Tempat Wisata

Pantai Mertasari Sanur – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL. Sanur Kauh, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali; map: Cek lokasi

Pulau Bali memiliki keindahan alam yang sangat menarik. Maka tak heran jika banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri ingin berwisata ke pulau ini. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Mertasari, Sanur. Pantai dengan ombak biru yang mampu memukau pengunjung.

Wisata alam ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang luas. Ada juga beberapa perahu nelayan di pantai. Wisatawan yang datang juga bisa bersantai dengan hanya bermain air dan duduk santai. Selain itu, pendopo di sekitar pantai menjadi ciri khas tempat wisata ini.

Liburan di Pantai Mertasari tidak lengkap rasanya tanpa mencoba wahana yang disediakan oleh petugas pantai. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bermain layang-layang, yang sebenarnya bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional Bali. Selain itu, banyak pengunjung menikmati makan malam di sini di malam hari, disertai dengan musik live dan api unggun.

Atraksi Pantai Mertasari

Atraksi Pantai MertasariKredit foto: Instagram resmi Putu Subada Kusuma

1. Memiliki ombak biru yang indah

Salah satu yang membuat wisata ini kembali hadir adalah ombak pantainya yang masih berwarna biru jernih. Pengunjung juga bisa berenang atau sekedar bermain air di sekitar pantai. Suara deburan ombak yang tenang mampu menarik wisatawan untuk melepas penat dengan berlibur ke sini.

Selain itu, bebatuan juga ditata di tepian ombak pantai untuk mempertegas estetika wisata ini. Uniknya disini juga terdapat pantai berpasir putih yang luas dan garis pantai yang panjang.

2. Tempat melihat sunset dan sunrise yang indah

Tidak hanya pantainya yang indah, pemandangan lain yang ditawarkan Pantai Mertasari Sanur juga tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Bali. Saat sore berganti malam, Anda bisa duduk-duduk di gazebo untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. Pada pukul 06:00 WITA pagi hari, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbit di pantai ini.

Wisatawan sering mengabadikan pemandangan matahari terbit dan terbenam melalui potret kamera. Selain itu, dekorasi siluet perahu nelayan saat matahari terbenam juga banyak digunakan sebagai latar prewedding.

3. Spot foto instagramable

Daya tarik lain dari pantai ini adalah ketika memasuki pintu masuk terdapat jembatan kayu yang estetis. Setelah itu banyak spot foto instagramable di sini. Ada bakau kering, ayunan di atas laut, pohon pinus dan banyak lagi. Anda yang berlibur di pantai ini tidak akan berasa jika tidak membawa kamera atau handphone untuk mengabadikan momen tersebut.

Spot foto yang ramai pengunjung adalah ayunan di tepi pantai. Saat pantai surut, terlihat bagus jika Anda mengambil foto di titik ini. Wisatawan juga bisa berfoto di sekitar bebatuan dan pasir pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mertasari, SanurKredit foto: Instagram resmi Putu Subada Kusuma

Wisata Pantai Mertasari terletak di kawasan Banjar Mertasari, Desa Sanur, Kota Denpasar, Bali. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai ini dari Bandara Ngurah Rai.

Anda dapat mencapai pantai ini dengan berbagai kendaraan, baik sepeda maupun mobil, karena rutenya mudah dijangkau. Jika pengunjung datang dari arah Kuta, bisa melewati Jl. Sekar Waru agar cepat sampai.

Sebelum mencapai Jl. Mertasari, Anda harus melewati Jl. Tirta Empul terlebih dahulu untuk sampai ke pintu masuk pantai. Jalan menuju wisata ini selalu penuh, apalagi saat hari libur. Maka tak heran jika pantai ini sudah ramai dikunjungi wisatawan di pagi hari.

Jika pengunjung datang dari arah Pantai Sanur, bisa menggunakan sepeda Ontel atau jalan kaki menuju wisata Mertasari ini. Lokasi wisata ini sangat strategis karena berada di tengah kota. Pengunjung dari luar Bali juga pasti sangat mudah mencari itinerary meski belum pernah ke sini.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai MertasariSumber gambar: Google Maps Adi Arifin

Sebelum memasuki kawasan Pantai Mertasari, pengunjung akan dikenakan tiket masuk di pintu masuk. Harga tiketnya juga relatif murah, hanya Rp 20.000-25.000 per orang. Dengan harga segitu, sudah pasti sebanding dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan di pantai. Selain itu, Anda bisa berada di pantai ini sepuasnya, dari pagi hingga malam, karena tidak ada batasan jam.

Parkir juga murah, Rp 2.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 untuk mobil. Berlibur di pantai ini tidak akan menguras kantong, karena banyak fasilitas yang menarik. Beberapa fasilitas ini gratis, sementara yang lain dikenakan biaya.

Aktivitas Seru di Pantai Mertasari

Aktivitas seru di Pantai MertasariSumber Gambar: Google Maps Cokorda Sarotama

1. Bersantai sambil menikmati spa

Pengunjung yang berlibur di pantai ini juga bisa mencoba spa yang disediakan. Spa ini dilakukan di dalam kabin yang unik untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Wisatawan secara alami merasa rileks ketika melihat suara deburan ombak di pantai.

2. Bersepeda

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai tapi tidak mencoba wahananya. Salah satu hal yang dapat dilakukan di Pantai Mertasari Sanur adalah dengan menyewa sepeda air. Pengunjung dapat menyewa kendaraan ini dengan sekali bayar dan menggunakannya sepuasnya.

3. Bersantai di gazebo

Hal lain yang membuat wisatawan betah di sini adalah pendopo yang mengelilingi area pantai. Anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam pantai bisa duduk di gazebo yang disediakan agar tidak kepanasan. Gazebo yang satu ini terbuat dari kayu yang menghadap langsung ke ombak pantai.

4. Bermain kano

Ombak yang tenang di sini populer di kalangan pengunjung untuk bermain kano. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk menyewa sampan. Air pantai yang jernih bisa terlihat saat kita memainkan wahana ini.

5. Nikmati masakan Bali

Aktivitas di Pantai MertasariSumber gambar: Google Maps Novik Kuzmawan

Masakan Bali selalu memiliki cita rasa tersendiri. Pengunjung disuguhi deretan makanan dan minuman yang dijual di sekitar Pantai Mertasari. Ada juga yang konon toko legendaris di sini yaitu stand Made Weti yang wajib dikunjungi. Dengan harga yang ramah kantong, pengunjung akan merasakan kentalnya suasana Bali melalui seni kulinernya.

6. Ambil foto

Apalagi pantai ini juga dikenal dengan sebutan Dream Island dimana pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di tempat pantai. Selain itu, banyaknya spot foto dan perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai menambah estetika foto. Anda yang datang ke sini tidak akan melewatkan aktivitas seru ini.

7. Berjemur

Berjemur juga menjadi salah satu hal yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pantai. Di Mertasari, selain wisatawan, juga banyak pengunjung lokal yang menikmati berjemur di pantai. Ada tempat duduk untuk berjemur atau Anda bisa berjemur langsung di pasir pantai.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai MertasariSumber Gambar: Google Maps Pantai Prama Sanur Bali

1. Pantai Prama Sanur Bali

Salah satu akomodasi terdekat di Pantai Mertasari berjarak 600 meter dari pantai. Tempat ini berada di Jl. Cemara, Sanur, Bali. Ada beberapa penawaran tipe kamar yang bisa dipilih pengunjung. Wisatawan bisa menginap di Prama Sanur mulai dari Rp 1.000.000 saja. Harga bisa naik sewaktu-waktu jika hari libur besar atau akhir pekan.

2. Hotel Pemandangan Laut Sanur

Dibutuhkan wisatawan hanya sekitar 10 menit dari hotel ini ke pantai. Penginapan ini dilengkapi dengan WiFi gratis, AC, dan fasilitas lainnya. Pengunjung yang ingin menginap di sini harus memesan terlebih dahulu setidaknya 1 hari sebelum menginap. Bagian depan kaca yang menghadap ke pantai juga menjadikan hotel ini salah satu tempat menginap yang direkomendasikan.

3. Mercure Resort Sanur

Penginapan ini menawarkan akomodasi bergaya Bali. Pengunjung yang menginap di sini disediakan fasilitas berupa kolam renang, televisi dan balkon pribadi. Jarak ke wisata Mertasari hanya 400 meter. Selain itu, hotel ini juga dekat dengan Art Cafe Sanur. Harganya pun sangat bervariasi tergantung tipe kamar yang dipilih pengunjung.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai MertasariKredit foto: Instagram Akhmad Saeful

Sebagai salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi, Pantai Mertasari juga menawarkan beberapa fasilitas. Ada beberapa kamar mandi di setiap sudut pantai. Ada juga tempat parkir mobil yang relatif besar dibandingkan pantai lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin berenang namun tidak bisa berenang juga bisa menyewa pelampung yang sudah disediakan di sini. Selain itu, ada wahana unta bagi yang ingin berkeliling pantai.

Semua fasilitas di sini tersedia sepenuhnya. Wisatawan tidak perlu khawatir di sini. Harganya pun tidak mahal.

Itulah beberapa ulasan tentang Pantai Mertasari Sanur mulai dari daya tariknya, biaya masuk, akomodasi dan fasilitas yang ditawarkan. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke sini dijamin tidak akan bosan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button