Tempat Wisata

Pantai Ngudel, pantai indah dengan panorama alam yang mempesona di Malang

Pantai Ngudel, pantai indah dengan panorama alam yang mempesona di Malang
harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sidurejo, Kec. Gedang, Cab.Malang, Jawa Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Selain kaya akan kekayaan alam, Indonesia juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Destinasi wisata yang menjadi bagian favorit wisatawan, seperti Pantai Ngudel di Malang. Malang sebagai salah satu daerah di Indonesia dengan wisata paradisiaknya memang pantas menjadi favorit para wisatawan.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang memancarkan pesona pemandangan yang indah dan memukau pengunjung dengan keindahan alamnya. Selain itu, Malang merupakan kawasan berjuluk Kota Kembang yang memang cocok untuk menjadi rekomendasi Anda.

Tentu Anda bertanya-tanya mengapa pantai ini dinamakan Pantai Ngudel? Nama pantai ini berasal dari sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai “udel” atau berarti “pusar” dalam bahasa Indonesia. Inilah asal muasal nama pantai indah ini.

Daya Tarik Pantai Ngudel

Objek wisata Pantai NgudelKredit foto: Google Maps Ndoro Kayla

1. Batu di pantai

Sudah dijelaskan bahwa pantai ini dinamakan Ngudel karena terdapat batu karang di tengah pantainya. Letak batu tersebut berada di bagian barat Pantai Modangan dan di bagian timur Pantai Sendiki. Jarak antara kedua pantai ini adalah 800 meter.

Keberadaan batu tersebut berada di tengah-tengah kedua pantai tersebut, yang posisinya sangat mirip dengan udel atau tali pusar. Itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai “Ngudel” hanya karena letak batu karangnya yang berada di tengah. Oleh karena itu, bagi anda yang belum mengetahui asal usul nama Pantai Ngudel, mungkin anda sudah mengetahuinya setelah membaca ini.

Letak batu karang tersebut tidak jauh dari bibir pantai, yang bisa Anda lihat dengan jelas saat berkunjung ke kawasan pantai ini. Batu tersebut cukup menjadi pemandangan favorit para wisatawan yang berkunjung. Di bagian belakang batu Anda bisa bermain air, yang tidak perlu Anda khawatirkan karena cukup aman dan terlindung dari ombak besar.

2. Ada pohon cemara

Hal lain yang menjadi daya tarik Pantai Ngudel adalah terdapatnya pohon udang yang selalu hijau sehingga membuat kawasan pantai anda terasa sejuk. Kemunculan pohon-pohon tersebut memang sengaja dilakukan di kawasan pesisir karena sesuai dengan kawasan yang berhembus angin laut dan kandungan air dasar yang rendah.

Keberadaan pohon pinus di sekitar pantai sebenarnya cukup langka, Anda akan menemukannya di Indonesia untuk melihat pantai yang dihiasi pohon pinus. Meski ada pantai seperti itu, tidak terlalu banyak pohon pinus yang ditanam. Keberadaan pohon pinus ini akan membuat suasana pantai menjadi sangat asri.

Alamat, jalur pantai dan tiket masuk

Alamat Pantai NgudelSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai yang satu itu dan belum mengetahui jalur yang harus anda lalui untuk menuju ke tempat tersebut. Pantai Ngudel terletak di desa Sindurejo, tepatnya di kecamatan Gedangan, Jawa Timur. Jika memulai perjalanan dari kota Malang, waktu tempuhnya sekitar 60 kilometer.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 hingga 4 jam dari arah Malang. Anda akan mengambil rute ke arah Gadang lalu berkendara ke Turen, lalu lanjut ke arah Sumbermanjing dan lanjutkan di jalan lintas selatan. Berhati-hatilah dengan setiap jalan yang akan Anda ambil, jangan salah belok.

Di jalur selanjutnya Anda akan sampai di pertigaan yang mengarah ke Pantai Ngudel. Yang perlu dilakukan jelas, ya ikuti jalan untuk sampai ke tujuan.

Jam operasional pantai ini buka 24 jam sehari dengan tarif masuk Rp 15.000.

Aktivitas seru di Pantai Ngudel

Aktivitas seru di Pantai NgudelSumber gambar: Google Maps Ans

Berkunjung ke wisata pantai memang menyenangkan, apalagi di akhir pekan akan memberikan kesan tersendiri. Destinasi Pantai Ngudel merupakan wisata pantai yang cocok sebagai kunjungan akhir pekan, apalagi jika Anda mengajak keluarga.

1. Berenang

Pantai di Malang ini pasti akan menghibur Anda dan memberikan kesan yang luar biasa. Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan di pantai ini. Tentunya salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan di pantai adalah berenang ditemani perairan pantai yang sangat jernih.

2. Bermain pasir

Airnya yang cukup jernih akan membuat Anda nyaman saat berenang dan juga bisa menjaga kesenangan Anda sendiri. Selain berenang, Anda juga bisa bermain air atau pasir di sekitar pantai yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak dan keluarga Anda yang lain.

3. Memancing

Kegiatan yang tidak kalah seru adalah memancing dimana cukup banyak ikan yang bisa anda dapatkan saat memancing di tempat ini. Anda juga harus tahu bahwa tujuan wisata Pantai Ngudel ini sangat cocok untuk Anda mendapatkan pemandangan terbaik saat matahari terbenam.

Fasilitas di sekitar pantai

Fasilitas Pantai NgudelKredit foto: Google Maps Andi Surya

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di pantai ini tentunya akan menjadi tujuan informasi bagi para wisatawan yang akan mengunjunginya nanti. Bagaimanapun, pengetahuan tentang fasilitas yang disiapkan akan membantu Anda jika Anda menginginkan sesuatu di pantai.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan Pantai Ngudel adalah tersedianya setiap toilet di ruang makan sehingga memudahkan wisatawan untuk buang air. Selain itu, terdapat juga kamar mandi tempat Anda dapat membilas tubuh setelah berenang di laut.

Tempat parkirnya sendiri cukup luas untuk menampung banyak kendaraan. Mushola juga telah disediakan untuk Anda yang beragama Islam, sehingga akan cukup memudahkan bagi Anda yang ingin beribadah nanti di pantai. Poin penting lainnya adalah kebersihan pantai ini sangat terjaga.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi pantai ini perlu mengetahui bahwa tidak ada transportasi umum di kawasan ini. Untuk itu, pengunjung disarankan oleh Anda untuk membawa kendaraan pribadi yang akan memudahkan Anda menjelajahi spot-spot terpopuler di Pantai Ngudel.

Pantai yang memiliki keindahan laut dan juga bagian pantai lainnya sangat mengesankan. Jadi disarankan Anda jika ingin menghabiskan akhir pekan Anda bisa mengunjungi tempat ini di Malang.

Demikian ulasan di atas Pantai Mie dan semoga artikel ini dapat memberikan anda sumber informasi tentang wisata pantai malang. Anda yang tertarik dengan pantai ini bisa langsung mengunjungi rute yang telah dijelaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button