Berita Wisata

Pantai Gesing Bakal Bangun Pelabuhan, Bagaimana Nasib Pariwisata? : Perjalanan okezone

PEMERINTAH Kabupaten Gunungkidul (Pemkab), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terkait kelanjutan pengelolaan objek wisata Pantai Gesing yang saat ini sedang dibangun sebagai pangkalan pendaratan ikan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan, Pantai Gesing di kawasan Bolang Padukuhan, Desa Girikarto sedang dibangun Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), sehingga wisatawan tidak bisa menikmati pantai di beberapa tempat.

“Rencananya seluruh kawasan Pantai Gesing dijadikan pelabuhan. Saat ini sedang dibangun pelabuhan, untuk proses provinsi,” kata Arif.

Infografis Wisata Favorit Yogyakarta

Menurutnya, ke depan pengelolaan Pantai Gesing perlu didiskusikan lebih lanjut dengan pemerintah daerah DIY, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Soal pengaturan pengelolaan, kita kembali perlu berkoordinasi dengan Pemda DIY,” kata Arif.

Seperti diketahui, saat ini kawasan Pantai Gesing yang mengelilinginya berkembang berbagai objek wisata, mulai dari Teras Kaca, hingga Heha Ocean View atau sering disebut kawasan wisata Girikarto.

Sebelum pelabuhan dibangun, pengunjung bisa mengabadikan momen nelayan melaut atau baru kembali dari tebing. Plus, memotret garis-garis alami di tebing-tebing eksotis.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan pada tahun 2022, pembangunan PPI Gesing memasuki tahap I. Pembangunan PPI Gesing tahap I dibangun di atas lahan seluas 54.445 meter persegi yang terdiri dari 46.445 meter persegi tanah milik Daerah DIY. Tanah Pemerintahan dan Kesultanan atau Sultan Ground (SG) yang terletak di Pantai Gesing dengan luas 8.000 meter persegi.

“Pembinaan PPI sepenuhnya dilakukan oleh Pemda DIY. Harapannya PPI dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan di wilayah Gunungkidul,” harapnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button