Berita Wisata

Pantai adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Manokwari

Manokwari (ANTARA) – Kawasan pesisir, terutama di perkotaan, selalu menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, kata Imanuel Hasitongan Pangaribuan, Direktur Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Manokwari (Disparpora).

Imanuel Hasitongan Pangaribuan, di Manokwari, Kamis mengatakan, setidaknya ada tiga pantai yang diminati di perkotaan, yakni Pantai BLK, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Amban.

“Di luar perkotaan, ada Pantai Undi dan Pantai Sidey. Yang terakhir akan mulai pembangunan pada Januari 2023,” kata Pangaribuan.

Sementara itu, pengembangan pantai, kata dia, akan terus dilakukan secara kolaboratif dengan menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (RPO) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari, dimulai dengan perbaikan infrastruktur jalan dan pengembangan kawasan kuliner.

Khususnya di Sidey Beach, pihaknya terus mengembangkan tempat peristirahatan berupa belvedere atau pondok jerami untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan saat bersantai.

Dikatakannya, pendataan kebutuhan pengembangan infrastruktur wisata di pantai lain akan selalu dilakukan dengan mempertimbangkan wisata tepi laut yang menjadi primadona namun masih perlu ditingkatkan.

“Di Pantai BLK infrastrukturnya sudah memadai, tetapi kami terus mencari apa yang ditambahkan karena kami harus mengikuti tren dengan referensi bahwa para wisatawan ini sering pergi ke pantai mana sehingga seluruh pantai bisa seimbang jika dekat,” Pangaribuan menjelaskan.

Pemerintah daerah, kata Pangaribuan, sementara itu terus meningkatkan promosi pariwisata secara langsung dan tidak langsung kepada calon wisatawan dengan melibatkan masyarakat dan individu melalui “platform”.

“Kami aktif menjalin kerjasama dengan pelaku pariwisata seperti travel agent di Papua dan Indonesia yang sebelumnya membawa wisatawan ke Manokwari. Ada juga upaya promosi pariwisata melalui UMKM dan ‘influencer'”, ungkapnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button