Tempat Wisata

Pantai Lhok Geulumpang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berwisata ke Aceh, rasanya belum lengkap rasanya jika mengunjungi beberapa pantai dengan keindahan yang mempesona. Dijuluki “Serambi Mekah”, provinsi ini memiliki puluhan pantai dengan keunikan dan pesona tersendiri. Seperti Pantai Lhok Geulumpang, pantai berbentuk teluk yang terlihat eksotik dan alami.

Pantai Lhok Geulumpang merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Garis pantainya yang landai dan pasir putihnya yang lembut akan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Tak hanya pantainya saja yang indah, alam bawah lautnya pun tak kalah mempesona. Terdapat berbagai jenis biota laut indah yang selalu bersahabat dengan wisatawan.

Pantai Lhok Geulumpang

Secara administratif Pantai Lhok Geulumpang terletak di Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Untuk mencapai tempat wisata pantai ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak yang lebih jauh, sekitar 140 kilometer atau 2,5 jam dari Banda Aceh. Namun pantai ini hanya bisa dijangkau dari Kota Calang dengan jarak sekitar 18 kilometer.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk menuju Pantai Lhok Geulumpang. Jika berangkat dari Banda Aceh, wisatawan dapat melalui jalan Banda Aceh – Meulaboh yang kondisinya sangat baik. Meski membutuhkan tenaga ekstra untuk mengunjungi pantai-pantai indah di Aceh Jaya, namun sesampainya di pantai tersebut, segala kepenatan perjalanan tergantikan oleh panorama pantai yang sangat alami dan eksotik.

Sejarah Pantai Lhok Geulumpang

Sebelum dikenal sebagai pantai wisata, tempat ini merupakan pantai yang sepi pengunjung. Keadaan berubah ketika seorang warga negara Jerman bernama David tiba di Aceh dan terkesima dengan keindahan Pantai Lhok Geulumpang. Pria ini lebih dikenal dengan nama German Daud.

Daud adalah seorang traveler yang gemar jalan-jalan keliling dunia. Ia sudah lama meninggalkan Jerman dan singgah di beberapa negara seperti Afrika, Amerika, dan Australia. Orang Jerman ini juga berkeliling Indonesia dan singgah di beberapa daerah seperti Lombok, Flores, dan Bali. Sekitar tahun 1989, Daud memutuskan untuk menetap di Aceh karena terpesona dengan keindahan alam provinsi ujung Sumatera ini.

Pada tahun 1990, Daud menikah dengan warga setempat dan membangun rumah sederhana di dekat pantai. Rumah yang terbuat dari papan dan beratap pohon palem ini didesain menghadap ke laut sehingga Anda dapat melihat keindahan laut setiap saat. Ia juga berkontribusi dalam pengembangan wisata Pantai Lhok Geulumpang.

Daud menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata dan tak segan-segan memperkenalkan keindahan Pantai Lhok Geulumpang kepada wisatawan mancanegara. Pantai ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Namun sayang, Daud memutuskan meninggalkan Aceh setelah mendapat masalah dengan warga sekitar.

Pada tahun 1993, diadakan festival budaya regional ASEAN di pantai ini yang meningkatkan popularitas Pantai Lhok Geulumpang di mata dunia. Saat ini, ribuan masyarakat Aceh berbondong-bondong mendatangi artis dunia. Festival budaya ini dikenal juga dengan nama Piasan Raya Lhok Geulumpang.

Pantai ini juga pernah dilanda gelombang tsunami yang kuat pada tahun 2004 sehingga menyebabkan banyak bagian pantai rusak parah. Beruntung bencana ini tidak menyebabkan kerusakan apa pun terhadap keindahan Pantai Lhok Geulumpang. Peninggalan Piasan Raya Lhok Geulumpang masih bisa dilihat pada platform hitam yang masih terdapat di pantai ini, meski bentuknya menjadi tidak beraturan pasca gelombang tsunami.

Pesona Pantai Lhok Geulumpang

Tak salah jika Pantai Lhok Geulumpang menjadi salah satu pantai paling eksotis di Aceh. Setibanya di pantai, wisatawan dapat menikmati panorama alam pantai yang luar biasa. Terdapat hamparan pasir putih yang landai di sepanjang pantai. Pasir pantainya begitu lembut sehingga wisatawan bisa berbaring di atas pasir tersebut sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

Pantai Lhok Geulumpang mempunyai ciri khas pantai yang unik. Pantai ini terdiri dari dua pulau yang saling terhubung sehingga menciptakan pantai yang berbeda dari pantai lainnya. Wisatawan bisa melihat pantai ini diapit oleh dua perairan laut di kiri dan kanannya sehingga terlihat seperti jalan yang membelah lautan.

Pantai Lhok Geulumpang

Air lautnya sendiri sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Wisatawan bahkan bisa melihat bebatuan karang dan kehidupan biota laut dari atas permukaan air. Di pantai ini wisatawan bisa leluasa bermain pasir, berenang atau sekedar bermain air. Namun tetap berhati-hati karena terkadang ombak tidak dapat diprediksi. Sudah beberapa kasus wisatawan terseret ombak karena ceroboh saat berenang di pantai ini.

Selain bermain pasir dan berenang, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas menyelam dan snorkeling di Pantai Lhok Geulumpang. Pantai di Aceh ini menawarkan beragam biota laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang lucu. Biota lautnya sebagian besar dilindungi dan tidak boleh dirusak oleh wisatawan. Ada beberapa lokasi khusus yang bisa digunakan untuk snorkeling dan diving.

Di sekitar kawasan pantai juga dapat dijumpai hutan alam yang penuh dengan tanaman hijau yang membuat Pantai Lhok Geulumpang terlihat indah. Di dalam hutan terdapat beberapa satwa liar seperti kera yang terkadang muncul di hadapan wisatawan. Keberadaan hutan ini pun membuat pantai eksotis ini semakin indah.

Dari kejauhan terlihat beberapa gugusan pulau-pulau kecil yang terlihat indah. Pasca tsunami tahun 2004, sebagian wilayah nusantara dianggap hilang dan jauh dari pantai. Sebelum terjadinya bencana tsunami, wisatawan hanya bisa mengunjungi pulau tersebut dengan menggunakan ban bekas.

Fasilitas di Pantai Lhok Geulumpang

Fasilitas di sekitar Pantai Lhok Geulumpang sudah lengkap. Terdapat tempat parkir yang cukup luas serta toilet umum. Di pantai ini juga terdapat beberapa bungalow yang bisa dijadikan akomodasi para wisatawan.

Jika puas bermain di pantai, wisatawan bisa mengunjungi kafe-kafe yang ada di sekitar pantai. Kafe ini menawarkan pilihan makanan dan minuman yang dapat Anda nikmati di kafe dengan suasana outdoor. Tentunya semakin asyik bila Anda menikmati makanan lezat sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

Baca juga: Pantai Pasie Saka, surga tersembunyi di Aceh

Wisatawan juga bisa menemukan warung-warung sederhana di sekitar pantai. Aneka makanan yang dijual antara lain mie instan, kopi, dan es krim kelapa muda. Harga yang ditawarkan juga murah. Pengunjung bisa menikmati secangkir kopi di puncak Lhok Geulumpang sambil menyaksikan deburan ombak yang menghantam bebatuan.

Berwisata ke pantai Lhok Geulumpang memang sangat mengasyikkan. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Pantai Lhok Geulumpang menawarkan pesona pantai yang benar-benar berbeda. Pantai ini sangat unik karena seolah diapit oleh dua lautan sekaligus. Anda bisa bermain bebas di pasir putih yang lembut dan landai ini. Karena letaknya yang eksotis, pantai ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Di pantai ini Anda juga bisa berenang dan berendam di air laut yang jernih. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Anda juga bisa pergi ke pulau yang terletak tidak jauh dari pantai. Menyewa perahu yang disediakan memungkinkan Anda berkeliling pulau yang menjauh dari pantai akibat tsunami.

Snorkeling dan menyelam

Beberapa aktivitas favorit yang biasa dinikmati di Pantai Lhok Geulumpang antara lain snorkeling dan diving. Kegiatan ini sering dilakukan oleh wisatawan mancanegara yang ingin melihat keindahan alam bawah laut di pantai ini. Bahkan, ada spot khusus untuk diving dan snorkeling di pantai ini.

Sebelum melakukan snorkeling atau diving, Anda harus didampingi oleh pemandu yang berpengalaman. Alam bawah lautnya pun tidak kalah indahnya dengan pantai, anda bisa melihat banyak terumbu karang, ikan-ikan yang berenang dibalik karang, alga dan masih banyak lagi.

Berburu foto di pantai

Tentu saja berfoto selfie di depan kamera menjadi hal yang wajib dilakukan saat berada di tempat dengan keindahan alam seperti Pantai Lhok Geulumpang. Jangan lupa membawa tongkat selfie dan perlengkapan kamera lainnya jika ingin mengambil foto selfie. Tentu saja salah satu lokasi yang paling banyak dicari adalah berfoto di pinggir pantai yang diapit dua lautan.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Jam buka dan tarif masuk Pantai Lhok Geulumpang

Siapa pun yang ingin mengunjungi tempat wisata pantai ini bisa berkunjung kapan saja karena buka 24 jam. Kemudian Anda bisa mengeluarkan uang sebesar 5.000 untuk HTM atau harga tiket masuknya.

Tips Menuju Pantai Lhok Geulumpang

  • Selalu berhati-hati di pantai karena ombak terkadang berbahaya.
  • Siapa pun yang ingin snorkeling atau menyelam harus didampingi oleh pemandu lokal yang berpengalaman.
  • Dilarang merusak ekosistem bawah laut dan hutan di sekitar pantai.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah di pantai.

Galeri foto Pantai Lhok Geulumpang

Pantai Lhok Geulumpang
Kawasan pantai dengan pasir dan laut yang tenang
Berayunlah di pantai untuk kesempatan berfoto
Perburuan Foto
Sunset di pantai Lhok Geulumpang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button