Tempat Wisata

Pantai Mbuluk Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Mbuluk Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Dengan pemandangan pantainya yang indah, Pantai Mbuluk menawarkan pesona keindahan pantai dan bebatuan karang eksotik yang menarik di Gunung Kidul.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Rejosari, Kecamatan Kemadang. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai sejuta pesona di Yogyakarta yakni Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Mbuluk. Pantai ini memang populer karena keindahan yang ditawarkannya kepada pengunjung dari luar kota maupun luar negeri. Siapapun yang kebetulan berkunjung ke Jogjakarta sebaiknya menyempatkan diri untuk berada di pantai ini.

Pemandangan alam indah yang ditawarkan pantai ini membuat semua orang betah dan tak ingin segera meninggalkan tempat tersebut. Jangan heran jika pengunjungnya banyak karena sensasinya berbeda dengan pantai-pantai lain di kota Jogjakarta.

Pantai ini memiliki suasana yang sangat segar dengan angin sepoi-sepoi. Tak perlu takut kepanasan karena di pinggir Pantai Mbuluk terdapat pohon pandan yang memberikan suasana teduh. Bagi Anda yang kebetulan ingin mencari tempat untuk menyegarkan diri, pantai ini adalah jawabannya.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Mbuluk

Shutterstock Daya tarik Pantai MbulukFoto: Shutterstock/Ndari Kusmintasih

1. Keindahan pemandangan pantai

Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Mbuluk Gunung Kidul, salah satunya adalah keindahan pemandangan pantai itu sendiri.Salah satu yang membuat pantai ini menonjol adalah di lokasi ini Anda akan menemukan tebing karang yang menjulang tinggi. Tebing ini menjadi salah satu spot foto yang paling digemari pengunjung.

Selain itu, ada keindahan lain yang sengaja diciptakan pihak pengelola wisata, yakni berupa jembatan kayu. Letaknya tidak jauh dari tebing menuju jembatan kayu. Menyeberangi jembatan ini akan membawa Anda ke Pantai Ngrawe. Salah satu yang paling menarik adalah ketika ombak menghantam jembatan dan muncullah pemandangan yang menakjubkan.

Jembatannya sendiri berada di pinggir pantai sehingga sangat cocok jika Anda ingin berburu foto di sana. Pengunjung yang ingin mengabadikan momen tak segan-segan mendatangi jembatan kayu tersebut. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil foto-foto indah di jembatan kayu tersebut.

2. Batuan karang yang eksotik

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda rasakan di Pantai Mbuluk adalah pemandangan berupa bebatuan karang yang sangat eksotis. Batuan karang ini merupakan penampakan alam yang terbentuk secara alami. Bentuk karangnya menciptakan ornamen menyerupai gua.

Anda selanjutnya bisa menjelajahi area gua dan mengagumi keindahan bebatuan karang. Perpaduan antara gua Batu Karang dengan laut yang masih sangat alami akan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan. Dipastikan saat masuk ke dalam gua, Anda akan menyaksikan sebuah mahakarya kekuatan yang tiada tandingannya.

Pengunjung yang ingin bersantai sangat disarankan untuk memasuki area gua. Berada di dalam gua tentu akan membuat Anda lupa sejenak akan beban kerja atau tugas sekolah yang menumpuk. Hal ini pada akhirnya akan membuat pikiran Anda lebih segar dan siap untuk kembali beraktivitas.

3. Pantai yang tenang

Suasana di Pantai Mbuluk masih sangat tenang yang pasti berbeda dengan pantai-pantai lain di Provinsi Yogyakarta. Kawasan pantainya juga cukup luas yaitu 25 m, panorama yang terbentuk di tempat wisata ini ternyata mampu menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Dipastikan pengunjung akan merasa benar-benar dimanjakan dengan segala kombinasi alam yang ada di sana. Apalagi bagi Anda yang memang suka menghabiskan liburannya di tempat wisata berupa pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai MbulukFoto: Shutterstock/Ndari Kusmintasih

Lokasi dan rute menuju Pantai Mbuluk relatif mudah dan Anda tidak akan bingung saat menemukan tempat wisata ini. Karena saat ini berkat kemajuan teknologi, Anda bisa mencarinya menggunakan Google Maps.

Pantai ini tepatnya terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Kemadang. Meski keindahannya mempesona, pantai ini biasanya ramai dikunjungi saat hari libur. Pada hari-hari aktif, pantai ini masih agak sepi.

Bagi anda yang berada di kota Jogjakarta dan ingin berwisata ke pantai, perjalanan menuju kawasan wisata ini memakan waktu minimal 2 jam. Anda tidak perlu ragu untuk membawa mobil atau sepeda motor karena akses jalannya sangat bagus.

Kondisi jalan menuju pantai ini sangat mulus, namun di beberapa tempat terdapat jalan berbatu walaupun hanya sebagian kecil saja. Bagi Anda yang tidak memiliki mobil sendiri, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan tarif yang relatif murah.

Biaya masuk wisata bahari

Seperti kebanyakan pantai di Provinsi Jogjakarta, kawasan wisata Pantai Mbuluk juga mengenakan biaya masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir karena harga tiketnya relatif murah. Di sini Anda hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp10.000 untuk menikmati berbagai atraksi dan aktivitas seru di sana.

Beruntungnya, jika membawa anak-anak, mereka tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan wisata tersebut. Pastikan Anda tidak meninggalkan kendaraan di sembarang tempat karena tersedia tempat parkir dengan harga Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Kawasan wisata ini secara umum memiliki keunikan karena tidak ada jam operasional di sini. Dalam artian anda bisa datang kapan saja anda mau karena tempat ini buka 24 jam penuh. Namun jika ingin menikmati panorama yang sungguh indah di sini, sebaiknya pilih waktu sore atau pagi hari.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai MbulukFoto: Shutterstock/Asep Dwi Kurniawan

Lihat mercusuar

Salah satu hal menarik yang bisa Anda temukan jika memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Mbuluk adalah mercusuar. Untuk melihat mercusuar ini Anda harus pergi ke barat. Mendaki mercusuar ini adalah cara sempurna untuk menikmati panorama pantai.

Selain itu, mercusuar juga bisa dijadikan backdrop jika ingin mengabadikan momen liburan. Tak jarang pengunjung juga memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berfoto jelang pernikahan.

Berenang dan bermain air

Kurang tepat rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk bermain air atau berenang di Pantai Mbuluk. Aktivitas ini diperbolehkan karena ombak di pantai populer ini dianggap tidak berbahaya.

Kehadiran bebatuan karang membuat ombak besar yang menerpanya pecah, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk bermain atau berenang di airnya. Jika menyangkut anak-anak, sebaiknya jangan lepas pengawasannya.

Jelajahi kawasan tebing

Seperti yang sudah disebutkan, di Pantai Mbuluk terdapat sebuah tebing yang di atasnya terdapat meja, kursi dan juga gazebo. Fasilitas tersebut memudahkan siapapun yang ingin duduk santai sambil mengamati keindahan alam Pantai Gunung Kidul.

Nantinya, pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri untuk mengakses kawasan tebing. Biayanya hanya Rp 3.000 dan dengan uang tersebut Anda sudah bisa menikmati keseruan menginap di atas tebing. Tentunya jika memilih momen saat matahari terbit atau terbenam akan semakin menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai MbulukFoto: Shutterstock/Asep Dwi Kurniawan

Fasilitas yang akan Anda temukan di Pantai Mbuluk cukup lengkap dan lengkap. Berwisata dan berlibur ke tempat-tempat tersebut akan sangat memudahkan Anda. Begitu pula untuk berbagai aktivitas yang ingin Anda lakukan nantinya. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan sangat betah dan tidak ingin langsung pergi.

Anda akan merasa tenang berkat akses jalan yang baik serta tempat parkir yang luas dan aman. Fasilitas lain seperti toilet dan kamar mandi juga tersedia. Kondisi toilet dan kamar mandinya cukup bersih sehingga Anda tidak akan merasa risih setelah menggunakannya.

Terdapat area bermalam tidak jauh dari kawasan wisata, sehingga akan membuat Anda terhindar dari kebingungan jika ingin menginap di sana. Beragam kuliner khas seafood yang menarik juga bisa dengan mudah Anda temukan di warung makan sekitar pantai.

Mendekati hari libur tentunya Anda akan mencari referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, maka Pantai Mbuluk adalah jawabannya. Pantai ini terletak di Kegubernuran Gunung Kidul, Provinsi Jogyakarta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button