Tempat Wisata

Pantai Lhok Mee: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan daerah yang hingga saat ini terkenal menjunjung tinggi nilai-nilai syariat dan adat istiadat Islam. Selain itu, provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera ini juga menjadi destinasi wisata yang semakin menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Ratusan pantai indah berjajar, salah satunya Pantai Lhok Mee yang terkenal dengan pasir putihnya yang berkilau.

Pantai Lhok Mee terkenal dengan hamparan pasir putih bersih bagai mutiara di pinggir lautan. Selain itu, tempat wisata yang banyak digemari anak muda ini juga memiliki air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. Tak heran jika banyak orang mengunjungi pantai ini hanya untuk bersenang-senang. Pantai ini sering disebut Pantai Pasir Putih.

Secara administratif pantai ini terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai Pantai Lhok Mee, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer atau 45 menit dari Banda Aceh. Selain itu, tempat wisata ini juga terletak tidak jauh dari Pelabuhan Malahayati.

Meski letaknya cukup jauh dari ibu kota Provinsi Aceh, namun jalan menuju pantai ini sudah beraspal dan konon kondisinya sangat baik. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama perbukitan hijau dan hamparan lautan luas di pinggir jalan. Namun hati-hati karena sering kali terdapat jalanan dengan tikungan tajam dan naik turun.

Pesona Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee ibarat sepotong surga yang tersembunyi di balik perbukitan. Pantai ini berada di balik perbukitan, sehingga wisatawan yang belum mengetahui lokasi pasti tempat ini akan kebingungan. Wisatawan bisa meminta penduduk setempat untuk menunjukkan jalan menuju pantai indah ini.

Sesampainya di bibir pantai, segala rasa lelah menempuh perjalanan jauh seakan hilang seketika. Wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang pantai. Dengan kebebasannya, setiap wisatawan bisa bermain di pasir putih yang lembut ditemani semilir angin yang bertiup dari laut.

Pantai Lhok Mee juga memiliki air laut yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Keindahan pantai ini seolah memikat setiap pengunjung untuk segera menyelami segarnya air laut. Karakteristik ombak di pantai ini juga cukup tenang, sehingga wisatawan bisa berenang di pantai atau sekedar bermain air tanpa takut terbebani ombak.

Keunikan pantai di Aceh Besar ini adalah terdapat pepohonan yang tumbuh di air di pinggir pantai. Pohon ini merupakan tumbuhan bakau yang tumbuh sebagai pemecah ombak dan pencegah abrasi. Saat air laut sedang tinggi, pepohonan tertutup air. Namun saat air surut, wisatawan bisa melihat akar-akar tanaman bermunculan di permukaan pantai.

Penduduk setempat menyebut pohon ini dengan nama pohon Geurumbang. Fenomena ini justru menjadikannya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang banyak pengunjung Pantai Lhok Mee yang mengabadikan momen dengan latar belakang pohon Geurumbang.

Selain itu, Pantai Lhok Mee juga menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Terdapat berbagai jenis terumbu karang cantik serta ikan-ikan kecil lucu yang berenang di perairan dangkal. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan keajaiban bawah laut pantai ini dari atas permukaan air karena airnya yang cukup jernih. Meski begitu, pengunjung perlu berhati-hati karena terdapat beberapa karang dan akar bakau tajam yang dapat melukai kaki mereka.

Fasilitas di Pantai Lhok Mee

Fasilitas yang tersedia bagi wisatawan di Pantai Lhok Mee juga cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang cukup luas, sehingga wisatawan tidak perlu bingung jika membawa kendaraan pribadi. Selain itu, terdapat juga toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan untuk mandi dan berganti pakaian setelah berenang di pantai.

Selain itu juga terdapat gubuk-gubuk, warung makan, dan toko yang menjual berbagai kuliner lezat. Kebanyakan warung di Pantai Lhok Mee menawarkan kuliner berbahan dasar olahan seafood. Wisatawan juga bisa menikmati mie instan, es krim kelapa muda, dan secangkir kopi panas dengan harga terjangkau.

Baca juga: Pantai Lhoknga, pantai eksotis dengan spot selancar yang menantang

Wisatawan juga bisa menginap di hotel dan penginapan di sekitar objek wisata ini. Ada beberapa pilihan hotel yang bisa dimanfaatkan wisatawan dengan harga berbeda. Sesuaikan dengan anggaran Anda. Pantai Lhok Mee menawarkan pesona wisata yang mempesona. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda menyukai wisata pantai, Pantai Lhok Mee bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat Anda berada di Aceh. Pantai ini menawarkan panorama alam yang luar biasa dengan pasir putihnya yang luas dan bersih serta air laut yang biru jernih. Anda bisa bermain bebas di pasir atau duduk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati deburan angin dan deburan ombak di tepi pantai.

Anda juga bisa berenang atau sekadar bermain air bersih. Tak jarang kita melihat ikan-ikan kecil lucu berenang di balik terumbu karang. Pantai Lhok Mee juga memiliki keindahan biota laut yang bisa Anda amati dari atas permukaan air. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Suasana asri dan kondisi pantai yang bersih juga menjadi nilai tambah tempat wisata ini.

Memancing di pantai

Anda juga bisa memancing di Pantai Lhok Mee dengan menggunakan pepohonan bakau yang ada di pinggir pantai. Penduduk setempat biasanya memanjat pohon tersebut untuk menangkap ikan. Namun, jika Anda tidak pandai mendaki, sebaiknya berhenti memancing.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Wisata kuliner

Di pinggir pantai berjajar rapi warung-warung dan warung yang menawarkan berbagai jenis kuliner khas Aceh. Kebanyakan warung tersebut menawarkan kuliner seafood. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa menikmati kuliner lezat seperti ikan goreng, kepiting, udang raja dan masih banyak lagi.

Warung-warung ini didesain menghadap ke laut, sehingga wisatawan bisa menikmati hidangan sambil memandangi hamparan lautan luas. Jika Anda penggemar kopi, Anda juga bisa menikmati kopi Aceh dengan santai. Es krim kelapa muda juga menjadi pilihan menarik untuk melepas dahaga di kala penat bermain di pantai.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee buka mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Untuk memasuki pantai ini wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Peta lokasi pantai Lhok Mee

Tips Menuju Pantai Lhok Mee

  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang di Pantai Lhok Mee.
  • Disarankan membawa alas kaki karena terdapat akar tajam yang dapat melukai kaki wisatawan.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Menjamin kelestarian pantai dan tidak merusak ekosistem yang ada di dalamnya.

Galeri foto pantai Lhok Mee

Potret Pantai Lhok Mee
Berenang di pantai

Bukit berumput di atas pantai
Berburu foto di pantai
Keindahan Pantai Lhok Mee
Matahari terbenam di Pantai Lhok Mee

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button