Tempat Wisata

Pantai Krui, tempat bersantai untuk menikmati suasana pantai Pantai Barat yang terkenal

Pantai Krui, tempat bersantai untuk menikmati suasana pantai Pantai Barat yang terkenal

Pantai Krui kurang dikenal oleh penduduk setempat, namun sudah populer di kalangan peselancar internasional karena ombaknya yang menantang adrenalin Anda.

harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ps.Krui, Kec. Pesisir Tengah, Cab.Pesisir Barat, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Pantai Krui adalah surga yang tersembunyi. Laut dan ombaknya membuatnya dikenal sebagai pantai yang bagus untuk berselancar. Dan keindahannya masih sempurna. Terletak di barat daya Lampung, pantai ini menawarkan keindahan pasir putih yang membentang jauh di sepanjang pantai. Apa keunikan dan daya tarik pantai ini?

Krui terletak di Lampung Barat, kawasan pesisir Samudera Hindia. Pantai ini mempunyai ombak yang luar biasa, bahkan tingginya bisa mencapai 6 hingga 7 meter. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tingginya mencapai 200 meter dan menarik para peselancar dari berbagai lokasi yang ingin merasakan tantangan ombaknya. Baik peselancar lokal maupun asing menghadapi tantangan besar untuk memacu adrenalin mereka di pantai.

Waktu perjalanan terbaik bagi peselancar adalah antara bulan Mei dan September. Sebab pada bulan-bulan tersebut cuaca di pantai cenderung stabil. Pantai ini tidak hanya menawarkan ombaknya saja, namun juga masih banyak pesona lain yang akan membuat setiap pengunjungnya terpesona.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Krui

Daya tarik Pantai KruiFoto: Unsplash/Agung Firdaus

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, ombak yang luar biasa, dan lingkungan yang masih alami. Selain itu pantai ini juga belum terlalu ramai pengunjung. Hal menarik apa saja yang ditawarkan pantai ini, sobat surfer?

✦ Ombak yang menawan

Ombak yang ada di Pantai Krui merupakan ombak yang sangat cocok bagi para peselancar. Ombak di pantai ini menantang dan selalu menarik perhatian para peselancar. Dipastikan para peselancar akan paham betapa indahnya ombak di pantai ini dan akan merasa terpanggil untuk mengunjungi Krui. Pantai ini tidak kalah serunya dengan pantai-pantai di Bali. Namun pantai ini masih belum begitu populer.

✦ Pemandangan matahari terbenam

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan ombak, namun juga pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Momen matahari terbenam tidak boleh dilewatkan. Sinar matahari yang perlahan tenggelam ke laut menjadi pemandangan yang menenangkan. Selain itu, awali hari Anda dengan menyaksikan matahari terbit yang mempesona di pantai ini.

✦ Masih tersembunyi

Daya tarik utama Pantai Krui mungkin terletak pada letaknya yang tersembunyi. Keindahan pantai ini masih tersembunyi dari banyak wisatawan. Pengunjungnya biasanya adalah para peselancar yang ingin menaklukkan ombak besar. Jadi pantai ini menjadi destinasi yang tepat jika ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Nikmati kedamaian dan ketenangan di pantai ini dan biarkan diri Anda terpesona dengan pemandangan alam dan pantai berpasir putih. Lingkungan pantai masih terjaga kelestariannya, hal yang jarang ditemukan saat ini. Pantai ini berpotensi menarik banyak pengunjung. Namun karena kurangnya promosi terhadap pantai ini, Pantai Krui kurang dikenal masyarakat umum.

✦ Panorama alam yang lengkap

Pantai alami ini menawarkan beragam pesona yang memikat hati. Saat wisatawan datang kesini, birunya air laut akan menjadi sambutan utama. Suara deburan ombak pun terdengar menenangkan di telinga. Pohon palem pun melambai mengundang untuk beristirahat di bawahnya.

Pemandangan pantainya dihiasi pasir putih halus. Gradasi warna antara air laut dan pasir saling melengkapi. Suasana pantai yang menenangkan membuat wisatawan betah berlama-lama. Ada juga beberapa spot mancing di pantai ini yang bisa Anda coba.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai KruiFoto: Google Maps/Viet Thanh Duong

Pantai ini terletak di kawasan pesisir Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Bisa dibilang tempat ini terpencil dan jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Padahal, waktu tempuh melalui Jalan Lintas Liwa menuju lokasi adalah enam jam. Meski jauh, namun akses dengan mobil nyaman dan mudah dijangkau.

Menikmati keindahan pantai tanpa membayar biaya masuk, mengunjungi pantai ini tidak dipungut biaya. Karena tiket masuk ke pantai ini gratis. Anda hanya perlu membayar sendiri biaya parkir dan biaya akomodasi.

Namun tarif parkir sepeda motor hanya Rp 2.000 sedangkan mobil Rp 5.000. Biaya menginap satu hari di akomodasi sekitar pantai mulai dari Rp 100.000 per malam.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menyenangkan di Pantai KruiFoto: Google Maps/Viet Thanh Duong

Kondisi alam yang indah mendukung aktivitas pantai yang menyenangkan. Kondisi ombak yang tinggi sangat cocok untuk berselancar. Namun, jangan khawatir jika wisatawan tidak ingin berselancar karena Anda masih bisa menikmati aktivitas lain di pantai.

1. Berselancar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai ini dekat dengan Samudera Hindia. Oleh karena itu, jenis gelombang yang dihasilkan juga menjadi tantangan utama. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, panjang ombak di sini bisa mencapai 10 meter dan panjang hingga 200 meter. Banyak orang yang mengira ombak di pantai ini adalah yang terbaik di Lampung.

Tempat ini bahkan mempunyai kejuaraan selancar tersendiri. Pantai Krui menjadi tuan rumah Krui Pro International Surfing 2021. Wisatawan sebaiknya mencari spot yang tepat saat berselancar karena ketinggian ombak hanya berbeda di beberapa daerah. Menurut informasi, waktu terbaik untuk berselancar adalah pada bulan Mei hingga September.

2. Memancing di Pantai Krui

Di bawah lautnya, wisatawan bisa menemukan berbagai biota laut. Dengan banyaknya ikan, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan spot memancing. Penggemar memancing pasti akan menikmati aktivitas memancing di sini. Jika ingin menangkap ikan besar, para pemancing biasanya lebih memilih berlayar ke tengah laut.

Jika Anda hanya ingin memuaskan hasrat memancing, memancing di pantai juga berarti ikan akan sering menangkap umpan Anda. Ada juga beberapa warga sekitar yang pergi memancing. Wisatawan juga bisa ngobrol dan bersosialisasi untuk menghangatkan suasana. Nikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Krui sambil memancing.

3. Bersantai dan menikmati suasana pantai yang eksotik

Keindahan bahari Krui sungguh mempesona. Air lautnya sangat jernih dan biru berpadu dengan pasir putih bertekstur lembut. Kawasan pantainya dinilai sangat luas dan konturnya landai. Jadi wisatawan yang tidak ingin berselancar bisa bersenang-senang piknik di bawah pohon palem.

Pantai yang landai dan luas ini menjadi kriteria utama acara piknik. Bayangkan turis yang menggelar tikar sebagai alas piknik. Setelahnya nikmati waktu bersama orang-orang tercinta dan nikmati jajanan serta makanan favorit yang bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Lampung terdekat. Tentu saja situasinya akan terasa sangat serius.

4. Wisata kuliner

Jangan lewatkan kuliner di warung-warung sekitar pantai di Lampung Barat. Anda akan menyesal jika tidak menikmati berbagai hidangan ikan lezat di sini. Ada banyak menu unggulan di warung-warung yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi menu ini diolah dengan bumbu terbaik.

Bahan-bahan yang digunakan juga segar dan diantar langsung oleh pelayannya. Bagi wisatawan yang tidak menyukai makanan laut. Tersedia juga masakan lezat khas lampung dan berbagai menu lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai KruiFoto: Google Maps/Viet Thanh Duong

Meski belum terlalu populer, namun pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai. Bukan sekadar fasilitas standar seperti toilet, musala, kamar mandi, dan ruang ganti. Wisatawan yang datang juga bisa menemukan berbagai penginapan, hotel, dan rumah liburan dengan harga berbeda-beda. Jadi Anda bisa menginap sesuai budget Anda.

Wisatawan yang datang juga tidak perlu khawatir membawa makanan dan minuman dari rumah. Sebab disepanjang pantai terdapat warung-warung yang menjual jajanan dan makanan berat. Namun, jika ingin berhemat, tidak ada salahnya membawa makanan sendiri.

Pesona pantainya yang indah, ombaknya yang menantang serta keramahan penduduk setempat menjadikan Krui sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi saat berlibur. Rasakan pengalaman autentik dan menyenangkan saat berlibur di pantai ini.

Keindahan alam di sini tidak mudah dijangkau di wilayah metropolitan. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan air laut yang membentur pasir putih pantai. Selain itu, keindahan matahari terbenam di Pantai Krui juga menghipnotis setiap mata. Pantai ini masih perlu promosi lebih lanjut agar lebih dikenal masyarakat luas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button