Tempat Wisata

Pantai Liman Kupang – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 05.00 – 19.00, Alamat: Uitiuhtuan, Kec. Semau Selatan, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: pemeriksaan situs

Pantai-pantai di Indonesia terkenal begitu beragam dan membuat wisatawan mancanegara serasa kembali lagi dan lagi. Ada berbagai jenis pantai yang menawarkan panorama berbeda, contohnya Pantai Liman. Terletak di Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pantai ini merupakan tujuan wisata yang populer.

Di sana Anda akan menjumpai pengunjung dari luar negeri atau luar daerah yang tertarik menjelajahi kawasan wisata tersebut. Nuansa alam yang ditawarkan pantai di NTT ini mampu membuat siapapun ketagihan. Oleh karena itu, tak heran jika pengunjung rela berkendara jauh-jauh untuk menikmati keindahan tempat ini.

Terletak di kawasan Pulau Semau, Pantai Liman merupakan destinasi yang sangat berharga untuk liburan Anda. Siapapun yang kebetulan sedang berada di Nusa Tenggara Timur tidak boleh melewatkan kesempatan untuk melihat segala keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Daya tarik Pantai Liman

Daya tarik yang dimiliki Pantai Kupang LimanFoto: Google Maps/Roland Ndun

✦ Pantai Panjang

Destinasi ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Nusa Tenggara Timur. Salah satu daya tariknya adalah pantainya yang panjang. Setidaknya garis Pantai Liman membentang 1 km dari selatan ke utara. Di pantai ini wisatawan juga bisa menjumpai pohon Santigi dan Lontar.

Pasir pantainya berwarna putih halus dan juga bersih dan membentang sekitar 1 km. Hal yang menarik dari pantai ini adalah warna pantainya yang terlihat begitu putih jika diabadikan dalam pemotretan. Namun, pada sore hari, hasil yang berbeda mungkin terjadi.

Pada titik ini, warna putih mulai bercampur dengan warna merah, membuat pemandangan menjadi semakin unik. Seperti yang diketahui, banyak sekali tempat wisata pantai yang eksotik di Provinsi Nusa Tenggara Timur sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

Serta apa yang dapat Anda temukan di pantai. Tak heran jika di awal liburan wisatawan mancanegara juga berdatangan ke pantai ini dan tentunya tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan semua keindahan yang ada disana.

✦ Pantai yang menawarkan ketenangan

Perjalanan yang harus Anda tempuh dari Kota Kupang menuju Pantai Liman memang cukup lama. Namun segala rasa lelah selama perjalanan terbayar dengan keindahan pantainya. Terletak di bagian selatan Pulau Semau, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lebar.

Namun bukan itu saja daya tariknya, yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya adalah suasananya yang begitu alami dan tenang. Jika Anda berasal dari kota besar dan ingin mencari ketenangan, Pantai Liman adalah tempatnya.

✦ Penduduk setempat yang ramah

Daya tarik selanjutnya bukan berkaitan dengan keindahan atau pemandangan alam, melainkan sikap warga terhadap tempat wisata. Perlu anda ketahui bahwa penduduk lokal yang tinggal di kawasan wisata ini terkenal sangat ramah, terutama terhadap pengunjung dari luar kawasan.

Keramahan masyarakat setempat akan membuat Anda semakin merasa nyaman selama berlibur di tempat ini. Oleh karena itu, tak ada lagi alasan untuk ragu datang ke pantai di Nusa Tenggara Timur ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai LimanFoto: Google Maps/BeeDDjoo

Pantai Liman merupakan salah satu tujuan wisata di Semau yang melingkupi pulau barat Kota Kupang. Secara administratif, pantai ini berada di wilayah kabupaten Semau Selatan.

Untuk menuju kawasan pantai, nantinya bisa menggunakan kapal dari pelabuhan Kupang. Anda bebas memilih apakah ingin menggunakan kapal motor atau feri. Namun, Anda harus tahu bahwa feri hanya beroperasi pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Sebaliknya, jika Anda memilih perahu motor, Anda bisa menggunakannya setiap hari. Namun tentunya terdapat perbedaan tarif untuk kedua alat transportasi tersebut.

Jika pengunjung lebih memilih menggunakan perahu motor di sini, diperlukan anggaran minimal Rp 20.000 sekali jalan. Untuk menuju Pulau Semau memakan waktu sekitar 30 menit atau setengah jam. Sesampainya di pulau ini anda harus menggunakan ojek untuk sampai ke pantai.

Biaya masuk wisata laut

Pengunjung yang ingin berlibur ke Pantai Liman juga harus memperhatikan jam bukanya. Jika terjadi masalah tiket, nantinya Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali, atau Anda akan mendapat akses gratis ke area pantai. Namun pastikan Anda datang pada jam lima pagi karena pada saat itulah pantai ini baru dibuka.

Pada hari-hari aktif pantai tutup pada pukul 7 malam, sedangkan pada hari libur yaitu Sabtu dan Minggu tempat ini tutup lebih lambat yaitu pada pukul 8 malam. Untuk menuju pantai ini Anda hanya perlu menempuh jalur laut.

Jadi jika Anda ingin membawa kendaraan roda dua menyeberang dengan kapal ferry, Anda perlu menyiapkan uang terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Membawa sepeda motor ke pulau tentu memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk menjelajahi area pulau dan pantai.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pantai Liman KupangFoto: Google Maps/Wishnu EW

1. Carilah foto yang indah

Beragam aktivitas seru dan menarik tentunya bisa dilakukan selama berkunjung ke Pantai Liman. Salah satu kegiatan tersebut adalah mencari foto Instagram. Setiap sudut pantai yang indah ini menawarkan berbagai keindahan yang sangat eksotik. Sehingga Anda bisa mengubah semua yang ada di sana menjadi spot foto yang cantik dan elegan.

Anda juga bisa menggunakan bukit di sana sebagai spot foto yang menarik. Angel yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai fotografi ini menghadap ke laut biru dan pantai berpasir putih. Akan ada foto yang luar biasa indah.

2. Jelajahi perbukitan

Di ujung selatan kawasan pantai terdapat sebuah bukit yang disebut Bukit Liman. Tak ada salahnya untuk mendaki bukit ini dan mengagumi keindahan pemandangan pantai dari atas bukit. Hasil pantai putih terlihat begitu indah dari ketinggian.

Terutama bagi Anda yang sangat menyukai aktivitas pendakian tidak boleh melewatkan kesempatan berada di puncak bukit saat berkunjung ke Pulau Semau. Tidak semua pantai di Nusa Tenggara Timur memiliki bukit seperti ini. Dan itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk mendakinya.

3. Amati senja sore hari

Keindahan senja memang tak terbantahkan. Bintik-bintik berwarna oranye di langit akan memukau semua orang. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan. Pasti akan tercipta suasana romantis dan Anda dan pasangan tidak akan pernah melupakan momen sunset di Pantai Liman.

Tak sedikit pengunjung yang memilih waktu menjelang matahari terbenam. Sebentar lagi mereka akan mendaki bukit, atau setidaknya duduk di hamparan pasir yang luas. Momen matahari terbenam merupakan salah satu momen yang paling dinantikan pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas yang tersedia di Pantai Liman KupangFoto: Google Maps/Heni Anshori

Siapapun yang ingin berkunjung ke Pantai Liman tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai fasilitas yang sangat memadai. Pemda Nusa Tenggara Timur telah merancang wisata ini secara profesional dengan membuat infrastruktur jalan senyaman mungkin dengan aspal yang mulus.

Anda juga akan menemukan beberapa toilet bersih di sana, serta tempat parkir yang luas dan aman. Namun perlu diingat bahwa ada biaya untuk menggunakan fasilitas tersebut. Tersedia juga homestay bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Anda tidak perlu takut lapar karena cukup mengunjungi restoran yang ada di sana. Pilihan menu seafood akan membuat lidah Anda bergoyang. Menikmati hidangan ikan di atas pasir putih merupakan pengalaman yang tak boleh dilewatkan.

Liburan ke Pulau Semau, Pantai Liman memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Spot yang sangat populer di wilayah NTT ini memiliki keindahan alam yang tidak main-main. Jadi mulailah merencanakan liburan pantai Pulau Semau Anda segera.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button