Tempat Wisata

Pantai Ngrawah Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terpesona dengan eksotisme Pantai Ngrawah di Gunung Kidul, mempesona dengan pasir putihnya dan tebing karang eksotis yang menyuguhkan pemandangan pantai yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kecamatan. Saptosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Ngrawah merupakan destinasi wisata baru di Provinsi Gunung Kidul, Yogyakarta. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini, bahkan saat berlibur pun pengunjungnya hanya sedikit. Oleh karena itu, tak heran jika pantai berpasir putih ini dikenal sebagai pantai yang masih alami.

Pantai indah ini diapit oleh dua pantai lainnya yaitu Pantai Midodaren dan Pantai Ngrenehan yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Suasana di pantai tersembunyi ini sangat tenang.

Jauh dari hiruk pikuk aktivitas manusia. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan tujuan wisata untuk mencari suasana tenang.

Untuk menikmati keindahan Pantai Ngrawah, wisatawan harus melewati medan terjal dan naik turun. Wisatawan harus melewati perbukitan dan persawahan milik warga. Tempat ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit dengan mobil.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Ngrawah

Daya Tarik Pantai NgrawahSumber gambar: Google Maps Amelia Sari

1. Rute perjalanan arus utama

Untuk mencapai pantai yang masih alami ini membutuhkan tenaga ekstra. Selain perjalanan menuju pusat Kota Jogja masih memakan waktu dua jam, medan menuju pantai juga terasa sangat ekstrim.

Setelah memarkir kendaraan di Pantai Ngrenahan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Ngrawah dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Anda harus melewati areal perkebunan milik warga yang cukup menguras tenaga.

2. Pasir putih lembut

Sesampainya di lokasi Pantai Ngrawah, Anda langsung disambut hamparan pasir putih lembut yang menggelitik telapak kaki. Hamparan pasir putih di pinggir pantai ini tidak terlalu luas, sehingga Anda bisa menikmatinya dari ujung ke ujung.

3. Jauh dari keramaian

Salah satu daya tarik pantai yang sedang populer ini adalah suasananya yang tenang, jauh dari keramaian. Jika Anda berkunjung pada hari kerja, kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan pengunjung.

Oleh karena itu bagi wisatawan yang mencari suasana pantai yang tenang sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini.

4. Tebing karang yang mempesona

Di pinggir pantai sekilas Anda bisa melihat bebatuan karang yang cantik. Selain itu juga terdapat tebing karang kokoh yang dihiasi tanaman pandan laut. Tempat ini sering dijadikan spot foto keren di Pantai Ngrawah.

5. Dekat dengan pantai sekitar

Jika Anda mengunjungi pantai trendi ini, Anda juga bisa mengunjungi pantai yang berada di jalur yang sama. Seperti menikmati keindahan pantai Ngrenahan dan Widodaren. Bahkan, wisatawan hanya perlu membayar satu tiket masuk untuk menikmati rangkaian pantai indah ini.

6. Pemandangan pantai yang menakjubkan

Sebelum wisatawan menginjakkan kaki di tepian Pantai Ngrawah, mereka sudah bisa merasakan segarnya sensasi pantai. Mulai dari semilir angin pantai yang sepoi-sepoi, suara deburan ombak, hingga pasir yang menempel di telapak kaki.

Sesampainya di pantai, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Deretan bebatuan karang, pasir putih lembut, tanaman panda laut, dan air jernih kebiruan. Rasa lelah saat berkendara langsung hilang.

7. Biaya pembalasan yang menguntungkan

Harga tiket masuk wisata pantai ini tergolong murah. Wisatawan cukup membayar sekali saja, namun bisa menikmati keindahan tiga pantai sekaligus. Faktanya, tidak ada perbedaan harga untuk akhir pekan dan hari biasa.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai NgrawahKredit foto: Google Maps rikza afa aditya

Pantai Ngrawah terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi Kecamatan Gunung Kidul, Kecamatan Sapto Sari, Desa Kanigoro. Lokasinya tersembunyi karena berada di balik perkebunan dan persawahan milik warga.

Untuk menuju tempat wisata pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan ini, pengunjung harus memiliki fisik yang kuat. Medan yang dilalui cukup terjal. Kondisi jalan juga berbeda-beda. Sehingga perlu mempersiapkan daya tahan yang kuat dan kendaraan yang tetap memiliki kualitas mesin yang baik.

Jika memulainya dari pusat kota Yogyakarta, jarak menuju pantai ini sekitar 60 kilometer atau dua jam perjalanan.

Sedangkan untuk jalur efektif, sebelum menuju ke Ngrawah, Anda perlu melalui Pantai Ngrenahan. Parkirkan kendaraan di Pantai Ngrenahan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Dari Yogtakarta ambil arah Jalan Wonasari hingga melewati Bukit Bintang (Patuk). Kemudian ambil arah menuju pertigaan Gading atau bandara. Belok kanan ke arah Playen hingga melewati sekolah TNI AD. Masih lurus menuju Pasar Trowono lalu menuju Jalan Ngobaran Ngrenahan.

Anda datang ke Pantai Ngrenahan yang letaknya berdekatan dengan Pantai Ngrawah. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena sudah terdapat penunjuk arah.

Selain itu, warganya juga sangat ramah, jadi jangan sungkan untuk bertanya. Jika Anda masih ragu, ada baiknya menggunakan Google Maps yang akan memandu Anda tepat ke tujuan.

Biaya masuk wisata bahari

Wisatawan yang ingin menikmati pesona Pantai Ngrawah dengan keindahan tersembunyinya harus membayar biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya masuk ini sudah termasuk perjalanan ke pantai sekitarnya. Apalagi jika memasuki pantai Ngrenehan dan Midodaren yang berjajar.

Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu menyiapkan Rp3.000 untuk membayar parkir kendaraan pribadi.

Jam operasional bagi wisatawan tidak terbatas setiap harinya. Pasalnya lokasi pantai ini buka 24 jam sehari dari hari Senin hingga Minggu.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai NgrawahSumber gambar: Google Maps Rown b

Berjalan-jalan di sepanjang Pantai Ngrawah

Kawasan Pantai Ngrawah tidak terlalu luas, sehingga wisatawan bisa berjalan menyusuri pantai tanpa harus menunggu lama.

Aktivitas jalan-jalan di pantai ini sangat mengasyikkan. Anda bisa menikmati lembutnya pasir sekaligus merasakan sejuknya angin. Meski terkesan sederhana, namun kegiatan ini mampu menyegarkan pikiran Anda.

Berburu foto keren

Nah, kegiatan ini juga tak kalah serunya. Memang setiap wisatawan yang berwisata pasti mempunyai tujuan untuk mengambil foto yang keren. Oleh karena itu, wajib untuk berburu di setiap sudut pantai yang menawarkan pemandangan mempesona.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini memilih tempat di tebing batu yang tinggi. Selain itu, latar belakang lautan biru yang luas juga menjadi spot yang sayang untuk dilewatkan untuk mengabadikannya.

Olahraga pantai

Agar liburan di Pantai Ngrawah semakin seru, Anda bisa melakukan aktivitas yang tidak membosankan seperti olahraga pantai. Anda dan orang yang Anda cintai bisa bermain voli pantai, sepak bola, bola tangan, lari, dll.

Berolahraga di pantai tidak hanya menambah keseruan liburan, tapi juga menghilangkan rasa bosan. Apalagi saat pantai ini masih tergolong sepi dan belum ramai dikunjungi wisatawan.

Berjemur

Cuaca di Pantai Ngrawah Gunung Kidul cukup panas. Cocok untuk berjemur. Namun, berjemur di hamparan pasir lembut ini kurang populer di kalangan wisatawan lokal. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi ini.

Agar lebih rileks, Anda bisa berjemur sambil menikmati bekal yang Anda bawa. Misalnya ngemil atau minum minuman dingin. Tentu perasaannya akan lebih menyegarkan.

Berkemah di Pantai Ngrawah

Karena pantai indah ini cukup sepi dan ombaknya tidak terlalu besar, wisatawan bisa berkemah di sekitar pantai. Biasanya kegiatan berkemah ini sangat populer di kalangan pecinta wisata.

Wisatawan yang ingin berkemah bisa mendirikan tendanya di tepi pantai yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan bibir pantai. Sebab, air laut biasanya lebih tinggi pada malam hari atau saat air pasang.

Anda juga bisa membuat suasana berkemah semakin seru, misalnya dengan membuat api unggun atau memanggang ikan. Mengajak banyak teman menikmati suasana malam di Pantai Ngrawah akan membuat suasana semakin seru.

Setelah terbakar, jangan lupa pastikan bara api sudah benar-benar padam. Terutama di tempat-tempat dekat tenda. Terkadang kita pergi begitu saja tanpa kita sadari karena merasa mengantuk.

Nikmati pemandangan pantai

Pesona pantai selalu memberikan keindahan tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Keindahan air laut dan luasnya pasir membuat wisatawan tidak pernah bosan menghabiskan liburannya di pantai. Termasuk perjalanan ke pantai indah ini.

Anda bisa menikmati pemandangan berupa barisan pegunungan yang cukup hijau di pinggir pantai. Luasnya pasir, luasnya lautan kebiruan seakan tak ada habisnya. Selain itu, hentakan omak yang sesekali menghampiri kaki Anda membuat suasana pantai semakin eksotis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai NgrawahSumber gambar: Google Maps siwi hadiatmadja

1. Tempat parkir

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi untuk menuju pantai dapat memarkir kendaraannya di area yang telah ditentukan. Meski belum tersedia tempat parkir khusus di pantai ini, namun wisatawan dapat memarkir kendaraannya di Pantai Ngrenah yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

2. Penjual makanan

Saat anda berkunjung ke Pantai Ngrawah anda akan serasa berada di pulau terpencil. Suasana pantai sangat tenang. Tidak ada orang yang datang. Bahkan sejumlah fasilitas umum tidak dibangun.

Oleh karena itu, agar tidak merasa lapar, wisatawan diharapkan membawa bekal makanan dari rumah. Anda bisa memberikan makanan seperti nasi atau aneka makanan ringan dan minuman kemasan.

Anda tidak akan menemukan warung atau restoran apa pun di pantai ini. Kalaupun ada, hanya sebatas pedagang kaki lima yang menjual dagangannya secara terbatas. Hal ini juga hanya terjadi pada momen-momen tertentu saja.

3. Perkemahan

Fasilitas yang akan Anda temukan di pantai ini adalah tempat perkemahan. Wisatawan dapat mendirikan tenda di lokasi-lokasi yang tersedia.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan barang-barang pribadi Anda dan keamanan tenda Anda. Jika Anda berada di dekat pandan laut berduri, Anda perlu lebih berhati-hati saat masuk dan keluar tenda. Apalagi di malam hari saat suasana cukup suram.

Demikianlah informasi mengenai Destinasi Pantai Ngrawah di Gunung Kidul. Meski masih tersembunyi keberadaannya, namun keindahan yang ditawarkannya tak kalah eksotik dengan deretan pantai yang sudah populer.

Suasananya sangat tenang dan dapat memberikan perasaan damai. Jika Anda penasaran, kami akan segera membuat janji untuk menjajal pengalaman pantai indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button