Tempat Wisata

Pantai Koto Petai Indah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai berpasir putih selalu menarik perhatian. Sepertinya tempat wisata ini mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Siapa sangka Kerinci juga mempunyai pantai yang tak kalah indah dan unik, meski kawasan ini tidak berbatasan dengan laut. Pantai tersebut bernama Pantai Indah Koto Petai atau biasa disebut Pantai Indah Kopet.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini cukup unik. Meskipun sebagian besar pantainya berbatasan langsung dengan laut, Pantai Indah Koto Petai terletak di tepi Danau Kerinci. Luasnya danau membuat tempat wisata ini terlihat seperti pantai dengan ombak yang bersahabat. Pantai ini, selain Pantai Sanggaran Agung, juga menjadi salah satu destinasi favorit warga Kerinci.

Pantai Koto Petai yang indah

Secara geografis Pantai Indah Koto Petai terletak di Desa Koto Petai, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 14 kilometer dari kota Sungai Banyak dan dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dalam waktu sekitar 30 menit. Perjalanannya lebih lama lagi jika wisatawan datang dari Kota Jambi, perjalanan kesana setidaknya memakan waktu 9 jam.

Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi beragam pemandangan indah di Kerinci. Wisatawan tidak akan bosan dengan sajian alam Kerinci berupa perbukitan hijau dan udara sejuk. Suasana pedesaan yang asri membuat hati Anda rileks, seolah terbebas dari hiruk pikuk kota.

Pesona Indahnya Pantai Koto Petai

Masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Kerinci pastinya mengetahui pantai ini. Pantai Koto Petai Indah adalah resor keluarga populer dengan pemandangan menakjubkan. Warga juga suka mengunjungi pantai ini untuk berlibur karena biaya masuknya terjangkau.

Meski terletak di pinggir danau, namun yang membuat pantai ini istimewa adalah pasirnya yang putih membuatnya sangat mirip dengan kebanyakan pantai yang berbatasan langsung dengan laut. Meski pantainya tidak terlalu luas, namun pantai berpasir putih ini mampu menarik wisatawan. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga sangat aman bagi pengunjung yang membawa anak-anak untuk berekreasi.

Pantai Koto Petai yang indah

Pengunjung bisa bermain, berenang, dan mandi dengan bebas di air di Pantai Koto Petai yang indah. Selain itu karena air di pantai ini sangat jernih dan bersih membuat wisatawan akan betah berlama-lama. Keindahan Danau Kerinci terpampang di depan mata Anda sehingga semakin memanjakan mata Anda.

Ada banyak perahu nelayan yang berlabuh di pinggir pantai. Terkadang sangat menarik menyaksikan para nelayan mencari ikan di danau. Di sekitar pantai juga terdapat keramba nelayan yang bisa dilihat. Di sini wisatawan bisa memberi makan ikan-ikan yang tak pernah merasa kenyang.

Ada beberapa wisata air yang bisa Anda nikmati di Pantai Koto Petai Indah. Wisatawan dapat menjelajahi Danau Kerinci dengan menggunakan kano yang disewa dari pengelola. Selain itu, terdapat speedboat dan perahu pompong yang mampu mengangkut lebih dari 100 wisatawan dalam sekali perjalanan.

Berwisata ke Danau Kerinci dengan naik perahu pompong bisa jadi pilihan. Wisatawan dibawa ke tempat-tempat terbaik dengan pemandangan yang luar biasa indah. Harga sewanya sangat terjangkau, hanya Rp 20.000 wisatawan sudah bisa menaiki kapal pompong ini.

Ada juga jembatan sepanjang sekitar 100 meter di Pantai Indah Koto Petai. Jembatan ini menjorok ke dalam danau dan banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk menikmati keindahan Danau Kerinci dari dekat. Dari atas jembatan, pemandangan semakin indah berkat hembusan angin sejuk yang terus bertiup.

Koto Petai Fasilitas pantainya indah

Pantai unik di tepi Danau Kerinci ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas wisata yang lengkap. Pasalnya, pemerintah setempat berniat untuk lebih mengembangkan Pantai Koto Petai Indah sebagai destinasi wisata yang nyaman, terjangkau, dan lengkap. Wisatawan akan menemukan toilet, tempat parkir yang luas dan juga musholla.

Terdapat pula pendopo di sekitar pantai tempat wisatawan dapat bersantai dan menikmati pemandangan. Terdapat juga toko oleh-oleh dan cinderamata yang menjual berbagai pernak-pernik dan kerajinan tangan. Jangan lupa juga menyediakan warung makan yang menawarkan beragam kuliner khas Kerinci yang lezat.

Baca juga: Perkebunan teh Kayu Aro, keindahan kebun teh dengan latar belakang Gunung Kerinci

Fasilitas wisata airnya juga cukup lengkap seperti persewaan ban, perahu, speedboat, kano dan juga perahu pompong. Direncanakan untuk melengkapi perahu dengan lantai kaca transparan, namun sejauh ini opsi tersebut belum ditemukan.

Bagi wisatawan yang ingin menginap lebih lama dan bermalam, terdapat homestay dengan biaya sewa terjangkau di kawasan Danau Kerinci. Selain itu, di Kota Sungai Banyak juga terdapat berbagai hotel yang bisa disewa untuk bermalam.

Di Kerinci, luangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Koto Petai yang indah. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda gemar ke pantai, Pantai Indah Koto Petai bisa Anda jadikan destinasi liburan akhir pekan. Pantai unik di tepi danau ini menawarkan hamparan pasir putih kelabu yang sangat eksotis. Kondisi pantainya yang landai dan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa bersantai di tepi pantai dengan nyaman.

Jika masih kurang puas, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan menggunakan kano, speedboat, atau perahu pompong. Anda bisa melihat lebih dekat keindahan Danau Kerinci dengan menaiki perahu pompong atau speedboat. Panorama pegunungan dan perbukitan hijau menjadi sebuah fenomena tersendiri yang terlihat sangat menarik.

Perburuan Foto

Kunjungan ke Pantai Koto Petai yang indah nampaknya jauh dari sempurna jika tidak mengabadikan momennya. Tempat ini sering dikunjungi oleh para fotografer amatir karena menawarkan panorama yang menarik. Deretan perbukitan dan pegunungan yang menjadi latar belakang Danau Kerinci menjadi bidikan utama para fotografer.

Tak jarang kita temukan anak muda yang senang berpose di depan kamera dan memanfaatkan keindahan tempat ini. Anda juga bisa berfoto selfie, jembatan ini menjadi tempat terbaik untuk mengambil foto. Manfaatkan objek yang ada dan pemandangan alam sekitar untuk membuat foto Anda menjadi lebih bagus dan berkesan.

Biaya masuk ke Pantai Indah Koto Petai

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 3.000/orang
  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka pantai Koto Petai yang indah

Baca juga:

Peta lokasi pantai indah Koto Petai

Tips berwisata ke Pantai Koto Petai yang indah

  • Bawalah baju ganti jika Anda berencana berenang dan mandi di pantai.
  • Jangan pergi terlalu jauh sambil berenang karena Danau Kerinci sangat dalam.
  • Jika Anda mengajak anak-anak, sebaiknya selalu awasi mereka.
  • Anda harus menjaga kebersihan pantai dan tidak membuang sampah sembarangan di pantai.
  • Setiap wisatawan wajib menjaga keindahan alam dan tidak merusak fasilitas yang ada.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button