Tempat Wisata

Pantai Koka, pesona pantai indah yang diapit dua bukit eksotis di Flores

Pantai Koka di Flores memberikan kejutan dengan pesonanya yang indah, diapit oleh dua bukit yang eksotis dan keberadaan bunker Jepang semakin menambah pesonanya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Wolowiro, Kec. Paga, Kab.Sikka, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak pulau. Rangkaian pulau ini membentuk gugusan yang indah. Meski Indonesia merupakan negara tropis, namun wilayah pesisirnya begitu eksotik. Salah satu provinsi di kawasan timur Indonesia yang memiliki potensi bahari yang luar biasa adalah Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda sedang bermain-main di NTT, berkunjung ke Pantai Koka Flores atau Pantai Koka tidak ada salahnya. Bibi ini belum banyak dijamah wisatawan sehingga keasliannya masih sangat terjaga.

Bagi pengunjung yang mencari foto Instagram, pantai ini bisa menjadi rekomendasi destinasi liburan seru di Flores, NTT. Jika penasaran, yuk langsung saja simak objek wisata Pantai Koka berikut ini.

Daya Tarik Pantai Koka

Atraksi lainnya dari Pantai Koka Floresfoto dari Kenangan perjalanan di Twitter

Pantai melengkung

Dilihat dari ketinggian atau dengan alat pengawasan drone, Pantai Koka memiliki bentuk melengkung seperti angka 3. Pemandangan dari ketinggian ini indah tidak hanya dari sisi pantainya saja namun juga hamparan hijau di perbukitan.

Tersembunyi di antara dua bukit

Dijuluki “pantai tersembunyi” bukan hanya karena masih sepi dan belum banyak di ekspor, tentunya pantai ini juga diapit oleh dua bukit bernama Bukit Ndata Sare dan Bukit Rodja.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ombak pantai yang tinggi

Hobinya adalah berselancar atau surfing. Pantai Koka bisa banget kamu datangi, karena di sana terdapat ombak yang tingginya mencapai 1,5 meter. Tingginya ombak yang diperparah dengan adanya tebing-tebing di pinggir pantai dapat merangsang semangat untuk berselancar.

Pasir pantainya putih

Pantai eksotis ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah berpadu dengan indahnya pantai berpasir putih di tepiannya. Warna biru air lautnya ditambah dengan eksotisme terumbu karang yang terlihat dari bawah merupakan kombinasi yang pantas mendapat kata WOW.

Melihat keindahan terumbu karang

Keindahan alam bawah laut pantai mempesona di Flores ini patut diacungi jempol. Air lautnya yang jernih memberikan kemudahan akses menuju terumbu karang yang ada di dalamnya. Untuk lebih puas dan menikmati keindahan terumbu karang, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Ada bunker budaya Jepang

Bukti sejarah bangsa Indonesia juga bisa ditemukan di kawasan Pantai Koka, tepat di kaki Bukit Ndate Sare. Bunker peninggalan tentara Jepang pada Perang Dunia II ini memiliki kedalaman sekitar 50 meter. Di dalamnya ada tank dan senjata.

Ada Gua Batu di Bukit Rodja

Ada Batu Caves di Bukit Rodja. Masyarakat setempat menyebut gua batu ini Lia Wio dengan kedalaman gua yang mencapai 500 meter. Di dalam gua, langit dan dinding dilestarikan dengan ornamen alam yang menakjubkan. Untuk mengunjungi gua tersebut, wisatawan harus menunggu saat air laut sedang surut.

Matahari terbenam yang menakjubkan

Pantai di kawasan timur Indonesia ini menarik karena keindahan matahari terbenamnya. Setiap hari, matahari terbenam menjadi momen yang paling dinantikan pengunjung. Suasana romantis berupa langit jingga yang lama kelamaan berubah menjadi suasana gelap.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Koka Floresfoto dari Gumilang RA di Twitter

Alamat Pantai Koka Flores berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pantai indah dengan pesona bawah lautnya ini secara administratif terletak di Desa Wolowiro, perbatasan Kecamatan Paga di Kabupaten Sikka.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menuju lokasi pantai yang indah ini. Pertama, jika wisatawan berada di luar pulau, segera pesan tiket ke bandara di Maumere yaitu Bandara Frans Seda. Setelah sampai di Maumere, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus menuju Pantai Koka.

Bus yang bisa dinaiki adalah bus tujuan Ende. Setelah menaiki bus, wisatawan bisa turun di Paga. Tarif bus hanya Rp 15.000 hingga 20.000. Waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Kalau tidak, lebih praktis kalau mudik di NTT. Wisatawan bisa menyewa kendaraan di Maumere, baik roda dua maupun roda empat. Cocokkan jenis kendaraan dengan jumlah peserta liburan.

Pantai indah di Flores ini hanya berjarak 2 km dari jalan utama. Setelah turun dari bus, pengunjung bisa berjalan kaki atau naik ojek. Jarak pantai dari Maumere adalah 48 km dan waktu perjalanan 1 jam. Jika menggunakan angkutan umum, waktu perjalanan mungkin lebih lama.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Pantai Koka dibanderol Rp 10.000 per orang. Lalu dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun tarif parkir yang lebih tinggi dikenakan untuk bus atau kendaraan yang berukuran lebih besar dari mobil.

Biaya masuk dapat dibayar di box office. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Setelah matahari terbenam, pengunjung meninggalkan pantai karena merupakan tempat di pinggir pantai yang tidak banyak penulisnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Koka FloresFoto oleh George Effendi di Google Maps

1. Berselancar

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Koka adalah berselancar. Mengarungi deburan ombak laut dengan papan selancar pasti akan meningkatkan adrenalin Anda. Ombak yang tinggi hingga 1,5 meter menjadi nilai plus dari pantai cantik ini.

Untuk berselancar, pengunjung sebaiknya membawa perlengkapan sendiri karena tidak tersedia tempat penyewaan di kawasan pantai. Berselancar tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus dilakukan oleh tenaga profesional.

2. Snorkeling

Jika Anda lebih suka melihat lebih dekat keindahan alam bawah laut, Anda bisa mencoba snorkeling. Di sini pun snorkeling harus diawasi oleh staf profesional. Peralatan untuk snorkeling di bawah air sebenarnya bisa ditempatkan di kedalaman air atau tepat di atas permukaan.

3. Berenang di Pantai Koka

Meski ombaknya tergolong tinggi, pengunjung bisa memanfaatkan tepian Pantai Koka untuk berenang. Airnya yang biru jernih dan dingin terasa segar di badan. Sebagai bahan alami, air laut terbukti bermanfaat dalam pengobatan penyakit kulit.

Anda juga bisa bermain air di tepi pantai sambil mengamati langsung terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Jika Anda membawa anak kecil, pastikan mereka selalu diawasi di pantai.

4. Berjemur di tepi pantai

Pantai indah di NTT ini tak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai di Bali. Jika ingin memiliki kulit cantik, Anda juga bisa berjemur di tepi pantai. Jangan lupa untuk terus menggunakan tabir surya agar kulitmu tidak terbakar sinar matahari dan jutsumu tidak rusak.

5. Bola voli pantai

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan secara berkelompok adalah voli pantai. Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana, hanya bola voli, jika tidak mempunyai jaring tidak masalah.

Kegiatan olah raga kelompok di dekat Pantai Koka penuh tantangan karena tidak hanya bersaing dengan kelompok lawan tetapi juga dengan hembusan angin yang datang.

6. Wisata pendakian gunung

Letak geografis pantai yang diapit dua bukit ini terbilang istimewa karena pengunjung tidak hanya bisa bermain-main di kawasan pantai saja, namun juga menjelajahi perbukitan yang ada. Wisata pendakian gunung ini bisa dilakukan dua arah. Bukit Rodja dengan keindahan alamnya atau Bukit Ndate Sare dengan kisah sejarahnya yang misterius.

7. Kumpulkan foto-foto keren

Pantai yang cantik dan asri mempunyai pesona menarik yang hanya bisa dilihat dengan mata kepala. Kini semuanya serba digital, begitu pula menyimpan kenangan dalam file foto. Kumpulkan semua foto bidadari cantik dari pantai ini.

8. Menikmati keindahan matahari terbenam

Datanglah pada sore hari agar Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Koka. Waktu tersibuk mengunjungi pantai populer ini adalah sore hari menjelang matahari terbenam, sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Karena jam bukanya adalah pukul 8 pagi, pengunjung tidak memiliki akses untuk melihat matahari terbit.

9. Tinggal di dekat pantai

Bila pengunjung datang dari luar kota dan hari sudah terlambat untuk kembali ke Maumere, Anda punya pilihan untuk bermalam di dekat pantai indah ini. Akomodasi yang tersedia antara lain motel, hotel, dan homestay.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Aktivitas Lainnya Pantai Koka FloresFoto oleh Christian Putra Ginting di Google Maps

Fasilitas berupa warung makan sederhana tersedia di pinggir pantai. Stand ini menawarkan minuman yang terbuat dari kelapa muda segar yang dipetik langsung dari pohonnya, serta berbagai minuman panas dan ringan. Untuk makannya ada gorengan, jajanan dan jajanan.

Jika mencari toilet, Pantai Koka belum memiliki toilet sendiri, melainkan pengunjung bisa menggunakan toilet yang ada di warung pantai. Dari jalan utama menuju pantai jalannya kurang bagus namun bisa dilalui kendaraan.

Tempat parkir sudah ada dengan fasilitas yang terbatas. Namun, jangan khawatir mengenai keamanan karena kendaraan pengunjung akan tetap dijaga oleh penjaga taman. Paviliun atau tempat duduk juga tersedia di dekat warung makan.

Sekian dulu pembahasan kali ini tentang salah satu surga tersembunyi Kota Flores. Pantai Koka merupakan aset pariwisata yang perlu dikembangkan lebih lanjut. Pantai dengan ombak tinggi, air laut jernih, dan berpasir putih bisa jadi pilihan destinasi liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button