Tempat Wisata

Pantai Baluk Rening, pantai pasir hitam dengan panorama alam yang mempesona di Jembrana

Pantai Baluk Rening, pantai pasir hitam dengan panorama alam yang mempesona di Jembrana

Pantai Baluk Rening merupakan wisata pantai yang wajib dikunjungi saat berada di Jembrana, Bali. Daya tarik yang mempesona membuatnya layak untuk dikunjungi!

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 08.00-17.00 WITA, Alamat: Baluk, Kec. Negara Bagian, Cab.Jembrana, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kunjungan ke Bali tidak lengkap tanpa bersantai di salah satu pantainya yang indah. Salah satu pantai yang terkenal dengan pesona keindahannya adalah Pantai Baluk Rening. Pantai ini terletak di daerah Jembrana, Bali.

Selain berada di lokasi yang strategis, daya tarik Baluk Rening membuat Baluk Rening selalu ramai pengunjung. Wisatawan lokal untuk wisatawan mancanegara selalu ramai dengan kunjungan pada hari biasa atau akhir pekan atau hari libur tertentu.

Berbagai macam aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan masyarakat setempat percaya bahwa Baluk Rening dapat membantu dalam pengobatan atau terapi rematik. Informasi tentang keunikan dan keistimewaan Baluk Rening bisa kamu temukan di sini!

Daya Tarik Pantai Baluk Rening

Objek wisata pantai Baluk ReningKredit foto: Google Maps Febrinatiyas Nugraheni

Baluk Rening merupakan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pesona tersendiri yang membuatnya cocok sebagai tujuan wisata.

1. Keindahan pantai yang mempesona

Ombaknya yang tidak terlalu besar berpadu dengan pasir hitam membuat Baluk Rening terlihat mempesona. Pepohonan di pinggir pantai juga membuat pantai ini semakin asri dan alami.

2. Pemandangan Gunung

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Baluk Rening tidak hanya menyuguhkan pemandangan laut lepas. Namun, pantai indah di Bali ini juga menyuguhkan pemandangan indah pegunungan yang bisa dilihat dari jauh.

Pemandangan yang mempesona ini merupakan deretan pegunungan yang ada di Jawa Timur. Sebaiknya datang ke pantai pada pagi hari agar pemandangan pegunungan Jawa Timur terlihat lebih jernih dan indah!

3. Terdapat tebing yang tinggi

Di bagian selatan pantai terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi yang menambah daya tarik pantai menawan ini. Tebing-tebing tinggi ini juga sangat cocok dijadikan latar foto untuk mengabadikan momen liburan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Baluk ReningSumber gambar: Google Maps sudi arianta

Pantai Baluk Rening terletak di Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Negara yang hanya berjarak 10km saja. Lokasinya kini sekitar 30 menit dari pelabuhan Gilimanuk.

Bagaimana menuju ke Baluk Swimming? Rute dari Pelabuhan Gilimanuk ke Baluk Rening adalah melalui Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Jalan Tambaksari, Jalan Merpati, Jalan Baluk dan kemudian lurus di Jalan Sahadena hingga sampai di pantai.

Jika Anda belum familiar dengan kawasan ini, sebaiknya gunakan Google Maps atau petunjuk arah lainnya untuk menuju Baluk Rening. Pantai indah di Jembrana ini dapat diakses melalui jalan yang mudah dengan sepeda motor atau mobil pribadi.

Biaya masuk ke objek wisata

Ingin mengunjungi Baluk Rening? Jika ingin berkunjung untuk menikmati keindahan pantai maka mampir saja kapan saja. Pantai Baluk Rening buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk tiket masuk.

Meski demikian, wisatawan tetap harus membayar biaya parkir kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Pelayanan tenang, biaya parkir di wisata pantai ini sangat murah dan terjangkau.

Aktivitas menarik di Pantai Baluk Rening

Aktivitas menarik di Pantai Baluk ReningSumber gambar: Google Maps Ketut Suparta

Selain menikmati keindahan pantai dengan ombaknya yang tenang, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan. Penasaran? Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat liburan di Pantai Baluk Rening, yaitu:

1. Menikmati keindahan sunset

Menikmati keindahan sunset memang menjadi momen yang bisa dinikmati saat liburan di pantai. Kegiatan menenangkan seperti ini juga bisa dilakukan saat berkunjung ke Baluk Rening.

Di sore hari, pantai yang menghadap ke barat menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Hembusan angin yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak pasti akan membuat suasana sore di pantai semakin menyejukkan hati dan pikiran.

2. Mainkan air

Wisata Pantai Baluk Rening tidak memiliki ombak yang terlalu besar sehingga cocok untuk bermain air laut. Kondisi ini juga menjadi salah satu alasan kenapa pantai ini cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

Anak-anak bisa bermain pasir di pantai sambil bermain di air yang takut terkena ombak besar. Namun, orang dewasa harus tetap mengawasi anak-anak di pantai dengan baik dan hati-hati.

Meski dikenal sebagai pantai dengan ombak yang tenang, ombak di tempat wisata ini juga cukup tinggi saat high season. Oleh karena itu, Anda harus tetap memperhatikan kondisi ombak dan ombak laut sebelum memutuskan untuk bermain air.

3. Terapi rematik

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Pantai Baluk Rening Bali memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan pantai lainnya. Di pantai berpasir hitam ini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil menjalani terapi rematik.

Terapi rematik di pantai ini dapat dilihat sebagai upaya untuk meredakan nyeri asam urat dan rematik. Bagaimana? Penduduk setempat percaya bahwa rematik dan asam urat bisa disembuhkan dengan mandi air laut di pantai ini.

Selain itu, terapi rematik di pantai juga bisa dilakukan dengan cara mengubur badan dengan pasir pantai. Setelah terapi rematik di pantai ini, badan terasa lebih segar dan sehat.

4. Wisata Kuliner

Berlibur belum lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas daerah tersebut. Maka dari itu, saat anda berkunjung ke Pantai Baluk Rening Jembrana, pastikan untuk menikmati wisata kulinernya. Banyak rumah makan atau rumah makan yang terletak di sepanjang tepi pantai.

Saat berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk mencoba aneka seafood dan makanan khas Bali. Nikmati juga es krim air kelapa segar sambil makan makanan laut yang lezat.

5. Berburu foto

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Baluk Rening adalah hunting foto yang estetik dan instagramable. Di sini wisatawan bisa mengambil foto sunset yang memukau, keindahan pegunungan Jawa Timur dari jauh, foto tebing tinggi dan lain sebagainya.

Gunakan berbagai atraksi Baluk Rening sebagai objek atau background foto. Foto estetik dan instagramable di Baluk Rening bisa diambil dengan kamera digital atau kamera smartphone.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pantai Pemandian BalukKredit foto: Google Maps Jack Wijaya

Wisata Baluk Rening memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Fasilitas apa saja yang ditawarkan? Jika Anda belum tahu, berikut beberapa fasilitas yang ada di Baluk Rening, yaitu:

  • kamar mandi atau toilet
  • toko masak dan restoran
  • Tempat parkir luas
  • zona tenang

Selain fasilitas tersebut, terdapat juga hotel dan penginapan di sekitar pantai. Akomodasi di dekat Pantai Baluk Rening menawarkan harga sewa yang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk dipesan jika ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama di Baluk Rening.

Beberapa hotel dan penginapan di sekitar Baluk Rening yaitu Hotel Bali Sunset, Jati Hotel, Candikusima Beach Villas & Sailing Adventure, Segara Urip dan Tanjung Sari.

Pantai Baluk Rening yang memiliki pasir hitam di Jembrana ini sangat cocok dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Di pagi hari Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan Jawa Timur yang indah, sedangkan di sore hari Anda bisa menyaksikan pesona sunset dari tepi pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button