Tempat Wisata

Pantai Kilang Mandiri, tempat favorit menyaksikan indahnya matahari terbenam di Balikpapan

Pantai Kilang Mandiri, tempat favorit menyaksikan indahnya matahari terbenam di Balikpapan

Apakah Anda sedang merencanakan liburan? Pantai Kilang Mandiri Hotel yang berlokasi di Balikpapan Selatan ini bisa direkomendasikan pantai terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Map: Periksa lokasinya

Kota Balikpapan bagian selatan mempunyai destinasi wisata alam menarik bernama Pantai Kilang Mandiri. Jarak menuju Pelabuhan Semayang sangat dekat, wisatawan hanya perlu berkendara 5 menit saja. Pantai cantik ini mempunyai begitu banyak keindahan yang ditawarkan sehingga wajar jika selalu ramai pengunjung.

Pantai ini sudah lama dikenal dengan pasir putihnya yang sangat halus, namun kemudian ditambahkan fasilitas disekitarnya juga karung kacang. Saat malam tiba, wisatawan akan dibuat takjub dengan kerlap-kerlip lampu seperti di pantai-pantai kota Bali. Meski banyak eksotisme yang ditawarkan, namun harga tiket ke pantai ini sebenarnya cukup murah.

Dengan tiket masuk yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keajaiban pantai ini dan menemukan kesegaran serta kedamaian bersama keluarga tercinta. Areanya sangat luas dan bisa menjadi tempat menarik bagi anak-anak untuk bermain dan berlarian. Orang tua juga bisa duduk-duduk di pinggir pantai dan menghirup udara segar.

Daya Tarik Pantai Kilang Mandiri

Objek wisata: Pantai Kilang MandiriFoto oleh Muhammad Tahir / Google Maps

Wisatawan yang menginap di luar kota Balikpapan biasanya akan berpikir dua kali untuk berlibur di pantai ini. Selain jaraknya yang sangat jauh, wisatawan juga masih meragukan keindahan pantai tersebut merupakan hal yang lumrah. Namun perlu anda ketahui bahwa setiap tempat wisata mempunyai beragam daya tarik yang membuat pengunjungnya betah dan nyaman.

✦ Memiliki garis pasir putih yang lembut

Tentunya jika Anda berencana menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga, Pantai Kilang bisa menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Pantainya berpasir putih dan teksturnya sangat lembut. Maka tak heran jika banyak anak yang suka membuat istana pasir di sini. Seperti apa kondisi lautnya?

Meski warnanya tidak selalu cerah akibat polusi dari operasi kilang minyak, namun laut di sini memiliki ombak yang tenang. Pengunjung juga diimbau untuk tidak berenang di laut karena takut terkena cipratan minyak. Biasanya wisatawan lebih memilih bersantai di pasir putih yang lembut.

✦ Matahari terbenam yang indah dan mempesona

Pantai Kilang Mandiri memang tidak menghadap ke barat, namun wisatawan tetap bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan mempesona. Apalagi jika Anda berkunjung ke pantai ini saat musim hujan, pemandangan matahari terbenamnya akan lebih bagus lagi. Hal ini bisa terjadi karena matahari tidak miring sepenuhnya ke selatan saat musim hujan.

Para pengamat senja biasanya duduk-duduk di tepi pantai pada sore hari lalu menghabiskan waktu nongkrong dan menyantap jajanan. Saat senja, pantai ini diterangi oleh lampu-lampu di sekitarnya. Kelap-kelip lampu yang indah membuat suasana senja semakin mempesona sehingga banyak orang yang mengabadikannya.

✦ Dapat melihat helikopter dan kapal yang berkeliaran

Jarak menuju Pelabuhan Semayang cukup dekat sehingga wisatawan bisa melihat banyak kapal tongkang yang lalu lalang di laut. Selain itu, Pantai Kilang Mandiri digunakan sebagai jalur perahu dari Pare-Pare menuju Nunukan. Beberapa kapal tongkang Pantoloan dalam perjalanan menuju Balikpapan juga kerap melewati jalur pantai tersebut setiap harinya.

Selain melihat tongkang berkeliaran, wisatawan juga bisa melihat helikopter terbang cukup rendah. Mengapa banyak pesawat terbang rendah? Hal ini disebabkan adanya pantai di sebelah helipad Pertamina Balikpapan. Pengunjung belum tentu mengalami momen seperti ini saat berlibur di pantai lain.

✦ Ya karung kacang dan payung berwarna-warni

Pantai eksotik ini mendapat julukan “La Pancha a la Balikpapan” karena fasilitas yang ditawarkan di sana cukup menarik. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut karung kacang yang berjejer rapi di pinggir pantai. Di sekitar area tersebut karung kacangTerdapat payung warna-warni yang memberikan nuansa serupa pada pantai Seminyak di Bali.

Pantai Kilang Mandiri juga memiliki gubuk atau pendopo terbuka dengan kursi-kursi sehingga pengunjung bisa berteduh dengan santai. Pengunjung mempunyai kesempatan untuk bersantai karung kacang, berbaring di gubuk atau duduk di atas pasir putih yang lembut. Pantai ini menawarkan suasana yang sangat menyenangkan, sehingga terkadang orang bahkan tidak menyadari bahwa dirinya sedang tertidur.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Kilang MandiriFoto oleh Sasmita Pratiwi / Google Maps

Pantai indah ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Akses menuju pantai ini bisa dikatakan cukup strategis, apalagi kawasannya berada di tengah kota. Di dekatnya juga terdapat pantai lain seperti Pantai Adhi Pradana, Pantai Kemala, Pantai Menpora dan lain-lain.

Dari Pelabuhan Semayang Anda bisa langsung menuju ke selatan menuju Jl Yos Sudarso. Lanjutkan menuju Jenderal Sudirman hingga menemukan Lapangan Merdeka. Setelah melewati Monumen Australia, jalan lurus sejauh 40 meter lalu belok kanan. Di sini wisatawan bisa mendapatkan petunjuk arah menuju pantai berpasir putih yang lembut.

Sebelum wisatawan bisa menikmati suasana pantai eksotik ini, mereka harus membayar tiket sebesar Rp 10.000, khusus untuk usia 12 tahun ke atas. Pada akhir pekan, tiket masuk Pantai Kilang naik menjadi Rp 20.000 dan pengunjung mendapat bonus air mineral 200 ml. Tidak ada biaya masuk untuk anak-anak hingga usia 12 tahun.

Kegiatan yang menarik

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Kilang MandiriFoto oleh Benny Lie / Google Maps

Setelah mengetahui itinerary, tiket masuk, dan daya tarik pantai indah ini, wisatawan pasti penasaran dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur.

1. Menikmati pemandangan matahari terbenam yang mempesona

Kebanyakan pengunjung datang ke pantai indah ini sekitar pukul 16.30 untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Biasanya banyak kapal tongkang dan pesawat yang melintas di saat ini, membuat momen tersebut semakin berkesan.

2. Anda bisa nongkrong di kafe

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan Pantai Kilang Mandiri, namun juga menikmati menu-menu di kafe-kafe terdekat. Menu yang ditawarkan di kafe biasanya terdiri dari kopi, minuman segar, makanan ringan dan lain-lain. Penduduk setempat umumnya menghabiskan waktu mengobrol sambil menikmati matahari terbenam di tepi pantai.

3. Bangun istana pasir

Tekstur pantainya yang lembut dan berpasir putih memudahkan anak-anak membuat istana pasir berukuran besar. Kegiatan seperti ini tentunya akan mendorong kemampuan kreatif anak dalam membentuk benda, berinteraksi dengan orang lain bahkan bertemu dengan orang baru disekitarnya. Cukup mengasyikkan, bukan?

4. Santai karung kacang

Saat menyelesaikan kontrak karung kacangbiasanya setiap pengunjung mendapat dua karung kacang lengkap dengan payung. Anda mungkin ingin mencoba menghabiskan waktu secara pribadi dengan mengobrol, bermesraan, atau Waktu berkualitas Sangat disarankan untuk menyewa fasilitas ini.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas di Pantai Kilang MandiriFoto oleh Muhammad Tahir / Google Maps

Meski tiket masuk pantai ini terbilang sangat murah, namun pengunjung tetap bisa memanfaatkan fasilitas pendukung yang memadai. Di pantai yang mempesona ini wisatawan akan menemukan tempat parkir yang luas, toilet umum, cafe, musala, tempat sampah dan juga beberapa kamar mandi.

Pantai Kilang Mandiri merupakan destinasi wisata budget namun fasilitasnya cukup lengkap. Di sana wisatawan bisa menikmati pantai berpasir putih lembut, pesona indahnya matahari terbenam, dan berbagai aktivitas menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button