Tempat Wisata

Pantai Nambung Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Montong Ajan, Kec. Praya Barat Daya, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: Periksa lokasi

Pulau Lombok sudah lama dikenal memiliki sejuta pesona yang akan memikat mata para wisatawan. Pemandangan yang didapat dari wisata laut di Lombok memang tidak ada duanya. Salah satu pantai yang eksotis dan sangat direkomendasikan untuk Anda jika ingin berwisata adalah Pantai Nambung di Lombok Barat.

Pantai yang saat ini sedang ramai diperbincangkan banyak orang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Di bawah ini akan kita ulas lebih detail mengenai objek wisata yang ditawarkan pantai ini, baik fasilitas maupun rutenya dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pantai Nambung

Objek wisata Pantai NambungKredit foto: Google Maps Loetfi Ono

1. Air terjun di laut

Daya tarik utama Pantai Nambung adalah adanya air terjun di laut. Tentu bagi Anda yang baru pertama kali mendengar hal ini, Anda akan terkejut dan bertanya-tanya tentang air terjun ini. Air terjun di laut tentu berbeda dengan air terjun di daratan.

Air terjun di pantai ini tercipta dari pecahan ombak, sehingga menimbulkan gelombang air yang sangat deras dan menghantam bebatuan yang ada disana. Ombaknya sangat tinggi bahkan bisa menembus bebatuan besar.

Oleh karena itu, air terjun ini terbentuk karena ombak yang datang melalui garis samping sebuah batu besar. Pesona yang ditawarkannya sungguh luar biasa. Anda biasanya akan merasa seperti berada di air terjun.

2. Memiliki pasir yang sangat unik

Tentunya bagi anda yang sering berkunjung ke Lombok dan pergi ke pantai pasti tahu bahwa tekstur pasir di pantai Lombok sangatlah unik dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Begitu pula dengan pantai berpasir yang indah di Lombok ini.

Anda akan dapat melihat banyaknya pasir di dalamnya seperti biji merica. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan merugikan diri sendiri saat bermain pasir di Pantai Nambung. Jadi masih cukup aman jika anak anda ingin bermain di pasir pantai yang besar.

3. Budidaya alga

Tempat wisata pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat tumbuhnya rumput laut. Banyak rumput laut tumbuh di pantai.

Selain itu, juga cukup terawat. Jadi Anda tidak perlu khawatir pantai akan terlihat jelek atau kotor karena rumput laut yang ada di sana. Bahkan nantinya Anda bisa melihat keindahan rumput laut yang naik ke permukaan air.

4. Ada area selancar

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai NambungKredit foto: Google Maps ringan

Daya tarik lainnya adalah Anda dapat menemukan area selancar di sekitar pantai. Pantai Nambung merupakan salah satu pantai yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Beberapa daerah memiliki ombak yang sangat besar, namun beberapa di antaranya cukup tenang. Wisatawan biasanya memanfaatkan ombak besar ini untuk berselancar.

5. Pemandangan Ombak yang Menakjubkan

Seperti disebutkan di atas, beberapa ombak di pantai ini sangat besar. Beberapa sisi pantai memiliki angin yang cukup kencang untuk membuat ombak menggulung dan menghantam bebatuan. Saat Anda merenungkan pemandangan, Anda pasti akan kagum dengan keindahan deburan ombak di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NambungKredit foto: Google Maps Rustam Rijal

Lokasi Pantai Nambung berada di Jalan Raya Sekotong, Buwun Emas, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda berada di kota Mataram, maka akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke desa Buwun Emas.

Jika anda menggunakan jalur ini, anda juga bisa melihat panorama yang begitu menakjubkan nantinya karena anda akan melewati banyak tempat wisata lainnya seperti Gili Nanggu, Gili Layar, Gili Sekotong dan lain sebagainya di jalur ini. Nanti saat menemukan pertigaan, Anda harus mengarahkan kendaraan ke Gili Nanggu.

Selain itu, di sini Anda bisa menuju Teluk Sapi yang berjarak sekitar 21 km dengan jalan berupa aspal. Untuk sampai ke bagian terdalam pantai Anda harus melewati jalan tanah yang panjangnya sekitar 300 hingga 500 meter.

Jalan menuju pantai ini memang cukup panjang dan terkadang jalannya cukup berat. Namun, semua kerja keras Anda akan terbayar sesampainya di Pantai Nambung yang memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk ke Pantai NambungSumber gambar: Twitter menit

Harga tiket masuk kawasan wisata Pantai Nambung memang cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk 1 orang. Dengan uang sebanyak itu Anda sudah bisa mengeksplor keindahan alam di pantai.

Untuk jam bukanya, pantai ini buka pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 4 sore. Harga tiketnya sendiri dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola pantai.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas Pantai NambungSumber gambar: Google Maps Syilvia Anggraini

1. Berenang

Ada begitu banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan begitu Anda tiba di pantai. Salah satunya berenang. Seperti layaknya air terjun yang sering dijumpai di darat, di bawah air terjun pantai ini juga terdapat kolam. Anda bisa berenang di kolam renang atau sekedar bermain air. Namun, Anda tetap harus berhati-hati.

2. Berburu foto

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru adalah hunting foto. Pantai Nambung memiliki pasir putih yang begitu indah dan unik. Ada juga ombak besar yang menerjang bebatuan. Dengan pemandangan ini tentunya Anda bisa mengambil foto yang bagus.

Selain itu, pantai Lombok Barat yang indah ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan tebing yang berdiri kokoh. Menjadikan pemandangan ini sebagai background foto tentunya merupakan ide yang sangat tepat.

3. Bersantai di pantai

Anda juga bisa datang untuk sekedar bersantai. Pemandangan yang disajikan Pantai Nambung terdiri dari perbukitan di sekitarnya, air laut yang jernih, pasir putih, rumput laut di tepi pantai, air terjun asin dan kolam alami.

Anda bisa saja berjalan-jalan santai menikmati pemandangan yang indah. Apalagi jika Anda datang saat matahari baru saja terbenam. Tentu pemandangan yang dihadirkan sendiri akan jauh lebih bagus.

4. Berselancar dan Menyelam

Aktivitas Pantai NambungKredit Foto: Instagram “ED D.ED”

Tentunya ketika ke pantai ingin mencoba keseruan wisata air di tempat ini. Anda bisa menyelam atau berselancar. Bagi Anda yang tidak bisa berselancar, menyelam saja sudah sangat memuaskan. Ini karena pantai ini menawarkan panorama bawah laut yang begitu indah.

Anda dapat dengan bebas melihat spesies ikan berwarna-warni yang hidup di bawah permukaan laut. Bagi Anda yang memang jago berselancar, mencoba ombak besar di Pantai Nambung adalah suatu keharusan.

5. Nikmati masakan seafood

Ada banyak warung sederhana di sekitar pantai. Warung-warung tersebut menjual makanan laut, berupa ikan segar yang dibumbui bumbu tradisional. Bagi Anda yang suka menyantap hidangan ikan, Anda bisa menikmati berbagai hidangan khas di pinggir pantai.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit foto: Instagram Amber Lombok Beach Resort

1. Hubungkan

Penginapan ini sangat dekat dengan Pantai Nambung. Jarak dari vila ke pantai hanya sekitar 1,2 km. Fasilitas penginapannya juga terbilang lengkap.

2. Resor Pantai Amber Lombok

Penginapan terdekat berjarak sekitar 1,9 km dari kawasan pantai. Fasilitas resor ini sangat memadai. Anda mendapatkan fasilitas seperti kolam renang, WiFi gratis, parkir yang luas dan masih banyak lagi.

3. Villa K Lombok

Untuk rekomendasi penginapan terdekat berikut ini yaitu Villa K Nambung. Jaraknya hanya 1,5 km dari kawasan wisata pantai. Terdapat kolam renang sebagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di penginapan ini.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas Pantai NambungSumber gambar: Google Maps Hamzan Wadi

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nambung sebenarnya tidak terlalu lengkap. Meskipun demikian, pemandangan pantai akan membuat Anda merasa seperti di rumah saat berada di sana.

Fasilitas yang ada seperti tempat parkir. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, tempat ini juga menawarkan warung makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di sana.

Selain itu, tersedia pula fasilitas bagi Anda yang sangat menyukai diving. Ada juga peralatan untuk melakukan kegiatan ini. Sehingga Anda dapat dengan mudah menyewanya nanti.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Pantai Nambung di Lombok Barat. Bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Lombok, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini. Karena dijamin kamu tidak akan menyesal nantinya ketika sudah sampai disana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button