Tempat Wisata

Pantai Kuala Geulumpang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Padahal, Aceh mempunyai kekayaan alam yang begitu banyak sehingga seolah tak ada batasnya untuk dieksplorasi. Berjuluk “Serambi Mekah”, provinsi ini juga menawarkan pesona wisata berupa pantai-pantai yang penuh keindahan dan eksotisme. Seperti Pantai Kuala Geulumpang yang memiliki daya tarik pantai berpasir putih.

Pantai Kuala Geulumpang merupakan salah satu destinasi wisata pantai dan menjadi basis penting bagi masyarakat sekitar khususnya Aceh Timur. Hamparan pasir putihnya yang lembut seolah menjadi sambutan setia wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Kondisi pantai yang masih asli dan masih terawat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

Pantai Kuala Geulumpang

Secara geografis pantai ini terletak di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Pantai Kuala Geulumpang letaknya sangat dekat dengan ibu kota Aceh Timur yaitu Idi Rayeuk. Wisatawan hanya perlu berkendara kurang dari 30 menit untuk mencapai pantai ini. Wisatawan kini harus menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari Kota Langsa yang dulunya merupakan ibu kota Aceh Timur.

Pengunjung dapat menggunakan berbagai alternatif sarana transportasi untuk menuju pantai ini. Kondisi jalan yang beraspal baik memungkinkan wisatawan menggunakan kendaraan seperti mobil pribadi atau sepeda motor. Selain itu, jika ingin merasakan sensasi berbeda, wisatawan juga bisa menggunakan becak sepeda motor dan lapi-labi, alat transportasi khas daerah Aceh.

Pesona Pantai Kuala Geulumpang

Sesampainya di pantai, wisatawan langsung disambut hamparan pasir putih lembut yang terhampar di sepanjang pantai. Pasir di Pantai Kuala Geulumpang terkenal dengan kelembutannya. Saat kaki Anda menginjak pasir, Anda akan merasakan betapa lembut dan halusnya pasir di pantai ini.

Seperti halnya tempat wisata pantai pada umumnya, kondisi cuaca di pantai ini cukup panas. Namun wisatawan bisa berteduh di pepohonan pinus sepanjang pantai. Kehadiran pepohonan pinus di pinggir Pantai Kuala Geulumpang nampaknya juga semakin menambah keindahan pantai ini.

Pantai Kuala Geulumpang

Di pantai ini wisatawan disuguhi hamparan lautan luas dengan air lautnya yang berwarna biru yang sungguh memanjakan mata. Angin sepoi-sepoi pun tak henti-hentinya berhembus di tengah lautan, ombak bergulung-gulung silih berganti, sesekali menyapa pasir pantai. Benar-benar seperti surga kecil di bumi yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Pasir pantai di tempat wisata ini juga sangat bersih dan bebas sampah. Ini tidak lain adalah hasil dari manajemen yang sangat baik. Air lautnya juga cukup jernih dan ombaknya tidak begitu besar, sehingga wisatawan bisa leluasa berenang atau bermain air bersama saudara dan teman.

Berbeda dengan pantai lainnya, bebatuan karang tajam jarang ditemukan di Pantai Kuala Geulumpang. Agar wisatawan tak perlu khawatir kakinya terluka akibat goresan karang, pengunjung pantai di Aceh Timur ini bisa dengan mudah memakai sepatu untuk merasakan lembutnya pasir putih.

Pantai Kuala Geulumpang sudah dikenal masyarakat setempat dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Aceh Timur. Bahkan tak jarang wisatawan dari luar kota maupun luar negeri mampir menikmati keindahan pantai ini.

Kondisi pantainya yang sangat bersih dan rapi membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan. Selain itu pantai ini masih terjaga dengan baik dan luas pantainya cukup luas sehingga wisatawan dapat menikmati setiap jengkal keindahan pantai ini.

Fasilitas di Pantai Kuala Geulumpang

Fasilitas yang ada di Pantai Kuala Geulumpang bisa dikatakan cukup memadai. Terdapat tempat parkir, toilet dan stand makanan dan minuman. Namun sebagian besar warung di sekitar pantai hanya menjual jajanan saja.

Selain itu terdapat beberapa saung yang terbuat dari kayu sederhana dimana wisatawan dapat berteduh dari terik matahari atau beristirahat sambil makan. Jika ingin salat, wisatawan bisa menemukan masjid dan musala tak jauh dari bibir pantai.

Baca juga: Air Terjun Lawe Dua, air terjun alami yang eksotik di Kutacene

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di pantai dapat menyewa akomodasi dan hotel di Idi Rayeuk. Hotel dan akomodasi tersebut bisa disewa dengan harga yang relatif terjangkau, tentunya tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Mendekati akhir pekan, berwisata ke Pantai Kuala Geulumpang bisa menjadi alternatif liburan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda pecinta pantai dan sedang berada di Aceh, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Kuala Geulumpang. Anda akan disuguhi pantai berpasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Pantai ini juga dihiasi dengan pepohonan pinus yang tumbuh subur di pinggir pantai.

Air laut di pantai ini juga sangat jernih dan segar seolah menjadi daya tarik wisatawan untuk menyelami air laut. Sejuknya udara di sekitar pantai juga menjadi nilai tambah tempat wisata ini. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing setelah seharian beraktivitas.

Saksikan matahari terbenam

Pantai Kuala Geulumpang juga menawarkan keindahan fenomena matahari terbenam di sore hari. Biasanya saat menjelang sore, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan lokal yang ingin menikmati panorama matahari terbenam. Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam yang seolah perlahan menghilang ditelan luasnya lautan.

Langit yang semula biru berangsur-angsur berubah menjadi oranye, menciptakan lukisan alam yang sungguh menakjubkan. Seketika terciptalah momen romantis yang tentunya sempurna ketika Anda menikmati fenomena tersebut bersama pasangan tercinta.

Perburuan Foto

Seolah sudah menjadi sebuah tugas di zaman modern ini, tidak beraksi di depan kamera rasanya kurang lengkap di tempat wisata yang indah. Jika Anda hobi berburu foto, lokasi ini juga cocok dijadikan destinasi berburu berikutnya.

Anda bisa memotret keindahan alam berupa pantai yang dipenuhi pasir putih bersih atau pantai penuh gaya dengan latar belakang laut biru yang luas. Jika ingin pemandangan lebih sempurna, datanglah pada sore hari saat matahari mulai terbenam.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Jam buka dan tarif masuk Pantai Kuala Geulumpang

Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Kuala Geulumpang bisa datang kapan saja karena buka 24 jam sehari. Kemudian Anda bisa menyisihkan uang sebesar 10.000 per orang untuk harga tiket masuk HTM atau Pantai Kuala Geulumpang.

Peta lokasi Pantai Kuala Geulumpang

Tips Menuju Pantai Kuala Geulumpang

  • Bawalah tabir surya jika ke pantai Kuala Geulumpang karena matahari sangat terik.
  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang dan bermain di laut.
  • Bawalah perbekalan makanan sendiri karena warung di sekitar lokasi hanya menjual makanan dan minuman non-alkohol.
  • Selalu berhati-hati di pantai dan jangan berenang terlalu jauh.
  • Jagalah kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Selalu menjamin kelestarian pantai dengan tidak merusak apapun yang ada di dalamnya.
  • Berdoalah sebelum pergi ke pantai agar tetap aman selama berlibur.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button