Berita Wisata

Pada tahun 2023, Hino berupaya memperkuat pangsa pasarnya dan meningkatkan layanan konsumen

Hino500 Series FM340TH ABS merupakan salah satu dari 6 varian Hino500 Ultimate Safety Series. Hino meluncurkan truk Hino500 Series di Jakarta pada 18 Januari 2023. (Foto: Vicky Rachman/SWA).

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) pada tahun 2023 berencana untuk membuka 2 unit depot suku cadang dan meningkatkan layanan pelanggan di bengkel Hino sepanjang waktu, sejalan dengan upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas terbaik dalam tugas (keunggulan layanan) kepada konsumen. Agen Pemilik Merek (APM) Hino juga mempertimbangkan untuk menyediakan fasilitas pelatihan pengemudi di depo HMSI. Rencana ini didasarkan pada penilaian Kompetisi Mengemudi Keselamatan Telematika Hino (HTSDC) Lot 2. Selain itu, Hino meluncurkan truk seri Hino500 untuk memperkuat pangsa pasar kendaraan niaga.

HTSDC adalah serangkaian inisiatif HMSI yang bertujuan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mengedukasi pengguna tentang keselamatan kendaraan. Senior Investigative Officer Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengapresiasi program berkelanjutan HMSI dalam memberikan layanan purna jual dengan mengedukasi konsumen tentang berkendara yang aman. “Kami mengamati upaya APM Commercial Vehicles, termasuk Hino, yang rajin mengedukasi para pengguna kendaraan niaga mengemudi Aman. Program ini menciptakan ekosistem kolaboratif antara pemerintah dan pembuat mobil untuk menjadi lebih baik kesadaran ini,” kata Ahmad saat dihubungi SWAonline di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Ini menggambarkan program keselamatan berkendara dilakukan oleh HMSI sesuai dengan rencana pelaksanaan program Guru Mengemudi yang akan diadakan pada tanggal 17 Februari 2023 di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, Jawa Barat. HTSCC dikelola oleh HMSI yang menawarkan berbagai fasilitas dan pelatihan antara lain area uji titik buta, teluk inspeksi, Berhenti & pergi, dan simulator yang kurikulumnya berdasarkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). “Melatih pengemudi kendaraan niaga merupakan upaya mitigasi risiko seperti yang dilakukan Hino di fasilitas HTSCC,” ujar Ahmad.

HMSI menawarkan berbagai kendaraan yang menyasar perusahaan perkebunan, pertambangan, logistik dan transportasi. HMSI yang didirikan pada tahun 1982 telah menjadi bagian integral dari pembangunan di berbagai sektor karena kendaraan utilitas Hino digunakan untuk mendukung pembangunan di berbagai sektor. Misalnya, pembangunan irigasi, bendungan, jembatan, bandara, pembangunan Jalan Lintas Sumatera, Jalan Raya Trans Jawa, Jalan Lintas Sulawesi dan Jalan Raya Trans Papua.

Hino telah menawarkan berbagai varian kendaraan utilitas selama 40 tahun bisnisnya di Indonesia. Tujuannya untuk mempercepat laju usaha bagi para pengusaha perkebunan, tambang, logistik, distribusi dan transportasi lainnya.

Untuk alasan ini, perusahaan berencana untuk memperluas jangkauan layanan pelanggan. Pada April 2023, HMSI akan membuka depot suku cadang di Ternate, Halmahera, dan Palembang di Sumatera Selatan pada Juli tahun ini. “Kami mengantisipasi momentum tren pertumbuhan komoditas bahan pokok, seperti nikel. Untuk itu, kami akan membuka depo di Halmahera yang dekat dengan lokasi penambangan nikel di Halmahera atau Sulawesi dan membuka depo di Palembang untuk mendukung pembangunan infrastruktur. , seperti pembangunan jalan tol di wilayah Sumatera,” kata Santiko Wardoyo. CEO HMSI di sela peluncuran truk Hino500 Series di Jakarta pada 18 Januari 2023.

Di masa mendatang, ketersediaan depo suku cadang di kedua lokasi akan membantu mengurangi biaya logistik dan meningkatkan efisiensi distribusi suku cadang untuk kendaraan niaga Hino. Anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) ini merencanakan waktu pengiriman suku cadang yang lebih cepat seiring dengan perluasan jangkauan depot suku cadang.

Manajemen Hino memaparkan penjualan truk Dutro di Jakarta, 18 Januari 2023. (Foto: Vicky Rachman/SWA).

Santiko menjabarkan rencana layanan purna jual HMSI pada 2023, yakni memberikan layanan selama 7 hari kerja di bengkel atau dealer Hino yang berlokasi di wilayah Sumatera hingga Jawa. Kawasan ini, menurut Santiko, menunjukkan pertumbuhan transportasi

Rencana ini disertai dengan program edukasi konsumen untuk memitigasi risiko mengemudi dan meningkatkan kecakapan pengemudi dalam teknologi dan fitur yang terpasang pada truk dan bus Hino. Tri Haryanto, Wakil Direktur Jenderal Reformasi Bisnis Divisi Telematika HMSI mengatakan, dampak dari HTSDC Batch 2 antara lain peningkatan indeks keselamatan operasional yang meningkat sebesar 37%.

Halaman selanjutnya

HTSDC Batch 2 dibuka sebagai…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button