Tempat Wisata

Pantai Manakarra Mamuju – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Yos Sudarso, Binaraga, Kec. Mamuju, Kab.Mamuju, Sulawesi Barat; map: Cek lokasi

Pantai Manakarra dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Sulawesi Barat. Memiliki panorama keindahan yang begitu indah dan mempesona. Para wisatawan dapat berkumpul dan bersantai di sana dengan nyaman dan menikmati suasana pantai. Meski terkenal selalu ramai pengunjung, namun pantai ini tetap memiliki pesona tersendiri.

Pemandangan dari tempat wisata dengan pesona eksotis ini dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang ke sana. Sangat disarankan untuk datang ke Manakarra untuk mengalami dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang terkenal dan mempesona. Tak hanya itu, destinasi ini juga menjadi objek wisata populer sebagai tempat berkumpulnya anak muda.

Pengunjung Pantai Manakarra juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan pengelola. Fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan wisatawan yang datang ke pantai ini. Semua kebutuhan ini dijaga, dikelola dan diperhatikan oleh manajer. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika fasilitas tidak aman atau apa.

Atraksi Pantai Manakarra

Pemandangan di Pantai ManakarraKredit foto: Google Maps kaisu maulidinur

Manakarra adalah salah satu pantai di Sulawesi Barat yang setiap hari dikunjungi oleh pengunjung dari daerah sekitar dan dari berbagai daerah. Pantai ini merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata populer di Mamuju. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan pantai yang indah dan menunggu matahari terbenam.

1. Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Pantai ini terkenal dengan sunsetnya yang indah dan mempesona. Berbatasan langsung dengan laut lepas, dan hamparan air laut serta langit biru yang indah berubah warna menjadi jingga saat matahari terbenam, seolah menambah kehangatan dan keromantisan bagi yang melihatnya.

Maka tak heran jika banyak orang yang menunggu momen subuh. Pemandangan yang indah dan eksotis saat matahari terbenam menjadi salah satu daya tarik pantai Manakarra ini. Dan banyak yang menggunakannya untuk berfoto dan bersantai serta menikmati kerlap-kerlip warna khasnya saat senja.

2. Panorama indah di malam hari

Pantai ini tidak hanya terkenal dengan sunsetnya yang eksotis, tapi juga menawarkan panorama yang indah di malam hari. Sorotan cahaya dari kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan dan indahnya cahaya pantai ini seakan membuat panorama objek wisata ini semakin indah.

Begitu banyak orang memanfaatkan malam hari di pantai ini untuk berkumpul, bersantai, membuat kopi sambil merenungkan keindahan destinasi wisata pantai yang menakjubkan. Tak heran jika panorama indah di malam hari juga bisa menjadi salah satu daya tarik wisata pantai ini.

3. Ada gong perdamaian

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai ManakarraSumber gambar: Google Maps Randi Septino

Pantai Manakarra memiliki kekhasan tersendiri, yaitu adanya gong perdamaian. Digambarkan sebagai simbol keagamaan yang menunjukkan kemajemukannya di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Makna dari lambang perdamaian adalah harapan akan lahirnya kerukunan antar kelompok.

Gong raksasa itu dinobatkan oleh Organisasi Perdamaian Dunia dari Italia. Gong tersebut hanya dibuat di daerah Singkawang, Yogyakarta, Serdang Bedagai, Kupang dan Palu. Bisa juga menjadi salah satu daya tarik untuk dikunjungi.

4. Paviliun Pantai Manakarra

Pantai ini juga memiliki platform yang menyaingi Pantai Losari di Makassar. Objek wisata ini bertujuan untuk menjadi pendukung suatu kota yang dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Paviliun ini diresmikan oleh pemerintah dalam rangka ulang tahun ke 475 Mamuju.

Saat ini tempat ini sangat cocok digunakan oleh pengunjung yang ingin berolahraga. Sebuah jogging track dengan panjang sekitar 700 meter terbentang. Nah bagi Anda yang takut dengan terik matahari, tidak perlu takut lagi karena tempat ini menawarkan halaman yang menyerupai masjid di Madinah. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai atraksi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Manakarra PantaiSumber gambar: Google Maps Adnan Ardhin

Pantai Manakarra merupakan salah satu pantai di Kabupaten Mamuju yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari daerah sekitar dan berbagai daerah. Lokasinya sekitar 20 menit dari Bandara Tampang Padang. Akses ke kota pantai sangat mudah karena ada banyak rambu jalan menuju Manakarra.

Waktu perjalanan ke pantai mungkin lebih lama dari yang diharapkan jika daerah tersebut padat. Biasanya jumlah wisatawan meningkat pada hari merah, akhir pekan atau hari libur nasional. Hal ini dapat menyebabkan jalan menuju tempat wisata pantai menjadi lebih padat. Pengunjung yang datang bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Masuk Pantai ManakarraKredit foto: Google Maps

Tentunya saat memasuki objek wisata seperti pantai di Sulawesi Barat ini dikenakan tiket masuk. Namun untuk destinasi wisata di Manakarra ini, wisatawan tidak perlu membayar sepeser pun atau gratis. Sehingga pengunjung yang datang bisa langsung menikmati pemandangan dan suasana pantai tanpa harus membayar tiket masuk.

Pantai ini hanya mengenakan biaya parkir kendaraan. Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5000.

Aktivitas seru di sekitar pantai

Aktivitas Rekreasi Pantai ManakarraKredit foto: Google Maps Dr. Dodi SpEm

1. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Manakarra salah satunya adalah menikmati pemandangan matahari terbenam. Di sana kamu bisa menikmati senja dengan duduk-duduk di pinggir pantai bersama orang-orang tersayang seperti sahabat, sahabat, pacar dan keluarga.

2. Memotret

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi suatu tempat adalah fotografi. Keindahan pantainya begitu mempesona, sayang jika tidak mengabadikannya. Selain itu momen sunset yang begitu eksotis dan suasana malam hari dengan background pelabuhan begitu indah dan asri untuk dijadikan sebagai background foto liburan anda.

3. Olahraga

Aktivitas menyenangkan di Pantai Pantai ManakarraKredit Foto: Google Maps Tri Cahyo Wibowo

Kawasan wisata pantai ini memiliki taman yang cukup luas dan fasilitas berupa jogging track sepanjang sekitar 700 meter bagi anda yang ingin beraktivitas fisik. Wisatawan biasanya menggunakan fasilitas ini untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Ini adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

4. Bersantai dan berkumpul di pantai

Aktivitas menarik selanjutnya yang dapat dilakukan di kawasan Pantai Manakarra adalah bersantai dan berkumpul menikmati sore hari. Sorotan cahaya dari kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan dan indahnya cahaya pantai ini seakan membuat panorama objek wisata ini semakin indah.

Begitu banyak orang memanfaatkan malam hari di pantai ini untuk berkumpul, bersantai, membuat kopi sambil merenungkan keindahan destinasi wisata pantai yang menakjubkan. Tak heran jika kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Akomodasi murah terdekat

Hotel Rio MamujuSumber Gambar: Google Maps Maria Evania Dewi

1. Hotel Rio Mamuju

Penginapan di kawasan pantai ini adalah Hotel Rio Mamuju yang terletak di kawasan Mamuju. Penginapan ini menawarkan fasilitas berupa AC, WiFi, dan tempat parkir. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau bagi wisatawan. Hal ini menjadikannya salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menginap di sekitar kawasan pantai ini.

2. Pasar Maleo

Tempat menginap selanjutnya bernama Maleo Town Square. Penginapan ini menawarkan kamar yang terlihat mewah, luas dan nyaman. Selain kamar, tempat ini juga menawarkan fasilitas seperti restoran, parkir, resepsionis 24 jam, lift, dan WiFi. Tentu saja akomodasi bisa menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas.

3. Hotel & Kongres Grand Maleo

Tempat terakhir untuk menginap disebut Grand Maleo Hotel & Convention. Memiliki fasilitas yang lengkap seperti resepsionis 24 jam, restoran, kolam renang, lift, WiFi dan parkir. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan dengan nyaman, bersih dan aman. Sehingga wisatawan bisa menikmati dengan nyaman tanpa takut terjadi apa-apa.

Fasilitas di Manakarra Pantai Beach

Fasilitas Pantai Pantai ManakarraKredit foto: Google Maps Enie Rahayu

Tentunya sebagai objek wisata yang sudah terkenal, keberadaan fasilitas bagi pengunjung sangatlah penting. Oleh karena itu, pengelola kawasan pantai menawarkan fasilitas yang sangat lengkap. Sehingga para pengunjung dapat menikmati aktivitas di pantai ini dengan menyenangkan.

Terdapat fasilitas penunjang kegiatan wisata seperti menyediakan jogging track yang cukup luas. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk kegiatan olahraga jogging. Fasilitas yang disediakan terpelihara dengan baik dan terpelihara dengan baik oleh pengelola kawasan pantai.

Fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, taman bermain anak, snack bar, stand atau warung dan pilihan akomodasi mudah ditemukan di sekitar kawasan wisata ini. Dengan demikian, para pengunjung kawasan pantai ini dapat menikmati wisata atau liburan mereka di kawasan ini dengan lebih nyaman dan berkesan.

Demikian sekilas mengenai tempat wisata, fasilitas dan rute menuju kawasan Pantai Manakarra di Mamuju. Sarana dan prasarana objek wisata ini tentunya sangat lengkap bagi wisatawan untuk berlibur dan menikmati pantai dengan lebih nyaman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button