Tempat Wisata

Pantai Goa China Malang, sebuah properti wisata alam yang mempesona

Pantai Goa Cina – Wajar jika Malang mendapat julukan sebagai kota wisata. Banyak sekali wisata yang bisa kita temukan di Malang. Beberapa waktu lalu kita telah membahas berbagai tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Artikel terkait: 28 tempat wisata di Batu Malang yang wajib dikunjungi

Malang Raya tidak hanya terkenal dengan apelnya yang mendunia, tapi juga terkenal dengan pantainya yang unik dan indah yang sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk wisata pantai bisa kita jumpai di Malang ada sebuah pantai bernama Pantai Goa Cina.

Meski namanya China, sebenarnya pantai ini milik Indonesia. Jika kata pepatah, apa arti sebuah nama? Namun, arti nama itu sangat penting.

Wisata Pantai Goa China Malang

Keindahan Pantai Goa ChinaKeindahan Pantai Goa China

Nah, kali ini Tempat wisata yang menarik mengajak anda berlibur untuk melihat lebih dekat pantai yang memiliki keindahan dan pesona yang akan memikat semua orang. Bagaimana keindahan pantai ini? Mari kita lihat uraian berikut ini:

Lokasi Pantai Goa China Malang

Kita mulai dari tempat dulu. Pantai yang menawarkan pemandangan alam yang sangat bagus ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota sekitar 75 km dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam lebih untuk mencapai pantai ini.

Sejarah Pariwisata di Goa China

Pantai ini dulunya bernama Pantai Rowo Indah. Namun, Konon Pantai Rowo Indah berganti nama menjadi Goa China akibat meninggalnya seorang warga China yang terkurung di sebuah gua di pesisir pantai. Dan terakhir, nama wisata Goa China ini masih akrab di telinga wisatawan hingga saat ini.

Fasilitas wisata di Goa China

Kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan antara lain berkemah, berenang dan juga terdapat beberapa goa di kawasan pantai. Untuk berenang, sangat disarankan untuk tidak berenang di sini karena ombak di pantai Goa China menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga ombak di sini besar dan bergulung-gulung seram.

Tempat Wisata di Malang Sejak pertama kali dikenal di kotamadya, pantai ini juga dijadikan bumi perkemahan nasional, yang juga memiliki lahan yang luas dan memiliki pesona pemandangan yang sangat eksotis.

Ada beberapa warung di Wisata Pantai Goa China yang menjual banyak minuman dan makanan ringan yang menunjang perut. Untuk makanan berat, hanya beberapa menu yang dijual di sini.

Tetapi jika Anda adalah orang yang tidak nyaman dengan satu atau dua menu yang mungkin tidak menarik bagi Anda, lebih aman membawa makan siang sendiri. Tersedia juga toilet yang cukup banyak. Tempat parkir disini juga luas.

Keindahan Pantai Goa Chinakeindahan pantai

jalan ke pantai

Dari Kota Malang, Anda bisa langsung menuju ke Gadang. Nantinya sesampainya di pertigaan Gadang, Anda bisa mengikuti penunjuk arah Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sitiarjo kemudian ikuti arah Pantai Sendang Biru. Sesampainya di pertigaan Sendang Biru, Anda bisa mengambil arah kanan menuju Pantai Goa China.

Selain itu, wisatawan juga bisa ke Pantai Goa Cina ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Pantai Bajulmati, Desa Gayearejo, Kecamatan Gedangan menuju Pantai Goa Cina hanya dalam waktu sekitar 15 menit karena jarak kedua pantai tersebut hanya berjarak tidak lebih dari 7 km.

Aksesnya sangat mudah karena melewati jalan aspal lingkar selatan yang mulus. Dan tempat wisata Malang Selatan ini tidak terlalu sulit ditemukan karena terdapat petunjuk arah dan rambu-rambu yang mengarahkan pengunjung ke tempat wisata malang ini namun harus berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada di atas tebing.

Sebelum memasuki pantai Goa China, kita akan melewati Jembatan Bajulmati yang berada di atas laut. Sekitar satu kilometer di sebelah timur jembatan merupakan pintu masuk ke Pantai Goa China.

Sayangnya, akses dari jalan utama menuju Wisata Pantai Malang Selatan cukup sulit, sekitar 500 meter jalan rusak parah. Jalannya sebenarnya cukup lebar tapi karena jalannya kasar dan banyak bebatuan kapur. Apalagi saat hujan, jalanan cukup lembek dan licin.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa China

Oh iya, untuk lebih mengembangkan objek wisata pantai ini, setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan ditawari tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang dengan biaya parkir roda dua sebesar 5.000 rupiah dan roda empat sebesar 7.000 rupiah.

Anda juga bisa menikmati pantai ini sepuasnya dengan harga tiket masuk. Disini anda akan melihat pesona alam pantai yang sungguh indah.

keunikan pantai

Pantai goa cina ini memiliki keunikan tersendiri, pantai ini memiliki ombak liar khas pantai yang berhadapan langsung dengan samudra hindia.

Namun ada yang spesial dari salah satu pantai malang selatan ini, meskipun terletak di bagian selatan pulau jawa, kita bisa menikmatinya dari pantai ini. matahari terbit. Pokoknya lumayan badai, apalagi kalau lagi masak-memasak di pantai ini sampai pagi.

Sunrise Goa China Beach di atas Bisnis KiniSunrise melalui Bisnis Sekarang

Daya tarik lain dari pantai ini adalah gelombang laut yang bergoyang dari tiga arah yaitu selatan, timur dan barat. Arus gelombang bertabrakan antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus ombak yang begitu kuat, membuat gemuruh yang sangat keras.

Sebenarnya kawasan pantai ini tidak begitu luas, namun dengan adanya tiga pulau yang berada di tengah pantai membuat pemandangan semakin indah. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Dan di pantai ini terlihat sangat bagus, pepohonan dari berbagai jenis tampak berjejer rapi di area pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, terutama di sepanjang bibir pantai yang cukup jelas untuk melihat bebatuan.

Mari kunjungi juga: 76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Goa Cina

Seperti yang telah disebutkan di atas, asal muasal nama pantai gua cina ini tidak terlepas dari pertapa cina yang meninggal di gua sekitar pantai.

Nah, di sisi kanan pantai ini terdapat sebuah goa, untuk menuju goa tersebut anda harus menaiki batu karang yang tidak terlalu tinggi. Di samping jalan menuju Goa terdapat spanduk yang menjelaskan legenda Goa China dan menyebutkan seorang pertapa dari China yang bertapa di dalam gua selama bertahun-tahun dan akhirnya meninggal.

Gua tersebut hanyalah sebuah rongga yang menjorok sekitar 7-8 meter dengan ketinggian 2 meter. Harus disebut Goa, di dalamnya tidak terdapat batu stalagtit atau stalagmit, yaitu batu yang menonjol tajam dari atas goa atau sisi-sisinya. Goa ini lebih tepatnya disebut Cave in the Rock. Dari bibir gua menuju pantai, pengunjung dapat melihat garis pantai dan juga karang yang terlihat dari air laut yang jernih.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan kepada Anda Pantai Goa Cina. Selamat Berlibur di kota wisata Malang dan semoga bermanfaat informasinya.

Juga jangan lewatkan: Daya tarik Taman Selecta Batu Malang yang menawan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button