Tempat Wisata

Pantai Batu Biru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Batu Biru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Flores merupakan pulau dengan banyak destinasi wisata yang menarik. Seperti yang kita ketahui, di Flores juga terdapat keajaiban dunia Danau Tiga Warna. Selain itu banyak juga wisata pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah. Selama ini kita sudah mengetahui bahwa pasir pantai terdiri dari berbagai warna. Ada pantai hitam dan pantai putih.

Pantai Batu Biru Flores NTT

Di Flores sendiri terdapat pantai dengan bebatuan berwarna hijau. Orang menyebut pantai ini Batu Hijau Penggajawa. Pantai Penggajawa yang terletak di kecamatan Nangapanda ini memiliki pesona pantai yang indah mempesona dan menyejukkan mata. Pantai wisata yang indah ini sering disebut Blue Stone Beach.

Atraksi Pantai Blue Stone:

Pesisir Pantai Batu Biru sangat panjang. Dengan pasir putihnya, pantai Batu Biru terlihat sangat indah, karena di sepanjang pantainya terdapat bebatuan yang berwarna hijau. Bisa dibayangkan indahnya pemandangan pantai dengan air laut yang jernih. Kawasan sekitar pantai juga masih alami, sehingga bebatuan hijau yang luas di sepanjang bibir pantai menambah keindahan pantai yang tenang dan nyaman jauh dari hiruk pikuk kota.

Daya tarik pantai batu biru ini adalah bongkahan batu yang ada di bibir pantai. Bebatuan di pantai ini tidak hanya berwarna hijau tetapi ada juga yang berwarna biru, ungu, kuning, merah dan ada juga yang berlapis-lapis. Batu itu juga tidak hanya terdiri dari satu bentuk. Bentuk batuan banyak dijumpai di kawasan pantai ini, misalnya bentuk segitiga, persegi, bulat, dan juga lonjong.

Selain warna dan bentuk, ukuran bebatuan di kawasan Pantai Batu Biru juga bervariasi. Anda akan menemukan batu berbentuk lucu mulai dari ukuran kacang yang lucu hingga yang besar.

Menurut legenda, batu-batu di kawasan pantai ini konon berasal dari dasar laut yang kemudian tersapu ombak. Batu-batu indah itu akhirnya terdampar di pantai. Banyak juga penduduk pesisir yang bekerja sebagai penggali batu. Biasanya mereka mengurutkan batu berdasarkan warna, bentuk dan ukuran.

Batu-batu yang telah dipilah kemudian dikumpulkan dan dijual kepada pengepul. Meski batu-batu tersebut terlihat indah, unik dan menarik, namun masyarakat setempat menjual batu hasil galiannya dengan harga yang terjangkau. Untuk 1 kg batu biasanya harganya sekitar 25.000 sampai 30.000. Batu-batu unik ini biasanya tersedia di toko-toko konstruksi di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta.

Uniknya, batu-batu yang ada di pantai ini tidak pernah habis, meski terus menerus tertelan. Oleh karena itu, wisatawan yang belum mengunjungi tempat wisata menarik ini tidak perlu khawatir untuk memanjakan keindahan pantai Batu Biru.

Penduduk setempat mengambil batu dari pantai dengan cara tradisional. Mereka menggunakan tangan secara manual tanpa menggunakan scraper. Tentu saja, perjuangan mereka tampaknya tidak sebanding dengan harga yang diminta, tetapi itu tidak serta merta membuat penduduk setempat patah semangat.

Meski terdapat banyak batu karang dengan ukuran yang unik dan warna yang indah, namun tidak ada pedagang yang menjajakan souvenir dari batu karang tersebut di kawasan pantai ini. Siapapun yang ingin oleh-oleh pantai ini bisa mengambil batu dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan pribadi.

Menatap Perbukitan Yana di sebelah pantai, pengunjung bisa melihat batu-batu hijau yang menempel di tebing dengan sangat rapi. Bentuk dan warnanya sama persis dengan bebatuan yang ada di pantai. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan di sekitar pantai seakan membangkitkan rasa takjub yang luar biasa.

Tebing kapur berwarna hijau juga terbentang di sepanjang Pantai Batu Biru, menambah panorama pantai yang menakjubkan. Bukit ini dijadikan tempat yang nyaman untuk melihat dan menikmati keindahan pemandangan di sekitar pantai secara keseluruhan.

Perlengkapan Pantai Blue Stone:

Fasilitas yang memadai belum tersedia di kawasan wisata Pantai Batu Biru karena pantai hanya dikelola oleh masyarakat sekitar dan bukan oleh pemerintah.

Biaya masuk ke Pantai Batu Biru

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Batu Biru:

Lokasi dan Rute Pantai Batu Biru :

Pantai Batu Biru terletak di Penggajawa, Nangapanda, Kabupaten Akhir, Nusa Tenggara Timur.

Untuk menuju tempat wisata pantai ini, Anda bisa menempuh rute dari pusat kota Ende dengan jarak tempuh sekitar 20 km menuju Pantai Batu Biru. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Jika Anda bepergian dengan transportasi umum, Anda dapat pergi ke Terminal Nao dan berganti kereta di sana di Nanga Panda. Kemudian Anda dapat meminta kondektur untuk menurunkan Anda di pantai Batu Biru karena jalur transportasinya berada di sepanjang pantai.

Pantai Batu Biru menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan air laut yang jernih. Wisata alam di Nusa Tenggara Timur sangat cocok untuk menemani liburan anda bersama teman, saudara dan keluarga tercinta. Biasanya pengunjung selalu mengoleksi kerang saat berkunjung ke pantai, namun di pantai ini Anda bisa membawa pulang bebatuan unik dengan bentuk, ukuran dan warna yang menarik.

Lautnya sangat jernih dan dapat memantulkan indahnya warna bebatuan yang ada di dalamnya. Pengunjung yang datang saat cuaca cerah bisa melihat perbukitan Ende dan pulau-pulau di seberang lautan. Pesona keindahan alam memang bisa menyegarkan pikiran dan membuat hati lebih tentram.

Peta Pantai Batu Biru

Tips Berkunjung ke Pantai Batu Biru

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Batu Birux lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Batu Biru adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Batu Biru bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Batu Biru.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Pantai Batu Biru.

Galeri Foto Pantai Batu Biru

Pantai batu biruPantai Batu Biru Sumber: instagram.com/ntt_dmcPantai batu biruPantai Batu Biru Sumber : instagram.com/wandatravelaPantai batu biruPantai Batu Biru Sumber: Pantai Batu BiruSelamat datang di Pantai BluestonePantai dengan bebatuan berwarnaSepanjang pantai dengan jipBatu berwarna di pantaiPesona Pantai Batu Biru

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button