Tempat Wisata

Pantai Mawun: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pantai Mawun merupakan salah satu pantai andalan di Kota Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lombok sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang mempesona dan salah satunya adalah Pantai Mawun. Fitur yang paling mencolok dari pantai ini adalah bukit-bukit hijau besar yang mengapit pantai. Pesona alamnya bisa dibilang terbaik di Lombok dengan nuansa alam yang terasa damai dan tentram. Itu semua karena keindahan Pantai Mawun belum banyak dijarah oleh tangan manusia. Lokasi di pantai ini sangat cocok untuk bersantai.

Selain itu, Pantai Mawun juga dikenal dengan bentuknya yang menyerupai setengah lingkaran melengkung atau menyerupai tapak kuda. Kemudian diapit oleh gundukan di tengahnya membentuk gerbang. Ada banyak aktivitas yang bisa dicoba di pantai, sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Anda juga tidak boleh melewatkan pemandangan yang indah, karena sangat penting untuk membawa kamera atau smartphone untuk memotret nanti.

Objek wisata Pantai Mawun

1. Tempat yang tepat untuk berenang

Air pantai ini terbilang tenang karena kedua pulau tersebut mengapit pantai di kanan kirinya. Air yang masuk ke bibir pantai tidak memiliki ombak yang besar. Mungkin kurang cocok untuk anda yang suka surfing tapi bagi pecinta renang atau diving anda bisa mencoba pantai ini. Namun meski tidak ada ombak besar, Anda tetap bisa berselancar di sana. Banyak orang memanfaatkan penginapan mereka di Pantai Mawun untuk bersantai atau berjemur di bawah terik matahari.

2. Tempat terbaik untuk bersantai di Lombok

Bisa dibilang pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang mencari tujuan wisata untuk bersantai. Ketika berbicara tentang bersantai, hal yang wajar yang terlintas di pikiran hanyalah pergi ke pantai. Jika Anda menuju ke pantai ini, jangan lupa untuk membawa kursi berjemur. Tentu saja, ada banyak kursi lipat yang bisa Anda bawa ke pantai. Jika malas membawa kursi, tersedia juga gazebo, semacam berugak, untuk bersantai. Bahkan, ada juga kursi berjemur dan payung yang disediakan oleh lifeguard.

3. Memiliki pemandangan yang indah

Rasanya sangat nikmat ketika Anda berbaring di kursi geladak dan merasakan panas matahari dengan angin sepoi-sepoi yang menenangkan kulit Anda. Anda juga bisa langsung dan jelas melihat dua bukit yang mengapit kedua sisi pantai. Bahkan karena pemandangannya, tak jarang kota pantai ini sering muncul di TV bahkan dijadikan lokasi syuting film.

Jika Anda memiliki drone cobalah untuk mengabadikan keindahan pantai dari atas karena bentuk tapak kuda dapat terlihat dengan sangat jelas. Rasanya sangat tidak lengkap bila mengunjungi pantai ini namun tidak sempat berfoto. Saat berfoto, jangan lupa pastikan dua bukit yang mengapit pantai dijadikan backdrop foto, dengan Anda di tengah bersama teman atau keluarga.

4. Memiliki bentuk yang menarik

Dilihat dari atas, Pantai Mawun terlihat seperti teluk besar dengan bukit-bukit yang menghubungkan daratan kiri dan kanan. Jika Anda melihat lebih dekat, itu terlihat seperti muatan kuda yang besar. Garis pantai menjadi salah satu tujuan wisata karena pemandangannya yang indah.

Fasilitas di Pantai Mawun

Fasilitas di kawasan pantai ini cukup lengkap. Bagi pecinta kuliner, Anda bisa menikmati hidangan di restoran terdekat, bahkan ada pedagang kaki lima di sana. Untuk akomodasinya sendiri terdapat hotel di kuta yang lokasinya cukup dekat dan tidak memakan banyak waktu.

Jagung bakar menjadi makanan andalan para wisatawan yang berkunjung. Ada juga jajanan lainnya dan tentunya minuman kelapa muda yang menyegarkan tidak boleh dilewatkan di pinggir pantai. Ada juga gazebo untuk bersantai dan beberapa kamar mandi yang bisa digunakan untuk ganti baju.

Biaya masuk ke Pantai Mawun

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Mawun

Lokasi dan rute Pantai Mawun

Lokasinya tepat di Desa Tumpak, Kec. Puji, Cab.Lombok Tengah. Bisa dibilang lokasinya cukup rumit dan jauh dari perkotaan. Juga kondisi jalan yang tidak terlalu bagus, sehingga Anda akan terhambat dalam perjalanan menuju lokasi. Semoga kedepannya ada perbaikan jalan dari pemerintah daerah. Pantai Mawun terletak di tengah Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, kedua pantai ini tentunya tidak kalah indahnya dengan Pantai Mawun.

Dari Kota Mataram, waktu yang ditempuh dengan sepeda motor adalah 2 jam. Lelah dan penat dari 2 jam perjalanan akan langsung terbayar dengan keindahan Pantai Mawun. Bagi Anda yang berasal dari kota Lombok dapat mengarahkan kendaraan Anda ke Praya, kemudian ke Sengkol dan ke Pantai Mawun. Meski jalannya kurang bagus, akses melalui aplikasi peta masih bisa diandalkan.

Meski dekat dengan pantai-pantai ternama seperti Pantai Kuta, Pantai Mawun tak kalah diminati wisatawan. Setiap akhir pekan atau bahkan setiap hari masih banyak pengunjung. Dua bukit yang mengapit dan pasir putih memang menjadi daya tarik tersendiri. Sayang sekali jika kulit Anda tidak merasakan hangatnya mentari Pantai Mawun.

Peta Pantai Mawun

Tips mengunjungi Pantai Mawun

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Mawun semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Mawun adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Pantai Mawun untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Mawun.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Mawun.

Galeri Foto Pantai Mawun

Pantai MaunPantai Mawun Sumber : instagram.com/el_suizo_1982/Pantai MaunPantai Mawun Sumber : instagram.com/daisyoppelaar/Potret pantai dengan latar belakang bukitfasilitas istirahat pantaipantai berpasirDesa kerajinan dekat pantaiMenikmati keindahan pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button