Tempat Wisata

Pantai Lemo, pantai yang indah dan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Luwu Timur

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Mabonta, Kec. Bura, Kab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; map: pemeriksaan situs

Pantai Lemo terlihat eksotik dengan deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi berjejer di bibir pantai. Tumbuhan ini hampir memenuhi garis horizontal hingga menyentuh gundukan. Alhasil, udara panas khas Sulawesi Selatan tak sesakit dinaungi hijaunya pohon kelapa.

Selain pepohonan yang berjejer rapi, kedatangan Anda ke sini juga akan disambut dengan air laut yang bersih dan ombak yang minimalis. Banyak wisatawan yang lebih suka menghabiskan waktunya di dalam air hingga puas dan kembali ke darat. Ada kalanya Anda bisa melihat kawanan burung melintasi lautan.

Pantai Lemo terbilang ramai berkat berbagai fasilitas yang dihadirkan. Makan di kios tenda pantai, sewa perahu dan jelajahi, atau duduk di bawah pohon kelapa dan nikmati alam sekitarnya. Terlepas dari keramaiannya, menjadikannya alternatif utama yang disukai saat berkunjung ke Kabupaten Luwu Timur.

Daya Tarik Pantai Lemo

Objek wisata Pantai LemoKredit foto: Google Maps Edward Armanda

1. Keindahan Alam Pantai

Pantai Lemo tidak banyak mendapat perubahan dari masyarakat, dimana keindahannya muncul secara alami. Apakah pohon kelapa yang berjejer rapi, kejernihan lautnya atau pasir putihnya yang membentang jauh.

Meskipun ada fitur tambahan seperti dudukan tenda, itu hanya pelengkap. Bermain di sini, Anda akan dihadapkan dengan keindahan destinasi laut Sulawesi Selatan sambil merasakan nikmatnya suasana lokal.

Namun, Anda mungkin harus secara sukarela bertemu turis lain. Pasalnya, tempat indah ini cukup ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai usia. Mungkin bagi anda yang mencari ketenangan saat berwisata pantai, tidak disarankan untuk mampir kesini.

Namun, jika Anda hanya ingin menikmati keindahan alam sebuah destinasi bahari, inilah pilihan yang tepat. Jadi jangan lupakan itu dan nikmati setiap momen yang tersisa saat Anda datang ke sini dengan bahagia.

2. Bayangan Pantai Lemo

Suasana tenang di Pantai Lemo rupanya juga bisa dijadikan daya tarik tersendiri. Anda akan mendapatkan kesegaran meski suasananya cukup panas selama berkunjung.

Cuaca panas di pantai cantik ini membuat pasirnya tampak lebih berkilau dari yang sebenarnya. Tetapi pada saat yang sama, itu membantu membuatnya lebih menarik dan menarik perhatian di antara pepohonan hijau.

Keteduhan pantai yang indah ini juga memudahkan Anda mencari tempat istirahat, meski suasananya ramai. Yang harus Anda lakukan adalah berhenti di sudut yang lebih sepi dari kawasan pantai dan kemudian rasakan keteduhan dengan damai.

Terkadang pemandangan burung yang terbang di atas laut membuatnya semakin indah. Anda akan merasa lebih baik dan energi positif akan mengalir jika Anda membiarkan diri Anda menghabiskan waktu di sini.

3. Panorama matahari terbenam

Tidak ada halangan apapun yang menghalangi keindahan sunset saat anda berada di Pantai Lemo. Meski ditumbuhi tanaman rimbun, namun ditata sedemikian rupa agar tidak menghilangkan potensi keindahan lainnya.

Datang ke pantai cantik ini rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri bercakap-cakap dengan matahari terbenam. Saat matahari bersinar dengan warna-warnanya yang megah, pemandangannya tampak seperti lukisan.

Apalagi jika Anda mampu memadukan semua potensi yang ada di pantai cantik ini, pasti hasilnya akan memukau. Dari pohon kelapa, pegunungan di kejauhan, burung-burung yang kembali ke sarangnya dan langit yang kemerahan. Selanya seolah diciptakan untuk membuat pengunjung terkesan dengan kealamian bumi di Kabupaten Luwu Timur.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai LemoKredit foto: Google Maps Viet Thanh Duong

Pagi hari berkendara ke Desa Mabonta yang indah dan pantainya. Ini menawarkan kesempatan untuk menjelajahi pemandangan Pantai Lemo untuk membuat perjalanan Anda ke Sulawesi Selatan terasa tak terlupakan.

Tepat di Kabupaten Luwu Timur, lumayan jauh jika berangkat dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sehingga Anda membutuhkan perjalanan ekstra, baik dengan mobil sewaan atau alternatif lainnya. Berkunjung ke pantai cantik ini sama saja dengan menelusuri betapa indahnya pesona wisata yang diperhitungkan di kabupaten Burau.

Dibutuhkan biaya yang sangat murah untuk mengunjungi Pantai Lemo sepuasnya. Anda hanya perlu membayar Rp5.000 jika membawa mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Sementara itu, alokasi tiket benar-benar gratis dan tidak membebani Anda. Artinya, pengunjung hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 2.000 jika berminat menjelajahi pantai cantik ini.

Aktivitas seru di Pantai Lemo

Aktivitas seru di Pantai LemoKredit Foto: Google Maps Armayanti Hakman

1. Pergi ke dermaga

Dermaga semen dibangun di sekitar pantai untuk penggunaan optimal. Pengunjung sering menaiki dermaga ini hanya untuk mengambil foto sambil menggunakan laut sebagai latar belakang.

Pantai Lemo merupakan properti bahari yang seolah digeber semaksimal mungkin untuk menjadi seindah mungkin. Tak heran jika keberadaan dermaga juga menambah estetika untuk dinikmati pengunjung.

Datang ke sini juga bisa menjadi pilihan jika ingin melihat keindahan alam secara utuh dan jelas. Dermaga dibangun dengan ketinggian yang berbeda dari bibir pantai sehingga pandangan bisa lebih luas.

Berdirilah di dermaga dan lihat betapa mengasyikkannya mengingat nanti. Meski demikian, selalu perhatikan sisi kiri dan kanan, karena dermaga ini tidak didesain dengan penahan benturan.

Artinya, mereka yang datang ke sini harus mempertimbangkan aktivitasnya sedemikian rupa sehingga tidak merugikan. Misalnya, usahakan untuk tidak memposisikan diri di pinggir dermaga jika ingin berfoto atau bersantai.

2. Wisata Kuliner

Sementara pantai yang indah ini populer di kalangan penduduk setempat, itu saja karena ada pantai menakjubkan lainnya di pulau Jawa dan Bali. Wisatawan lokal maupun mancanegara terkadang tidak menyadari pesona wisata di luar kedua pulau tersebut.

Jadi jika Anda dari luar Sulawesi dan ingin merasakan seperti apa lingkungan di sini, datanglah ke Pantai Lemo. Terdapat stand tenda dimana Anda bisa menikmati suasana laut sambil menyantap aneka hidangan.

Datang ke sini akan memberi Anda kesempatan untuk melihat sekitar Sulawesi Selatan. Bagaimana warganya berbicara, kebiasaan sehari-hari, potensi wisata dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang suka berpetualang dan mengetahui keindahan Indonesia pada umumnya, datang ke pantai indah ini sangat direkomendasikan. Bersiaplah untuk menemukan pesona baru dari yang pernah Anda lihat sebelumnya.

3. Berjemur di pantai

Udara panas di sini terasa pas untuk dijadikan sarana berjemur. Sekaligus, Anda juga bisa menyejukkan diri berkat rimbunnya tumbuhan di lingkungan ini.

Memadukan pesona perbukitan, pepohonan, laut, dan pasir putih, Pantai Lemo adalah pilihan tepat untuk memutihkan kulit. Berjemur juga bisa dibarengi dengan keinginan menghabiskan waktu seharian atau lebih tanpa mengkhawatirkan kondisi kulit.

Bagi Anda yang menyukai kebebasan, tak ada salahnya mencoba aktivitas eksotis ini. Tentunya dengan tetap memakai tabir surya agar tidak terlalu merusak kulit. Karena tujuan berjemur adalah untuk membuat tan alami, bukan merusaknya.

Jika Anda pandai berjemur, coba tambahkan aktivitas olahraga lainnya. Misalnya, berjalan-jalan di sepanjang pantai atau pantai sampai Anda merasa lelah.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas di Kawasan Pantai LemoKredit foto: Google Maps Edward Armanda

Anda bisa ke toilet atau toilet di Pantai Lemo setelah menyelam ke laut. Kedua fasilitas penting ini didesain terpisah, sehingga sangat nyaman untuk masuk dan menghabiskan waktu di sana hingga terasa bersih. Atau sekedar mampir dengan tujuan dipengaruhi faktor alam, lakukan senyaman mungkin.

Jika ingin istirahat, tersedia juga warung makan yang bisa digunakan untuk duduk santai sekaligus. Jika Anda enggan melihat makanan atau malu mengganggu pengunjung lain saat mereka sedang makan, Anda harus pergi ke pondok. Anda bisa bernafas sejenak di sana untuk mengisi ulang baterai agar bisa menjelajah lagi.

Pembuangan sampah juga seharusnya menjadi perkara yang mudah, karena disediakan tempat. Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin tanpa meninggalkan jejak sampah di pantai cantik ini. Dengan begitu, di masa depan, ketika Anda kembali, situasinya akan tetap sebaik sekarang.

Pantai Lemo juga bisa membantu Anda berwisata ke laut dengan menyewa perahu. Kegiatan ini masih aman karena suasana ombak di kawasan tersebut cukup bersahabat. Jadi nikmati waktu sebaik mungkin hingga tiba waktunya kembali ke penginapan atau rumah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button