Tempat Wisata

Pantai Laguna Barru – atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Distrik Pao Pao. Tanete Rilau, Kab.Barru, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Pantai Laguna adalah destinasi wisata bahari yang populer di Barru, Sulawesi Selatan. Dengan pantai pasir putih yang landai dan banyak pepohonan yang membuat udara di sekitarnya rindang dan segar, pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Lokasinya juga strategis dan memudahkan akses pengunjung.

Pantai ini memiliki simbol khas berupa tulisan Pantai Lagoon berwarna pink dan menjadi spot foto yang populer. Ada juga banyak spot foto lainnya di sepanjang pantai. Beberapa spot merupakan buatan, namun sebagian besar masih alami dan menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbenam. Selain itu, lautnya juga bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Nama Laguna sebenarnya berasal dari nama pengelola Dusun Pucu’e, rumah pantai yang berperan penting dalam perkembangan destinasi pantai ini. Pembangunan pesisir didasarkan pada prakarsa dan anggaran pemerintah desa setempat. Kini wisata pantai ini menjadi tempat yang populer untuk berkumpul bersama keluarga dan menjadi sangat ramai di awal musim liburan.

Atraksi Pantai Laguna

Atraksi Pantai LagunaKredit foto: Google Maps Alwi Fatta

1.Panorama

Saat anda berkunjung ke Pantai Laguna, anda akan disuguhi panorama alam yang sangat indah. Dalam perjalanan dari camp kendaraan ke lokasi pantai, Anda mendaki 30 meter ke sebuah kolam. Dari kolam ini Anda bisa melihat keindahan pantai dan ombak yang tidak terlalu besar.

Di sekitar pantai banyak terdapat pohon kelapa yang menaungi suasana dan menambah keindahan panorama di sepanjang pantai. Sedangkan laut biru yang bersih berpadu dengan pasir putih akan memanjakan mata Anda. Angin di area pantai juga sepoi-sepoi yang menyegarkan, sehingga pengunjung tidak ingin langsung pulang.

2. Matahari terbenam

Pantai yang indah ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat menakjubkan. Matahari terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang datang pada sore hari hanya untuk menunggu momen sunset ini. Pada sore hari, pengunjung biasanya berduyun-duyun ke pantai karena tidak ingin melewatkan matahari terbenam.

Dari pantai ini matahari dapat terlihat dengan sangat jelas tanpa ada halangan apapun. Matahari tenggelam di antara lautan lepas. Dipadu dengan langit berwarna merah kekuning-kuningan saat cuaca cerah. Dengan pemandangan pantai yang khas, lokasi tepi pantai ini memang menjadi tempat yang strategis untuk melihat keindahan matahari saat terbenam.

3. Tempat foto

Pantai Laguna juga merupakan tujuan populer bagi para penggemar fotografi. Ada begitu banyak tempat indah di sepanjang pantai. Spot foto menjadi daya tarik tersendiri, baik yang alami maupun buatan. Anak-anak muda menggunakan tempat-tempat indah dan menarik ini untuk mengunggahnya ke media sosial.

Padahal, pesona keindahan yang ditawarkan pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Tak hanya anak muda yang mengejar foto, pengunjung lain pun tak ketinggalan mengabadikan momen di destinasi wisata ini. Selain itu, pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk liburan keluarga, sehingga momen kebersamaan harus diabadikan.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Laguna

Alamat Pantai LagunaKredit foto: Google Maps MataGuru

Pantai Laguna terletak di desa Pao-pao, kurang lebih hanya 12 kilometer dari pusat Kota Barru, Sulawesi Selatan. Jika Anda berada di Makassar, jaraknya kurang lebih 88 kilometer atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai ini tidak jauh dari perbatasan antara Pangkep dan Barru. Aksesnya mudah dan tidak sulit ditemukan. Bisa juga menggunakan mobil atau motor.

Jika Anda datang dari luar Kota Barru, Anda bisa mengambil Pekkae Junction menuju Bulu Sopeng sebagai landmark. Sedangkan jika dari Kota Barru bisa mengambil arah kanan menuju Polejiwa. Kemudian Anda bisa belok kiri di perempatan Polejiwa dan Mattoanging. Setelah hanya sekitar 3 kilometer Anda akan mencapai tempat parkir mobil pantai ini.

Anda dapat dengan mudah menemukan tempat ini karena pengelola setempat memasang spanduk selamat datang saat memasuki area pantai. Sesampainya di tempat parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 meter dan melewati kolam-kolam sebelum sampai di pantai tujuan.

Pantai Laguna merupakan destinasi wisata baru yang sangat terjangkau. Tiket masuk kawasan ini buka 24 jam sehari dengan biaya hanya Rp 10.000 per orang. Tiket ini tidak termasuk parkir kendaraan. Harga parkir kendaraan sendiri tergantung jenis kendaraan pengunjung.

Aktivitas seru di Laguna Beach

Kegiatan rekreasi di pantai lagunaKredit foto: Google Maps azisa nurul Azis

Pantai Laguna memiliki fasilitas dan fasilitas yang memadai, memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Jika anda berkunjung ke pantai ini pasti anda tidak akan bosan. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan untuk membuat liburan Anda semakin berkesan.

1. Fitur air

Garis pantai yang panjang dengan pasir putih halus dan ombak yang tenang merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk bermain air. Anda dapat berjalan di pantai dan meninggalkan kaki Anda di air laut yang sejuk. Karena ombaknya yang bersahabat dan cukup aman, pengunjung yang datang juga sering bisa bermain air dengan bebas di sekitar pantai.

Selain bermain air, pengunjung baik dewasa maupun anak-anak juga bisa berenang di sekitar pantai. Air di sekitar pantai cukup dangkal sehingga aman untuk berenang. Air lautnya juga bersih dan segar, sehingga berenang di pantai ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

2. Menikmati matahari terbenam

Memang pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset. Pemandangan sunset yang terlihat jelas membuat banyak pengunjung menantikan momen ini. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung adalah menikmati indahnya matahari terbenam. Apalagi jika Anda datang bersama orang tersayang.

3. Ambil foto

Dengan banyaknya spot foto yang indah, baik yang alami maupun buatan, fotografi merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengunjung. Aktivitas ini juga bisa Anda lakukan di sudut-sudut area pantai. Tentunya mengingat keindahan pantai dengan panorama yang mempesona, sayang sekali untuk mengabadikan momen indah tersebut.

4. Penyewaan Banana Boat dan Boat

Aktivitas seru di Laguna BeachSumber gambar: Google Maps Hamka Usman

Fasilitas yang sudah ada di kawasan pantai ini antara lain banana boat. Bagi Anda yang sedang mencari aktivitas yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba aktivitas yang sangat seru ini. Dengan kapasitas 5 orang, wahana ini memang pantas untuk dicoba. Mengarungi arus laut di atas perahu motor tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Selain banana boat, Anda juga memiliki pilihan untuk berkeliling perairan pesisir dengan menyewa perahu. Berjalan di sekitar perahu memberi Anda kesempatan untuk melihat Pulau Angin Putih. Pengunjung dapat mencapai Pulau Angin Putih ini dalam waktu sekitar 10 menit menggunakan speedboat milik masyarakat setempat.

5. Berkemah

Kegiatan lain yang pastinya sangat seru adalah camping. Pantai Laguna memiliki area berpasir yang landai, sehingga memudahkan untuk mendirikan tenda. Tanah yang memungkinkannya sebagai tempat perkemahan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam kawasan pantai di malam hari.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Hotel Youtefa BarruKredit foto: Google Maps Isidor A

1. Hotel Savira

Hotel ini hanya berjarak 8 kilometer dari Pantai Laguna, hotel ini bisa menjadi rekomendasi Anda untuk bermalam. Kamar luas, nyaman dan bersih dengan AC dan wifi gratis. Tersedia juga tempat parkir mobil yang luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Pelayanan di hotel ini juga cukup bagus.

2. Hotel Youtefa Barru

Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman untuk Anda. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat memadai. Ada parkir, sarapan dan wifi gratis untuk Anda. Setiap kamar juga dilengkapi dengan AC dan juga tersedia kamar mandi yang bersih. Bagi Anda yang membawa keluarga, hotel ini juga ramah anak.

3. Akomodasi Resky

Penginapan ini terletak di Kabupaten Pangkep, kurang lebih 42 kilometer atau 48 menit perjalanan. Meski agak jauh dari pantai, penginapan ini cukup nyaman. Anda bisa beristirahat di penginapan ini sebelum melanjutkan liburan di pantai.

Fasilitas yang tersedia di Laguna Barru Beach

Fasilitas Pantai Laguna BarruKredit foto: Google Maps Indah Muthmainnah

Wisata pantai ini menawarkan fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Fasilitas berupa lahan parkir untuk kendaraan sudah disiapkan. Banyak spot foto buatan yang tersedia, salah satunya adalah ayunan dengan view laut yang luas.

Selain itu, ada banyak paviliun di mana pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan. Sayangnya, paviliun ini disewakan dengan harga Rp 40.000. Bagi pengunjung, harga sewanya cukup mahal, namun tidak jarang mereka yang menggunakan fasilitas ini untuk bersantai.

Fasilitas lain seperti banana boat dan persewaan perahu juga tersedia. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan yang menghibur. Penyewaan perahu juga memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi destinasi lain yaitu Pulau Angin Putih.

Pantai Laguna merupakan salah satu kawasan wisata laut di Barru yang cocok untuk liburan keluarga. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Ditambah dengan pemandangan yang indah dan suasana yang asri, pengunjung pantai ini sudah lama betah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button