggema ke Luar Negeri

Baca juga: KWB Super Adventure 5 membawa keuntungan ganda ke Kota Batu

Pengendara akan diajak merasakan keseruan melibas jalur-jalur menantang lereng Gunung Arjuno. Mereka akan melewati jalur sepanjang 60 kilometer yang kemudian akan melintasi destinasi wisata alam sesuai potensi desa. Berkat acara ini, adrenalin para pelari meningkat saat melintasi jalur yang sulit. Selain itu, yang beruntung akan dapat membawa beberapa hadiah menarik yang ditawarkan oleh panitia penyelenggara.

“Ada beberapa hadiah utama yang disediakan yaitu 2 unit mobil Ayla, 1 unit track bike, 1 unit motor ATV, 10 unit super scootic. Jadi jangan sampai ketinggalan event besar yang akan menginspirasi kalian semua. jangan sampai ketinggalan. Ambil tantangannya, dapatkan hadiahnya,” kata Arief.

Kemudian, pada tanggal 27 November akan diadakan Batu Art Flower Carnival. Acara berlangsung di Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu. Dalam kegiatan ini, berbagai bunga warna-warni akan dieksplorasi dan dikreasikan agar terlihat seperti gaun.(der)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button