Tempat Wisata

Pantai Banyu Tibo Pacitan – Tiket Masuk dan Spot Foto Terbaik 2023

Pantai Banyu Tibo merupakan kawasan pantai yang memiliki pesona surga yang hilang. Keindahan daerah ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu, tempat yang agak tersembunyi ini memiliki pesona pantai yang mempesona. Warna lautnya yang biru kehijauan mampu menghipnotis semua mata agar tidak berkedip sedetik pun.

Terkadang muncul pertanyaan di benak wisatawan. Apakah Pantai Banyu Tibo sebenarnya ada di Pacitan atau Wonogiri? Penasaran dengan jawabannya. Yuk, simak eksplorasinya di bawah ini.

Mengenal Pantai Banyutibo

Foto Pantai Banyu TiboFoto:

Sebelumnya, kami berbicara lebih jauh tentang area ini. Wisatawan juga harus mengetahui sejarah tempat ini. Sebuah cerita mengatakan bahwa daerah ini milik sebuah keluarga yang tinggal tidak jauh dari pantai.

Temukan keindahan daerah ini. Akhirnya keluarga besar ini pun sepakat untuk membangun dan membuka kawasan ini sebagai objek wisata andalan. Oleh karena itu jalan dibangun, meski hanya bisa seadanya. Karena administrasi dilakukan dari kekayaan pribadi keluarga.

Karena merupakan daerah perbatasan, pemerintah kurang memperhatikan daerah ini. Maka tak heran jika wisatawan yang datang ke sini diberikan fasilitas seadanya. Sadar, tapi cukup ramah. Baca juga: Wisata Pantai Baru Bantul dengan Pemandangan Indah.

Keindahan Pantai Banyutibo

Gambar dari pantai Banyu TiboFoto:

Dari segi keindahan, kawasan ini memang sangat sempurna. Ketika turis pertama kali datang ke sini. Wisatawan disuguhi pemandangan sungai yang indah. Sungai ini begitu jernih dan memberikan suasana pedesaan yang mengesankan.

Suasananya melodius dan santai. Ditambah angin sepoi-sepoi yang bertiup seperti melodi. Di sini sudah tersedia warung makan dengan menu yang menggoda lidah. Salah satu hidangan utama di toko ini adalah lobster mutiara. Dimana kita tahu bahwa induk mutiara adalah lobster yang paling enak.

Dari warung ini wisatawan bisa menikmati pesona Air Terjun Banyu Tibo dan juga Pantai Banyu Tibo. Kejernihan air terjun ini sangat mempesona. Perlu diketahui bahwa air sungai tersebut berasal dari sungai alami, lebih tepatnya dari mata air pegunungan.

Di sini terdapat sebuah jembatan yang bisa dijadikan spot selfie yang menarik. Sungai ini juga bisa dijadikan tempat pemandian. Airnya juga sangat menyegarkan. Baca juga: Obyek Wisata Pantai Depok yang Menjadi Ikon Wisata Baru Kabupaten Bantul.

Perpaduan alam yang sempurna

Alamat Pantai Banyu TiboFoto:

Setelah puas makan lobster dan menikmati es krim kelapa muda yang begitu menyegarkan. Saatnya kita menikmati keindahan pantai Banyu Tibo ini.

Hal unik dari kawasan ini adalah wisatawan dapat mengakses pantai dengan tangga. Dimana wisatawan harus membayar biaya sebesar 10.000 rupiah selain membuka kawasan ini.

Sebelum wisatawan menuruni tangga, mereka berdiri berdampingan dengan air terjun. Nah, tempat ini juga memiliki kolam yang bisa digunakan untuk berendam. Di bagian bawah, wisatawan bisa merasakan bahwa air terjun dan pantai ini adalah satu.

Pantai berpasir coklat adalah esoterisme lain yang bisa dirasakan di sini. Di pasir ini, cobalah untuk melihat sekeliling. Karang yang luar biasa mengelilingi area ini. Dan air terjun di tengahnya.

Apakah cukup hanya dengan menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo? Tunggu sebentar, jangan bergerak dulu. Wisatawan masih bisa menikmati keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan pantainya. Karang dengan beberapa ikan kecil menambah keajaiban kawasan ini.

Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling seharga 50.000 rupiah. Peralatan ini berstandar internasional. Jadi jangan takut untuk melakukan aktivitas snorkeling disini.

Ada juga homestay di kawasan ini di mana Anda bisa bersantai dari aktivitas berat di pantai ini. Dengan sedikit keberuntungan, wisatawan juga bisa menikmati sunset di antara bebatuan. Tempat melihat matahari terbenam tidak jauh dari tempat parkir.

Ayunan juga tersedia di lokasi ini untuk menikmati matahari terbenam. Bisa dibilang, tempat ini adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk wisatawan.

Selain itu, wisatawan mungkin lelah dan membawa beban yang berat. Tinggal di kawasan ini akan memberi Anda lebih banyak inspirasi. Simak juga ulasan tentang objek wisata Pantai Carocok yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Alamat dan lokasi pantai

Lokasi Pantai Banyu Tibo di PacitanFoto:

Sekarang mari kita jawab pertanyaan yang membuat semua pelancong penasaran. Dimana daerah ini? Dilihat dari alamatnya, Pantai Banyu Tibo berada di Kabupaten Pacitan. Tepatnya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Namun, cara termudah untuk mencapai kawasan ini adalah melalui Wonogiri. Karena seperti yang tertulis di atas. Daerah ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri.

Dan berada di jalur utama menuju Kabupaten Pacitan saat wisatawan berangkat dari Wonogiri. Baca juga: Destinasi Pantai Cermin Medan menawarkan banyak spot foto yang menarik.



Rute ke lokasi

Rute menuju Pantai Banyu Tibo PacitanFoto:

Oke saatnya menelusuri jalur pantai banyu tibo pacitan yang harus di lalui saat wisatawan memutuskan untuk keluar dari kota pacitan. Arahkan kendaraan ke Jalan Letjend S Parman lalu ke Jalan Nasional III.

Setelah jalan ini, belok ke arah Jalan Punung – Goa Gong. Kemudian menuju ke Jalan Punung Kalek. Hingga akhirnya kami tiba di pantai Banyu Tibo.

Bagi wisatawan yang datang dari Solo, jalur Solobaru kemudian menuju Sukoharjo harus ditempuh. Setelah melewati Sukoharjo, arahkan kendaraan menuju Wonogiri. Di pertigaan Wonogiri, belok kanan menuju Pracimantoro.

Lalu arahkan kendaraan ke Pantai Nampu. Sebelum sampai di Pantai Nampu, wisatawan sudah berada di perempatan. Ikuti petunjuk arah menuju Pantai Banyu Tibo. Nah, beberapa meter dari guide ini adalah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ikuti saja jalan setapak dan rambu-rambu yang tersebar sebagai panduan. Setelah sekitar 10 menit berjalan kaki, wisatawan mencapai pintu masuk pantai. Dari pintu masuk jalannya kurang bagus, berkelok-kelok dan agak sempit. Sekitar 20 menit dari sini, wisatawan akan sampai di tempat parkir pantai Banyu Tibo. Lihat juga pembahasan tempat wisata pantai Anyer di Banten.

Biaya masuk ke Pantai Banyutibo

Tiket masuk Pantai Banyu TiboFoto:

Berbicara mengenai harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo memang sedikit membingungkan. Karena sesampainya di sana, tidak ada penjaga. Hanya ada satu kota amal di mana wisatawan diwajibkan berdonasi untuk perawatan pantai dengan setulus-tulusnya.

Namun, ada kabar bahwa tiket masuk ke pantai Banyu Tibo terbaru harganya Rp 5.000 ditambah biaya parkir mobil Rp 5.000. Juga 4.000 rupiah untuk kendaraan bermotor. Seperti yang saya bilang, harga yang ditawarkan di kawasan ini tidaklah murah.

Anda juga harus tahu bahwa tiket masuk Pantai Banyu Tibo dapat berubah sewaktu-waktu.

Jangan lupa jika kawasan ini juga dijadikan tempat memancing. Sayangnya, tidak ada warung yang menyewakan peralatan memancing di kawasan ini. Oleh karena itu, wisatawan perlu membawa alat pancing sendiri dari rumah.

Pantai Banyu Tibo menjadi bukti bahwa pariwisata merupakan aset yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Dimana sebagian besar pengelola pantai adalah anggota taruna desa yang bekerja sama dengan warga lainnya. Jadi mari kita jaga kebersihan seluruh kawasan wisata di Indonesia. Dan jangan lupa datang ke Pantai Banyu Tibo Pacitan.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button