Tempat Wisata

Pantai Kedung Tumpang, pantai yang indah mempesona dan karang yang eksotis di Tulungagung

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Kedung Tumpang adalah sebuah pantai yang indah di sebelah timur pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Tulungagung. Pantai ini terdiri dari gugusan karang dengan beberapa laguna atau kolam yang terbentuk secara alami oleh proses alam.

Pantai ini memiliki banyak sekali keindahan yang membuat wisatawan datang kesana. Bentuk lagunanya sangat mempesona, airnya jernih dan bersih sehingga kita bisa berenang di dalamnya, terumbu karangnya yang penuh dengan lumut hijau dan masih banyak lagi keindahan lain yang ada disana.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang menunjang aktivitas wisatawan. Meski mengaksesnya cukup sulit, semua usaha kita untuk menuju kesana terbayar dengan keindahan yang ada disana.

Atraksi Pantai Kedung Tumpang

Atraksi Pantai Kedung TumpangKredit Foto: Google Maps Johan Nur Cahyo

Tidak hanya Lombok dan Bali, pulau Jawa juga memiliki banyak destinasi pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Kedung Tumpang salah satunya. Pulau ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di sana. Tentu saja, khususnya bagi para pecinta foto, pantai cantik ini bisa menawarkan sisi menarik dan keunikan tersendiri.

1. Bentuk Pantai

Salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini adalah bentuk pantainya yang terbentuk oleh gugusan karang yang disebut multiple pools atau lebih sering disebut laguna, terbentuk secara alami karena proses alam.

2. Karang

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah karangnya. Tersebar di pantai ini adalah karang laut besar yang dapat menahan deburan ombak pantai yang cepat. Terletak dekat dengan pantai, karang ini sangat menawan dengan kolam air biru jernih di dalamnya.

3. tebing

Ada juga tebing tinggi di Pantai Kedung Tumpang yang sangat menantang namun tetap bisa didaki oleh wisatawan. Saat kita kesana, jangan lupa untuk menikmati sensasi melihat keindahan pantai dari atas tebing. Jika kita ingin mendaki tebing, pastikan menggunakan sepatu dan pakaian yang dapat mendukung kita untuk mendaki tebing karena medan disana cukup menantang dan juga terjal.

4. Tempat foto

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Kedung TumpangSumber gambar: Google Maps Sigit Noviantono

Banyaknya keindahan alam yang ada dapat kita manfaatkan sebagai objek foto. Seperti berfoto di laguna yang indah di sana, tebing yang menjulang tinggi dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan spot foto menarik.

5. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menarik

Melihat keindahan dari matahari terbit hingga terbenam menjadi tujuan utama sebagian wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Bagaimana tidak, bagi kami pantai adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Sama seperti Pantai Kedung Tumpang, bedanya dengan tempat lain, kita bisa menikmati sensasi melihat indahnya matahari terbit dan terbenam yang memesona langsung dari atas tebing.

6. Ada beberapa kolam alami

Ada beberapa kolam yang terbentuk secara alami. Letaknya di permukaan karang atau biasa disebut dengan laguna. Air yang memiliki warna hijau semu ini berwarna biru dengan nuansa kuning jika kita melihatnya dari atas tebing pada waktu-waktu tertentu. Bentuk laguna yang berbeda dan tidak beraturan menjadikan daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Kedung TumpangSumber gambar: Google Maps Alexandra ca

Pantai Kedung Tumpang terletak di Jawa Timur, Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Pacunglaba, Desa Pacunglaba, Jawa Timur. Akses menuju pantai ini cukup sulit dan rumit, seiring dengan jalannya yang terjal masih belum mulus.

Kita lebih mudah menuju Panjerejo melalui Jalan Pesantren menuju Jalan Kalidawir lalu belok kiri. Saat kita menemukan rumah sakit di persimpangan, ikuti saja jalan lurus sekitar 2 kilometer lalu belok kanan melewati pom bensin di sisi kiri jalan.

Perjalanan dilanjutkan sekitar 1,5 kilometer menuju Jalan Demuk. Kami melewati jalan yang berkelok-kelok dengan medan dan tanjakan yang cukup curam. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sekitar 21 kilometer dan ikuti petunjuk yang ada di area tersebut. Nanti kita sampai di tempat parkir dan akhirnya tinggal jalan kaki saja untuk sampai ke tujuan.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai Kedung TumpangSumber gambar: Google Maps Antonius Joseph

Jika kita pergi ke sana pada hari kerja kita bisa masuk tanpa biaya karena tidak ada penjaga di sana. Namun, jika kita pergi ke sana pada akhir pekan atau hari libur, kita akan dikenakan biaya parkir dan tiket masuk karena ada petugas yang bertugas di sana.

Untuk tiket masuknya sendiri kita harus membayar 5.000 rupiah per orang. Sedangkan harga parkirnya berbeda. Untuk motor sendiri kita harus membayar Rp 3.000 sedangkan untuk mobil kita harus membayar Rp 5.000.

Pantai ini memiliki manajemen yang buruk, sehingga penjaga yang menjaganya tidak dijaga setiap hari, hanya pada hari libur atau akhir pekan. Jadi pengunjung bisa pergi ke sana dengan bebas di hari kerja tanpa membayar.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kedung Tumpang

Aktivitas di Pantai Kedung TumpangSumber Gambar: Google Maps Sentot Alibasah

1. Nikmati pemandangan pantai

Tentunya salah satu hal yang menarik untuk dilakukan saat kita berkunjung ke pantai ini adalah menikmati keindahan alamnya. Selain itu, pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak bisa kita dapatkan di pantai lain.

Banyak sekali tebing-tebing tinggi yang bisa kita panjat untuk melihat keindahan pantai saat sunset dan sunrise. Karang, beberapa laguna, air laut yang jernih dan masih banyak lagi.

2. Ambil foto

Rugi rasanya jika kita hanya pergi ke sana untuk melihat pemandangan tapi tidak mengabadikannya di kamera. Karena pemandangan yang indah ada sayang jika tidak diabadikan dengan lensa kamera.

3. Berenang

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kedung TumpangKredit foto: Google Maps candra wijaya

Hal menarik berikutnya yang tidak boleh kita lewatkan saat mengunjungi Pantai Kedung Tumpang adalah berenang. Di Kedung Tumpang kita bisa berenang di kolam alami atau di laguna. Kita akan merasa seperti berenang di kolam renang pribadi dengan pemandangan laut lepas yang indah.

Namun, kita hanya diperbolehkan berenang saat air sedang surut, yaitu saat masih pagi, jika tidak kita tidak diperbolehkan berenang.

4. Bersantai

Selain menikmati pemandangan alam, pantai yang indah ini memang menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan, suasana tenang dan damai, serta sejuknya udara dan semilir angin pantai tentunya menjadi kombinasi yang tepat untuk kita bersantai, melepas penat dari keseharian kita.

Akomodasi di sekitar

Akomodasi di dekat Pantai Kedung TumpangKredit Foto: Google Maps OYO Life 2508 Alba Suites Homestay

1. Homestay Pak Kentong

Salah satu penginapan di dekat Pantai Kedung Tumpang, yang pertama adalah Homestay Pak Kentong, banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di sana karena akomodasi yang layak dan nyaman. Bangunan penginapan ini berdesain modern, tempat parkir cukup luas dan harga tidak terlalu memberatkan.

2. Keluarga angkat Bu Efy

Penginapan ini sangat direkomendasikan untuk wisatawan dengan keluarga kecil karena daya tampung yang ada dan fasilitas yang memadai. Jika ingin menginap di sana, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 per malam. Tempat menginap yang sangat direkomendasikan, harga terjangkau, tidak membebani kantong kami.

3. Homestay Alba Suites

Penginapan terakhir yang direkomendasikan adalah Alba Suites. Penginapan ini terkenal dengan akomodasinya yang bersih dengan biaya sewa yang terjangkau. Kita hanya perlu membayar tarif sewa Rp 150.000 per malam ditambah biaya Rp 75.000 untuk extra bed. Selain harga yang cukup bersahabat, fasilitas yang diberikan juga masuk akal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Kedung TumpangKredit foto: Google Maps Jaim-Production.com

Tentunya sebagai tempat wisata keberadaan fasilitas sangat penting untuk menunjang kegiatan wisata. Begitu juga fasilitas di Pantai Kedung Tumpang, sayangnya karena pengelolaan pantai ini kurang baik, fasilitasnya juga terbatas.

Ada beberapa fasilitas umum dan beberapa fasilitas pendukung di pantai ini. Hanya ada beberapa warung makan, tempat parkir dan toilet di fasilitas umum. Ada juga tempat duduk, tapi tidak terlalu banyak. Beberapa spot foto dan objek foto tersedia sebagai fasilitas pendukung.

Seperti beberapa kolam yang dibuat dengan proses alami atau biasa disebut laguna, tebing-tebing tinggi yang bisa kita semua manfaatkan sebagai peluang foto yang indah. Dan ada perlengkapan keselamatan bagi wisatawan yang ingin mendaki tebing.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung. Indahnya pemandangan alam yang ada disana, banyak spot foto dan objek foto, serta suasana yang tenang dan damai tentunya menjadi tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Memang jalur yang dilalui cukup sulit, namun semuanya terbayar dengan indahnya pemandangan alam yang ada.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button